Jual Beli Karya Digital di Fiverr

Perkembangan teknologi komputer salah satunya adalah internet, yang membawa manusia pada suatu komunitas maya. Internet merupakan media informasi yang sangat cepat dan efisien dalam penyebaran informasi dan tidak terlepas oleh jarak dan waktu. Internet dapat memberikan informasi yang seluasluasnya kepada pemakai tanpa mengenal ruang, jarak dan waktu. Website sebagai bagian dari teknologi internet berperan penting dalam penyebaran informasi, berbagai kegiatan yang bersifat online, berbagai aktivitas lain yang membutuhkan kemampuan website serta memungkinkan untuk para penjelajah web mengakses informasi yang dibutuhkan kapanpun dan dimanapun selama terkoneksi dengan internet. Website freelance merupakan website yang paling banyak diakses oleh masyarakat Indonesia. Hal ini disebabkan semakin meningkatnya jumlah pencari kerja di Indonesia yang mencari pekerjaan.

Penyedia pekerjaan/employer di dalam website freelance menuntut pekerjaan mereka dapat diselesaikan dengan cepat, oleh sebab itu mereka lebih memilih untuk menggunakan tenaga tenaga lepas atau biasa disebut freelancer. Tenaga lepas sangat menguntungkan mereka karena dapat secara langsung memilih orang yang ahli dalam bidangnya, sehingga pekerjaan tersebut akan lebih cepat diselesaikan. Di era digital saat ini, jenis pekerjaan semakin berkembang dan beragam. Profesi baru semakin banyak bermunculan. Bahkan dengan memanfaatkan teknologi, kita bisa bekerja dari mana saja yang penting mempunyai koneksi internet. Seperti yang sedang terjadi saat ini, dengan adanya pandemi Work From Home menjadi solusinya. Para karyawan cukup bekerja dari rumah dan tidak perlu datang ke kantor lagi. Selain itu, pekerja lepas kini juga sedang populer yang biasa disebut sebagai freelancer. Namun masalah yang timbul adalah sulitnya bertemu antara penyedia dan pencari kerja yang tidak memiliki media efektif untuk dapat berinteraksi dan membangun komunikasi yang baik satu sama lain.

Fiverr merupakan sebuah platform utama mikro-job di Internet. Fiverr merupakan tempat para freelancer dengan berbagai macam kemampuan.Fiverr adalah tempat dimana jutaan pembeli dan penjual saling bertemu dan bertukar layanan, barang, produk, atau apa pun yang bisa menghasilkan uang sebesar $5. Di era digital saat ini, jenis pekerjaan semakin berkembang dan beragam. Profesi baru semakin banyak bermunculan. Bahkan dengan memanfaatkan teknologi, kita bisa bekerja dari mana saja yang penting mempunyai koneksi internet. Seperti yang sedang terjadi saat ini, dengan adanya pandemi, Work From Home menjadi solusinya. Para karyawan cukup bekerja dari rumah dan tidak perlu datang ke kantor lagi. Selain itu, pekerja lepas kini juga sedang populer yang biasa disebut sebagai freelancer. Freelancer bisa bekerja dimana saja dan tidak terikat jam kerja alias bebas. Untuk memudahkan para freelancer mendapatkan klien, maka dibuatlah sebuah situs untuk mewadahi mereka, seperti Fiverr. Apa itu Fiverr? Sudah ada lebih dari 500.000 gigs (pekerjaan) yang berbeda yang sudah diterbitkan, Fiverr sudah menjadi tempat yang nyaman dan bagus bagi para pebisnis ataupun individu di seluruh dunia untuk tugas – tugas kecil outsourcing dengan jumlah uang tunai yang mungkin relatif kecil. Di platform Fiverr, kita dapat dengan mudah mendapatkan freelancer yang inginkan, misalnya memiliki perusahaan pemasaran dari Jerman dan sedang membutuhkan suara untuk mengisi video pendek yang miliki dalam bahasa inggris untuk digunakan sebagai gambaran produk, bisa mencari dan meyewa freelancer penerjemah profesional di Fiverr untuk melakukan pekerjaan tersebut, tapi harga yang akan bayar kemungkinan cukup besar.

Harga biasanya disesuaikan dengan kemampuan yang cari. juga bisa mendapatkan dengan harga $5 untuk melakukan pekerjaan dalam waktu singkat. Fiverr didirikan oleh dua pengusaha muda yang berasal dari Israel, yaitu Micha Kaufman dan Shai Wininger. Mereka menciptakan situs ini didorong oleh gagasan bahwa kerja normal dengan waktu 9 jam bukan merupakan satu – satunya cara untuk mendapatkan penghasilan. Mereka ingin menciptakan sebuah tempat, dimana orang bisa menjual keterampilan atau kemampuan yang mereka miliki untuk dunia, tanpa harus meninggalkan rumah mereka. Harga yang ditetapkan untuk memulai penawaran adalah $5 dolar. Jadi, mereka membuat segala sesuatunya di situs menjadi terjangkau untuk berbagai macam orang – orang dari seluruh dunia. Situs ini diluncurkan pada Februari 2010 dan kini sudah menjadi salah satu situs paling teratas di Internet saat ini. Pertumbuhan yang cukup cepat ini dicapai bukan hanya ide yang mereka miliki benar – benar inovatif, tetapi juga kesedehanaan yang dimiliki situs ini. Sebenarnya ada ribuan situs freelance lainnya, tetapi Fiverr menjadi favorit karena situsnya yang mudah dan cukup $5.

Hal inilah yang menjadi salah satu keuntungan yang dimiliki situs Fiverr. Website ini memberikan informasi kumpulan project yang dimiliki oleh developer/freelancer dengan variasi harga yang berbeda. Sistem dilengkapi detail project untuk mempermudah employer mengetahui fitur-fitur project. Sistem Freelance menyediakan layanan chatting sebagai media sharing. Proses pemesanan project dilakukan secara online dengan mengirimkan file berisi format atau fitur yang diinginkan employer kepada freelancer untuk di proses. Kemudahan yang diberikan sistem ini adalah memiliki layanan perkembangan tahap-tahap proses pengerjaan project yang dapat di awasi oleh employer.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.