PENGARUH GAME ONLINE MOBILE LEGENDS: BANG BANG DALAM EMOSIONAL PEMAIN

Permainan adalah sebuah sarana hiburan yang sejak dulu telah digandrungi umat manusia. Permainan dalam masanya semakin lama semakin banyak perubahan. Kemunculan teknologi dan internet pun turut menjadi salah satu faktor permainan dapat berkembang seperti saat ini, atau dinamakan game online.

Game online saat ini telah menjadi bagian dalam kehidupan modern. Game online pun hadir dalam berbagai bentuk dan genre, seperti genre petualangan, RPG, simulasi. Selain itu, game online pun hadir di berbagai macam platform seperti telepon genggam dan komputer.

Salah satu game online yang digemari oleh kalangan terkhususnya anak muda yaitu Mobile Legends: Bang Bang. Game karya Moonton ini telah diunduh sebanyak 500 juta kali di Playstore. Ini sudah cukup membuktikan bahwa Mobile Legends: Bang Bang adalah sebuah game online yang tidak lagi diragukan kepopulerannya. Ada alasan mengapa game ini sangatlah digemari, yaitu diantaranya gameplay yang menyenangkan karena game ini adalah game yang berjenis Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) sehingga bersifat kompetitif yang dimana menjadi sebuah tantangan bagi pemain untuk dapat mencapai peringkat tertinggi.

Mobile Legends: Bang Bang tidak luput dari perhatian banyak orang. Salah satu game terpopuler di Indonesia ini membawa berbagai macam isu terkait emosional. Dari penuturan beberapa pemain yang sedang atau pernah memainkan game ini mengaku bahwa game ini telah mempengaruhi dari segi emosional. Adapun penjelasannya sebagai berikut.

Kesenangan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa alasan Mobile Legends: Bang Bang menjadi permainan yang populer karena ada unsur kesenangan. Dengan mekanik, grafis, serta fitur-fitur yang menarik. Sehingga membuat para pemain merasa senang dan menikmati dikala memainkan game ini. Terutama jika dalam permainan, pemain memperoleh kemenangan maka akan timbul perasaan senang, puas, dan bangga pada dirinya sendiri. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan energi positif pada diri pemain.

Meningkat Kemampuan Sosialisasi

Mobile Legends: Bang Bang adalah tipe permainan tim yang membutuhkan kerja sama yang solid antar pemain. Maka diperlukan kemampuan komunikasi yang baik agar tim mendapatkan kemenangan. Selain itu, permainan ini bersifat online dan memungkinkan kita dapat berinteraksi dengan pemain dari berbagai macam wilayah.

Tertantang dan Ambisius

Mobile Legends: Bang Bang adalah game yang kompetitif, dimana semua orang pasti ingin selalu meraih kemenangan dan berada di puncak tertinggi permainan. Akan tetapi untuk mencapai hal itu akan sangatlah sulit. Mengingat bahwa permainan ini adalah ajang adu kemampuan bermain yang mungkin saja menyulitkan beberapa pemain. Namun hal ini justru membuat pemain merasa tertantang dan berujung pada sikap ambisius untuk memperoleh kemenangan.

Stress

Ketika muncul rasa ambisius yang berlebihan serta adanya tekanan dalam bermain, tidak jarang justru membuat pemain merasa stress daripada senang. Hal ini muncul akibat dari kekalahan yang didapatkan. Sehingga nantinya akan memicu datangnya energi negatif seperti rasa kecewa, marah, dan tidak jarang mempengaruhi sikap pemain menjadi mudah mengumpat serta menghina pemain lainnya.

Kecanduan

Mobile legends: Bang Bang dapat membawa pengaruh buruk lainnya yaitu timbul rasa suka yang berlebih atau kecanduan. Hal ini menjadi suatu masalah jika sampai menghambat jalannya kehidupan.

Kesimpulan

Mobile Legends: Bang Bang terbukti menjadi salah satu dari sekian banyak permainan yang dapat mempengaruhi emosional pemain. Emosional yang dihadirkan dapat berupa emosional positif contohnya yaitu kesenangan dan kemampuan sosialisasi yang baik serta emosional negatif seperti timbul rasa stress, ambisius, dan kecanduan. Pengaruh buruk emosional pemain dapat menjadi masalah besar jika terjadi dalam jangka waktu yang lama atau merugikan pihak lainnya. Sehingga diperlukan adanya pengawasan terutama pada anak-anak serta edukasi dan pembatasan dalam bermain game online.

Link video:

https://youtu.be/mjOJHR6nbYY?si=7IGOLl635WnKgIkW

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 32 = 40