Literasi Digital : Urgensi Digital Skills untuk Karier di Masa Depan

Apa sih literasi digital itu? Apa sih Digital Skills itu? Mungkin dari kita ada yang belum tahu tentang literasi digital maupun digital skills. Banyak orang mungkin mengira bahwa literasi digital merupakan suatu bacaan yang ada di media online. Saya pun dulu mengira seperti itu, maklum lah ya namanya juga manusia kurang update. Namun setelah beredar banyak informasi di website atau sosial media mungkin kita sedikit paham tentang hal itu. Bagi teman-teman yang belum paham atau belum tahu tentang itu semua dan mungkin juga penasaran, yuk simak penjelasan berikut ini.

Apa yang dimaksud dengan Literasi Digital itu?

Literasi digital merupakan pengetahuan dan kecakapan untuk menggunakan media digital, alat-alat komunikasi, atau jaringan dalam menemukan, mengevaluasi, menggunakan, membuat informasi, dan memanfaatkannya secara sehat, bijak, cerdas, cermat, tepat, dan patuh hukum dalam rangka membina komunikasi dan interaksi dalam kehidupan sehari-hari. Literasi digital juga merupakan kemampuan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk mengkomunikasikan konten/informasi dengan kecakapan kognitif dan teknikal.

Nah mungkin teman-teman masih bingung, apa sih kaitannya antara literasi digital dengan digital skills itu? Nah sebenarnya terdapat 4 pilar literasi digital yang utama, yaitu digital skill, digital culture, digital ethics, dan digital safety. Namun di sini saya akan membahas secara spesifik mengenai digital skills.

Urgensi Digital Skills untuk Karier di Masa Depan!

Digital skills? Untuk karier masa depan? Maksudnya apa sih? Mungkin teman-teman masih bingung dengan itu. Okay akan kita kupas satu persatu.Kebutuhan akan digital skill di masa kini meningkat secara signifikan seiring berpindahnya perusahaan-perusahaan ke media online. Sebuah statistik menunjukkan bahwa sebanyak 149 juta lapangan pekerjaan yang berorientasi ke teknologi akan dibutuhkan secara global dalam 5 tahun ke depan. Selain itu, menurut studi tentang keahlian digital untuk kemajuan karier, jumlah pekerjaan yang mensyaratkan kemampuan digital diperkirakan akan menembus angka 12% pada 2024.

Apakah kita sudah mempersiapkan diri dengan beragam keahlian digital sebelum menghadapi dunia profesional di masa depan? Apabila belum, sebaiknya simak pembahasan ringkas seputar keahlian digital berikut!

Digital skills yang Dibutuhkan dalam Berkarier

Keahlian digital dibutuhkan oleh banyak kalangan di dunia profesional, baik orang-orang dengan jabatan tinggi maupun staf umum. Apa pun karier yang sedang dijalani atau akan dipilih, kamu harus menguasai kemampuan-kemampuan dasar yang berguna untuk menunjang pekerjaan. Berikut di antaranya:

• Riset informasi secara daring.

• Berkomunikasi melalui email.

• Menggunakan alat kolaborasi berbasis awan, seperti Microsoft Teams, DropBox, dan Google Drive, secara bertanggung jawab.

• Mengelola informasi sensitif dalam ekosistem virtual.

• Berbagi layar selama panggilan video.

• Menggunakan kalender daring untuk mengelola jadwal diri sendiri atau orang lain secara efisien.

• Mengoperasikan perangkat manajemen dasar, seperti menyambungkan ke internet atau menginstal pembaruan perangkat lunak.

• Membuat dan mengelola dokumen secara daring.

Selain menguasai kemampuan digital dasar, kamu juga harus memiliki keahlian digital spesifik sesuai profesi. Cara ini akan membantumu memahami macam-macam keahlian digital yang perlu dimiliki dan dikembangkan. Contoh keahlian digital spesifik, antara lain, pembuatan konten orisinal, pemasaran media sosial, ilmu data, perlindungan jaringan dan informasi, serta media buying.

Lalu seperti apa sih digital skills yang dibutuhkan di masa depan?

5 Digital Skill yang Dibutuhkan di Masa Depan:

1. Internet of Things

Internet of things atau IoT merupakan suatu konsep yang memungkinkan untuk membangun sistem yang mengintegrasikan berbagai device atau peralatan dan dapat dikendalikan dengan mudah.Adapun implementasi IoT juga semakin berkembang seiring dengan kemajuan teknologi, khususnya teknologi internet, sebab yang menjadi kunci utama dari terealisasinya internet of things adalah ketersediaan jaringan internet yang stabil.

2. Web development

Untuk skill web development adalah suatu kemampuan dalam membangun, memelihara, dan mengembangkan suatu website. Orang yang memiliki kemampuan tersebut disebut web developer. Banyak perusahaan mempekerjakan web developer untuk melakukan ekspansi bisnis ke ranah digital. Dengan bantuan web developer, perusahaan dapat membuat dan mengembangkan produk digital yang dimiliki.

3. Project Management

Adapun project management skills merupakan kemampuan memimpin dan mengorganisir tim dalam mengelola suatu proyek. Posisi spesifik yang wajib memiliki kemampuan ini adalah project manager. Peran utamanya mengorganisir tim agar target tim dapat tercapai sesuai durasi waktu yang disediakan.

4. Search Engine Optimization

Sedangkan search engine optimization (SEO) merupakan salah satu skill penting dalam digital marketing. Seseorang yang punya keahlian di bidang SEO umumnya disebut SEO specialist. Tugas utamanya adalah memastikan performa situs dari produk digital memiliki peringkat yang baik pada mesin pencari.

5. Data Analytics

Data analytics adalah kemampuan dalam melakukan pemeriksaan dan pengolahan data dari berbagai sumber untuk menghasilkan informasi sebagai dasar pengambilan keputusan. Sementara pemanfaatannya bukan hanya pada sektor industri, tetapi juga banyak digunakan dalam membantu pengembangan suatu bisnis.

Sekian informasi tentang urgensi digital skill untuk berkarier di masa depan yang perlu dipahami. Dengan memiliki keahlian digital, kita akan memperoleh dampak-dampak positif di dunia profesional. Mulai dari produktivitas dan efisiensi saat mengerjakan tugas dan berkomunikasi, kemudahan untuk tetap up-to-date dalam berkarier, hingga memungkinkan kita untuk berinovasi.

Semoga bermanfaat dan jangan lupa bagikan artikel ini ke orang-orang terdekat, ya!

Berikut ini video penjelasan mengenai artikel ini, teman-teman dapat mengakses melalui link berikut:

https://youtu.be/n0R74CTcgXE

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 70 = 73