Penggunaan Getcontact untuk Mengidentifikasi Penipuan Melalui Nomor Telepon

Hampir setiap pengguna ponsel pernah menerima panggilan atau pesan masuk dari nomor telepon yang tidak dikenal. Kadang panggilan atau pesan masuk semacam itu merupakan penipuan untuk mengelabui pengguna ponsel agar mentransfer dana ke rekening bank. Pengguna ponsel rentan terhadap kejahatan karena sulitnya melacak nomor telepon yang digunakan dalam penipuan.

Dari berbagai kalangan, mulai dari masyarakat umum hingga para profesional yang bahkan profesinya erat berkaitan dengan bidang keamanan. Menurut FTC, lembaga perlindungan konsumen di Amerika Serikat, kontak telepon menjadi sarana penipuan tertinggi yaitu mencapai 31% dari 498.000 kasus penipuan dengan total kerugian 436 juta dolar. Di Indonesia sendiri sepanjang tahun 2021, Kementerian Kominfo mengumumkan bahwa pihaknya telah menerima laporan aduan transaksi penipuan  sebanyak 115.756, baik yang terjadi di e-commerce maupun media sosial.

Pengguna telepon tidak dapat langsung menggunakan layanan pelaporan transaksi online tersebut untuk segera mengidentifikasi panggilan masuk yang mengindikasikan pemblokiran atau penipuan.Sehingga penerima telepon dapat ditipu meskipun nomor penipu sebelumnya telah diungkapkan.

Gangguan keamanan seperti SMS penipuan (scam), SMS sampah (spam), virus, telepon penipuan (scam phone call) merupakan contoh kecil dari banyaknya gangguan keamanan bertelepon di Indonesia. Karena mayoritas masyarakat pasti pernah mengalami gangguan keamanan telepon. Pencegahan yang bisa dilakukan untuk melindungi diri dari gangguan keamanan dengan cara berikut:

  1. Berhati-hati apabila ditelepon oleh nomor yang dicurigai
  2. Menggunakan aplikasi pihak ketiga dalam membantu mengelola panggilan masuk
  3. Menyadari akan pentingnya keamanan privasi untuk melawan para penipu
  4. Menggunakan aplikasi untuk memastikan dengan nama siapa nomor yang menghubungi kita disimpan, salah satunya dengan menggunakan aplikasi Getcontact
  5. Memblokir nomor yang terindikasi melakukan penipuan

Dengan menggunakan aplikasi Getcontact kita mengidentifikasi nomor telepon yang terindikasi akan melakukan penipuan, sehingga kita bisa melakukan pemblokiran pada nomor tersebut dan meminimalisir adanya kerugian.

Link youtube:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

74 + = 75