Ketentuan Layanan

Berikut ini adalah beberapa hal yang menjadi Ketentuan Layanan / Term of Service (TOS)dan Kewajiban Pelanggan di NGIUP.

A. Hal-Hal Yang Tidak Diperbolehkan

  1. Tidak diperbolehkan menggunakan script emulators/ roms.
  2. Tidak diperbolehkan menjalankan realtime chat application, kecuali aplikasi dari cPanel.
  3. Tidak diberbolehkan menjalankan software yang merupakan interface ke IRC (Internet Relay Chat) Network.
  4. Tidak diperbolehkan menjalankan daemon process seperti IRC dan sejenisnya.
  5. Situs pelanggan tidak boleh berisi hal-hal yang berkaitan dengan pornografi, hacking, cracking, SARA, penipuan, atau hal-hal lain yang bertentangan dengan hukum.
  6. Tidak diperbolehkan merusak, memasuki, mengcopy, mencoba mengganti data dan sistem NGIUP.
  7. Dilarang melakukan SPAM, email berisi penipuan, penyalahgunaan email, atau hal-hal lain yang sejenis.
  8. Tidak boleh menjalankan script yang menggunakan resource CPU dan atau memori secara berlebihan, sehingga mengganggu kinerja server. Apabila ditemukan script yang menggunakan resource CPU atau memori yang terlalu tinggi, maka pelanggan akan ditegur untuk menonaktifkan atau pihak NGIUP yang bertindak.
  9. Tidak diperbolehkan menjalankan script seperti tercantum di bawah ini:
    • Plugin WordPress STT2, AGC;
    • Anonymizer;
    • CGI/ Perl version of YABB;
    • Chat room/ IRC scripts;
    • FormMail (versions prior to 1.91);
    • Ikonboard;
    • Telnet Scripts;
    • Proxy scripts;
    • phpShell dan script sejenis;
    • UltimateBBS;
    • PsyBNC, Eggdrop, Mailbomb, dan script sejenisnya;
    • Rapidshare Leecher/ Rapidshare clone, Megaupload Leecher/ Cloner, dsb;
    • Phising scripts;
    • Flooder script (tcp flood, udp flood, dll).

B. Pelanggaran

  1. NGIUP tidak bertanggung jawab atas email yang dapat menimbulkan kebencian, scam / penipuan, penyalahgunaan akun, email yang dikirim berulang-ulang (mail bomb), spam, dan hal-hal sejenis yang bisa menimbulkan kerugian bagi pihak lain.
  2. NGIUP akan mengambil tindakan menutup atau menonaktifkan akun pelanggan yang terbukti melakukan pelanggaran seperti di atas secara sepihak, hingga ada klarifikasi yang jelas dari pihak pelanggan dengan menyertakan bukti-bukti yang dibutuhkan dan pelanggan harus membuat perjanjian tertulis disertai fotokopi KTP pelanggan dan dikirimkan via pos ke alamat NGIUP bahwa pelanggan tidak akan mengulangi perbuatan yang melanggar tersebut dan bersedia ditindak sesuai dengan hukum yang berlaku di Indonesia. Apabila peringatan NGIUP tidak direspon dalam waktu 2 minggu maka akun pelanggan tetap akan kami tutup.
  3. Akun yang terbukti melanggar dan ditutup akunnya, tidak akan mendapatkan pengembalian dana yang telah dibayarkan.

C. Kewajiban Pelanggan

Jika kewajiban berikut ini tidak dapat dipenuhi maka Anda tidak dapat kami terima sebagai pelanggan kami.

  1. Bersedia “membaca” peraturan ini sebelum mendaftarkan diri dan bersedia “mentaati” peraturan ini setelah mendaftarkan diri ke NGIUP.
  2. Bertanggung jawab untuk melakukan set-up atau membuat konfigurasi pada peralatannya untuk mengakses Layanan.
  3. Mendaftarkan alamat email yang masih berfungsi (dapat menerima email dengan baik) ke database pelanggan NGIUP, karena alamat email ini nantinya akan digunakan untuk mengirimkan informasi akun pelanggan, penagihan, pengumuman dan pemberitahuan lainnya. Apabila di kemudian hari pelanggan mengganti alamat emailnya, pelanggan diwajibkan untuk meng-update alamat emailnya sendiri ke database pelanggan NGIUP, atau menghubungi pihak NGIUP untuk request penggantian alamat email.
  4. Memeriksa email minimal 3 hari sekali dan wajib “membaca” isi email dari NGIUP (pengumuman, tagihan, dsbnya) atau perusahaan lain yang berkaitan dengan NGIUP, misalnya Domain Registrar, dan seluruh organisasi yang berkaitan. NGIUP tidak mengirimkan tagihan atau pemberitahuan lain melalui fax, SMS atau surat pos. Informasi expire adalah kewajiban yang harus diketahui oleh pelanggan, dan NGIUP hanya menginformasikan saja.
  5. Mematuhi semua peraturan atau instruksi yang diberikan oleh NGIUP setiap waktu yang berhubungan dengan penggunaan layanan, agar website pelanggan tetap eksis dan dapat diakses dengan baik. Misalnya email pengumuman tentang perubahan alamat DNS, kontak, perpindahan server, atau instruksi lainnya.
  6. Membayar tepat waktu atas layanan yang pelanggan pesan selambat-lambatnya pada due-date yang tertera pada invoice.
  7. Mengirimkan konfirmasi setelah melakukan pembayaran serta menerangkan keperluan pembayarannya. Pelanggan diwajibkan melakukan konfirmasi sesuai dengan cara yang ditentukan oleh NGIUP.
  8. Bertanggung jawab untuk memperoleh dengan biaya sendiri, semua lisensi, ijin-ijin, persetujuan, dan hak milik intelektual atau hak-hak lainnya yang mungkin diperlukan untuk menggunakan Layanan tersebut.
  9. Bertanggung jawab untuk semua informasi yang diambil, disimpan, dan dikirimkan oleh pelanggan.
  10. Bertanggung jawab untuk mengatur penggunaan kapasitas penyimpanan yang disediakan sehingga tidak melebihi kapasitas yang sudah dialokasikan untuknya. Jika NGIUP menemukan adanya penggunaan kapasitas account hosting yang berlebihan, maka NGIUP berhak menonaktifkan akun tersebut sementara sampai adanya perbaikan atau upgrade atas kelebihan penggunaan kapasitas hosting di NGIUP.
  11. Mentaati peraturan dan ketentuan yang telah berlaku dan akan berlaku di NGIUP. Hal-hal yang belum ditetapkan di halaman ini akan ditetapkan di lain waktu.

D. Hosting Gratis

  1. Fasilitas hosting gratis yang diberikan adalah berlaku hanya untuk 1 domain saja.
  2. Kapasitas hosting yang kami berikan adalah 100 MB, dan bandwidth 500 MB. Apabila pelanggan merasa butuh dengan kapasitas yang lebih besar, maka disarankan untuk melakukan upgrade ke layanan berbayar yang mempunyai fasilitas dan kapasitas yang lebih tinggi.
  3. Fasilitas hosting gratis hanya berlaku untuk domain TLD dan CCTLD berbayar, dan tidak berlaku untuk domain gratis seperti .cc, .tk, dan sejenisnya.

E. Data Dan Backup

  1. Pelanggan bertanggung jawab penuh untuk melakukan backup atas file yang disimpan. NGIUP tidak bertanggung jawab dan dibebaskan dari segala tuntutan ganti rugi atas kehilangan atau kerugian yang mungkin timbul.
  2. Segala aktivitas yang tidak sah menurut hukum atau merugikan pihak ketiga di luar tanggung jawab NGIUP, dan NGIUP dibebaskan dari tuntutan pihak ketiga atas terjadinya kerugian yang timbul akibat hal ini.

F. Email

  1. Pembuatan akun email dapat dilakukan pada cPanel hosting.
  2. Besar kapasitas email mengikuti kapasitas hosting yang diberikan.

G. Registrasi Nama Domain

  1. Hak pelanggan adalah mendaftarkan nama domain apapun, sepanjang domain tersebut masih memiliki status tersedia untuk diregistrasikan. Maka, pelanggan tidak bisa memaksa NGIUP untuk meluluskan pesanan registrasi nama domain yang telah dimiliki oleh orang lain.
  2. Pelanggan berhak mengelola domain sebebas mungkin sesuai dengan fasilitas yang tersedia di NGIUP.
  3. Fasilitas pengelolaan nama domain yang tersebut di atas pada poin-2 adalah: Perubahan Informasi Kontak WHOIS, Perubahan Nameserver, Pembuatan Nameserver, Penggunaan EPP Key sebagai sarana transfer nama domain pelanggan menuju registrar lain selain NGIUP.
  4. Pelanggan sangat diwajibkan untuk mengisi informasi kontak kepemilikan nama domain dengan sebenar-benarnya, yang berisi informasi mengenai data diri pelanggan.
  5. Apabila pelanggan dengan sengaja mengabaikan poin-4 di atas, maka NGIUP sama sekali tidak bertanggung jawab apabila nama domain tersebut disegel oleh pihak ICANN Internasional.

H. Transfer Domain

  1. Pelanggan harus memastikan memiliki akses ke akun email yang tertera pada “Administrator Contact” pada domain pelanggan. Proses transfer domain dari provider luar menuju NGIUP adalah berbasiskan “EMAIL VERIFICATION”. Apabila pelanggan tidak bisa mengakses email tersebut, maka bisa dipastikan proses transfer domain akan selalu gagal, dan pelanggan sama sekali tidak bisa menyalahkan NGIUP.
  2. Pelanggan wajib untuk meminta EPP key pada registrar asal (tempat dimana domain pelanggan terdaftar pada saat ini).
  3. Pelanggan tidak bisa memaksa pihak NGIUP untuk meluluskan proses transfer domain apabila registrar asal tempat dimana nama domain pelanggan tidak mau/tidak bisa memberikan EPP Key yang diperlukan.
  4. Proses transfer akan berlangsung kisaran 7-14 hari kerja. Pelanggan berhak untuk melihat/memantau status transfer tersebut pada halaman portal Area Klien yang terdapat pada akun pelanggan.

I. Renewal Domain

  1. Pelanggan wajib melakukan renewal(perpanjangan nama) domain tepat pada waktunya.
  2. Mengabaikan poin-1 di atas, artinya pelanggan memang sudah tidak menghendaki nama domain yang pelanggan miliki lagi, dan merelakan nama domain Anda tersebut HILANG (secara sementara / tidak bisa diregistrasikan kembali dalam kurun waktu 3 bulan lamanya).
  3. Pelanggan sama sekali tidak berhak menuntut NGIUP apabila setelah melalaikan poin-1 di atas, kemudian nama domain tersebut telah menjadi milik orang lain di kemudian hari (telah diregistrasikan oleh orang lain).

J. Suspended Layanan

  1. NGIUP berhak menghentikan penggunaan layanan sementara yang diberikan kepada pengguna apabila telah melewati jatuh tempo pembayaran.
  2. Layanan yang dihentikan sementara (suspend), bisa diteruskan kembali setelah pelanggan melunasi tunggakan tagihan yang belum dibayarkan.

K. Penghentian Layanan

  1. NGIUP tidak bertanggung jawab atas semua data yang terhapus total karena kelalaian pelanggan atau keterlambatan dalam pembayaran tagihan yang melewati jatuh tempo.
  2. NGIUP berhak menghentikan (terminate) dan membatalkan kontrak terhitung 15 hari semenjak batas akhir tanggal penggunaan layanan (masa expired).

L. Refund Policy

  1. Apabila layanan hosting dihentikan atau kontrak dihentikan atas permintaan pengguna, dana yang tersisa akan di kembalikan selambat-lambatnya pada bulan berikutnya setelah di potong sejumlah dari total hari yang sudah di gunakan. Dengan segala hormat, pengembalian ini hanya berlaku dalam kurun waktu 30 hari semenjak Anda melakukan pemesanan hosting. Jika lebih dari 30 hari, maka pengembalian dana tidak akan berlaku.
  2. Untuk biaya jasa pembuatan website, dan jasa-jasa lainnya selain layanan hosting, dana yang sudah diberikan tidak bisa dikembalikan, dikarenakan sudah terpakai untuk penggunaan sumber daya yang ada atas pekerjaan yang sudah dilakukan.

M. Revisi

NGIUP dalam hal ini berhak untuk mengubah sewaktu-waktu Ketentuan Layanan (Term of Service) ini, seiring berkembangnya teknologi dan waktu, yang nantinya akan berhubungan dengan Service Level Agreement kami.