Pentingnya Dompet Digital Di Masa Sekarang

Pada masa kini perkembangan teknologi berkembang begitu pesat. Seiring dengan berkembangnya teknologi, transaksi keuangan juga terus mengalami perubahan. Kemajuan teknologi membuat transaksi masa kini menjadi lebih mudah. Jika dulu kita hanya bisa membayar dengan tunai, kini kita bisa melakukan transaksi tanpa harus keluar rumah, Hanya dengan menggunakan smartphone, kita bisa melakukan transaksi/pembayaran di mana saja dan kapan saja.

Dompet digital atau yang biasa disebut dengan e-wallet merupakan dompet elektronik yang digunakan untuk melakukan transaksi secara non tunai. Transaksi secara cashless memang lebih banyak mendatangkan keuntungan di masa sekarang ini karena dianggap lebih mudah, praktis, dan efisien. Aplikasi e-Wallet memungkinkan para penggunanya untuk melakukan transaksi secara cepat dan aman. Keamanan transaksi sangat terjaga karena pengguna harus mengetik PIN atau password terlebih dahulu saat hendak melakukan transaksi. Kini, dompet digital atau e-wallet sudah menjadi kebutuhan dan sangat diminati masyarakat Indonesia terutama kaum milenial.

Di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, kita perlu menggunakan dompet digital atau e-wallet untuk mengurangi penularan virus . E-wallet merupakan sebuah platform yang berfungsi sebagai dompet digital dalam melakukan transaksi pembayaran pada merchant atau individu. E-wallet tersebut bisa berbentuk aplikasi atau tergabung dengan marketplace. Dalam akun e-wallet tersebut, kita dapat mengisikan sejumlah uang untuk melakukan transaksi pembayaran.

Berikut adalah beberapa manfaat dari dompet digital :

  • Praktis, mudah, dan efisien

Karena penggunaannya secara online, dompet digital menjadi lebih praktis dan tidak lagi mengharuskan kita membawa dompet saku serta uang cash ke mana-mana. Ini menjadi pilihan yang sangat disukai kaum milenial karena transaksi menjadi anti ribet dan mudah. Selain itu, kita tidak perlu repot-repot datang ke ATM untuk mengambil uang atau antre membayar tagihan karena cukup membuka smartphone dari rumah, transaksi pun dapat dilakukan dengan sangat efisien.

  • Terjaga keamanannya

Kita tidak perlu takut akan adanya pencurian atau perampokan karena keamanan dompet digital sudah dijamin oleh Bank Indonesia. Selain itu, untuk membuka aplikasi e-wallet ini biasanya harus memasukkan pin pengguna sehingga tidak akan ada orang lain yang hendak berniat jahat dan tidak bertanggungjawab yang bisa membukanya tanpa mengetahui pin pengguna.

  • Transaksi lebih cepat

Dengan menggunakan dompet digital kita akan lebih cepat melakukan transaksi, hanya dengan menekan tombol layar handphone kita sudah dapat melakukan transaksi dalam hitungan detik. Dalam melakukan pembayaran,  saldo pada e-wallet akan berkurang secara otomatis sesuai dengan jumlah nominal yang ingin dibayarkan sehingga tidak perlu repot dengan uang kembalian. 

Dompet digital atau e-wallet memiliki banyak manfaat bagi penggunanya. Namun, meski demikian, kita tetap harus bijak dalam menggunakan dompet digital ini. Karena jika kita transaksi menggunakan e-wallet akan cenderung membuat kita lebih konsumtif dan boros sebab kita tidak melihat bentuk fisik uang yang kita habiskan sehingga penting bagi kita sebagai kaum milenial untuk bijak mengelola keuangan melalui dompet digital.

Beberapa dompet digital atau e-wallet yang paling banyak digunakan dan sangat populer di kalangan milenial antara lain seperti GoPay, Shopeepay, OVO, DANA, LinkAja, iSaku, Doku, Sakuku, dan masih banyak lagi.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 45 − 37 =