Pengaruh Penggunaan Aplikasi TikTok Terhadap Minat Beli

      

Perkembangan  teknologi  yang  semakin  pesat  dan  tak  terbendung,  membuat seluruh   kehidupan  masyarakat  tak  lepas  dari aktivitas  digital. Internet menjadi salah satu kemajuan teknologi dimana internet sudah menjadi kebutuhan bagi semua kalangan. Dengan  adanya kecangihan teknologi dapat mempermudah segala kegiatan yang dapat dimanfaatkan sebagai   alat   pemasaran khususnya  pada  pemasaran  di media  social.  Kemajuan   dunia pemasaran ditandai dengan munculnya e-commerce beserta  transaksi  digital  yang  telah  merubah  budaya  belanja  yang  dapat dilakukan secara online karena mengingat   bahwa  hampir   dari   seluruh masyarakat banyak mengunakan media sosial.  Hal tersebut memunculkan strategi  pemasaran  terbaru  dengan  sebuah  digital  konten untuk   mem-promosikan   produk   maupun   usahanya   kepada    konsumen    dengan menyebarkan   di   media   social agar dapat menarik minat pembeli. Jenis  media  sosial  yang paling  dikenal  oleh masyarakat  sangat  beragam, diantaranya  Youtube,  Facebook, TikTok,  Instagram,  dan  Twitter.

Penggunaan media sosial mengalami kenaikan terutama pada aplikasi Tik Tok yang diunduh hampir 1 Miliar kali sepanjang 2020. TikTok menjadi salah satu platform yang sedang digemari saat ini. Aplikasi TikTok ini menampilkan berbagai fitur-fitur yang kekinian yang dapat menarik para pengguna   tiktok   untuk   menggunakannya. TikTok memberikan sarana dengan konten yang beragam, seperti challenge, lipsync, dance, menyanyi dan lainnya. Banyaknya orang yang menggunakan platform tersebut membuat para pelaku bisnis saat ini menggunakan TikTok sebagai media pemasaran digital karena TikTok sendiri memberikan peluang sebagai sebuah digital marketing mengingat fitur-fitur pada aplikasi TikTok memadai dalam membuat konten promosi yang menarik.

Aplikasi TikTok ini sangat berguna bagi para  pelaku bisnis dalam meningkatkan penjualannya terutama bagi pembisnis online   dikarenakan mereka   tidak   mempunyai outlet atau   toko   fisik      dan   hanya bisa mengandalkan   media   sosial   sebagai   salah   satu   platform   bisnis dalam mencari konsumen. Dengan adanya digital marketing tentu akan membuat penjualan seorang pembisnis online meningkat. Biasanya pembisnis online menjajakan produknya di TikTok dengan cara membuat video konten yang menarik. Hal tersebut juga Didukung dengan adanya fitur keranjang kuning yang langsung menuju ke TikTok shop sebagai transaksi penjualan yang membuat promosi suatu produk atau barang menjadi lebih mudah. Selain itu, TikTok juga mempunyai fitur Live sehingga penjual bisa menjajakan produknya secara nyata dan pada fitur live juga penjual dan penontonnya dapat berinteraksi secara langsung apabila si penonton ingin menanyakan produk yang sedang dipromosikan secara live.

Digital marketing di Aplikasi TikTok juga didukung oleh adanya endorsement yang biasa dilakukan oleh influencer atau seleb TikTok guna mempromosikan suatu bisnis. Biasanya, Influencer mempromosikan suatu barang endorse atau bisa dikenal dengan nama “Racun TikTok” yang mampu menarik minat beli pengikutnya maupun penonton yang menonton video tersebut.

https://youtu.be/bhSxHOBWa9k

Racun TikTok itu sendiri merupakan sebuah tren masa kini yang menampilkan konten – konten yang berisikan informasi mengenai suatu produk dengan cara meng-unboxing atau mereview produk tersebut. Konten ini kemudian menimbulkan ketertarikan dan rasa penasaran para penontonnya, yang kemudian menarik minat beli penontonnya untuk melakukan pembelian terhadap produk tersebut. Namun, tidak jarang sebuah video dengan sedikit penonton membuat creator menjadi pesimis mempromosikan barangnya.

Sebenarnya ada beberapa cara agar video yang kita buat ada di beranda TikTok orang lain, diantaranya :

  1. Mengupload video di jam ramai
  2. Menggunakan Hastag #FYP (For Your Page)
  3. Menulis caption yang menarik
  4. Mengikuti trend
  5. Menggunakan lagu yang sedang populer

Semoga Bermanfaat. Terima Kasih

link youtube : https://youtu.be/sx83s3FRpFc

Referensi :

  • Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan media sosial sebagai media promosi. Jurnal Common, 3(1), 71-80.
  • Lidwina, A. (2020). TikTok Diunduh Hampir 1 Miliar Kali sepanjang 2020. databooks.
  • Hariyanti, S. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Sarana Promosi Kripik Jamur Tiram. Al-Muraqabah: Journal of Management and Sharia Business2(2), 126-145.
  • Mumtaz, Z. S., & Saino, S. (2021). Pengaruh penggunaan aplikasi tik tok sebagai media promosi dan trend glow up terhadap minat beli produk kecantikan. Jurnal Manajemen, 13(2), 282-291.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 + 6 =