Penyebaran Informasi di Era Digital

Ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan teknologi sudah dipelajari oleh banyak manusia dan sudah tersebar hampir di seluruh negara di dunia. Penerapan teknologi sendiri sebenarnya ada pada setiap bidang kehidupan manusia dengan tujuan membantu dan mempermudah kegiatan sehari-hari manusia. Imbasnya pun akan langsung dirasakan oleh manusia mulai dari hal baik serta hal buruk yang mungkin bisa terjadi akibat penggunaan teknologi tersebut. Namun begitu penggunaan teknologi tetap dilakukan dengan terus mengupayakan pada hal kebaikan guna membantu aktivitas manusia. Salah satu ciri kehidupan manusia adalah berinteraksi dengan sesama manusia. Hal tersebut memang dibutuhkan oleh manusia karena mereka makhluk sosial yang memang seharusnya membutuhkan satu sama lainnya. Kegiatan tersebut hampir dilakukan setiap harinya oleh manusia baik secara langsung atau tidak langsung. Dari hal tersebut manfaat dari adanya teknologi sudah  terasa dan dapat kita analisa dengan mudah. Contohnya teknologi pada bidang informasi dan komunikasi kedua hal ini sangat dibutuhkan manusia untuk saling berinteraksi ataupun memanfaatkannya untuk kegiatan lain.

Teknologi pada bidang informasi dan komunikasi sudah mengalami banyak sekali perubahan yang tentunya sudah berdampak pada kehidupan manusia. Dengan ditemukannya internet seakan menjadi gerbang pintu dimulainya kecanggihan yang ada pada saat ini. Meskipun pada awalnya internet bukan digunakan untuk kepentingan umum namun dengan mengikuti perkembangan zaman internet semakin berkembang dan terus digunakan oleh manusia. Selain dengan ditemukannya internet ada juga yang mempengaruhi teknologi bidang informasi dan komunikasi yaitu ditemukannya perangkat lunak. Perangkat lunak sendiri sudah mengalami perkembangan yang pesat dengan hasil yang hampir semua manusia miliki sekarang yaitu handphone dan laptop/komputer. Dengan semakin canggih teknologi bidang informasi dan komunikasi semakin hebat juga perkembangan jaringan yang ada di dunia ini. Manusia lebih mudah dalam mengakses informasi yang ada di dekatnya atau bahkan jauh dari dirinya.

Dengan dibantu adanya handphone dan laptop/pc kemudahan mengakses internet dari segala penjuru akan di dapatkan oleh tiap manusia. Ditambah lagi pada zaman sekarang hampir tiap orang memiliki handphone atau laptop yang mereka gunakan untuk kebutuhan mereka sendiri. Beberapa aplikasi atau fitur pendukung dari handphone pun sudah sangat beragam bahkan bisa diakses juga melalui laptop/pc. Hal tersebut tentunya sangat mempengaruhi bagaimana manusia bertindak apalagi beredarnya informasi dari berbagai sumber sangat mudah diakses dengan menggunakan handphone atau laptop/pc.

Pada dasarnya adanya handphone atau laptop/pc merupakan salah satu bentuk perkembangan dari perangkat lunak yang didesain untuk membantu keseharian manusia guna untuk berinteraksi sesama lain, meringankan pekerjaan, serta mencari informasi dengan mudah. Seiring berjalannya waktu manfaat yang di dapat dari handphone pun sudah beragam ditambah dengan aplikasi yang tersedia di handphone itu sendiri. Mulai dari adanya aplikasi penyedia gambar dan video, berita terkini, serta masih banyak lainnya yang mendukung hebatnya kecanggihan  teknologi bidang informasi dan komunikasi saat ini.

Sebagai contoh pada saat ini yang mudah diakses dan bahkan kerap kali langsung diterima secara langsung oleh manusia adalah mengenai berita yang sedang terjadi. Belakangan ini penyebaran informasi yang terjadi melalui handphone sangat cepat beredar baik itu melalui aplikasi atau platform penyedia berita ataupun yang lainnya. Berita yang beredar pun beragam baik itu berita tentang agama, sosial budaya, ekonomi, ataupun politik yang tentunya beredar dengan mudah dan cepat. Dari hal tersebut memang membuat manusia cepat menerima informasi yang tengah ramai dibicarakan namun kebenaran dari informasi tersebut tidak selalunya tepat. Dikarenakan banyaknya aplikasi atau platform yang memberikan informasi baru tersebut maka tidak menutup kemungkinan akan terjadi perbedaan yang harus bijak dalam menentukan mana yang benar. Kasus penyebaran berita tidak benar pun kerap terjadi dengan berbagai modus yang dilakukan oleh para pelaku. Mereka memanfaatkan kecanggihan teknologi sekarang untuk melakukan tindakan tidak terpuji tersebut. Manusia sebagai pelaku utama dalam memanfaatkan kecanggihan teknologi ini harus benar-benar bijak baik dalam menerima informasi atau segala hal yang berkaitan dengan kecanggihan teknologi yang ada.

Dengan adanya kemudahan tersebut memang membuat manusia sangat terbantu sebagai contoh cepatnya penyebaran informasi yang hitungan detiknya bisa langsung tersebar ke tiap manusia. Di sisi lain fungsi asli dari teknologi tersebut harus tetap dijaga agar tidak lepas kendali dan dimanfaatkan dengan mudah untuk hal yang mungkin tidak sewajarnya.

Link Youtube : https://youtu.be/eE9bDLymJrk

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Captcha − 2 = 5