Cara Berbelanja dengan Aman di E-commerce

Perkembangan dunia digital meningkat dengan pesat. Banyak sendi kehidupan yang bergeser akibat teknologi yang semakin canggih. Salah satunya adalah kebiasaan masyarakat untuk berbelanja yang sebelumnya membeli barang dengan mengunjungi toko atau pasar, kini berganti dengan berbelanja dengan gawai menggunakan e-commerce. E-commerce adalah denyut nadi bisnis modern, melakukan transaksi online dengan lancar. Bayangkan ini sebagai pasar virtual di mana produk melampaui batas toko fisik. Situs web bertindak sebagai etalase digital yang dihiasi dengan detail produk. Pelanggan dengan mudah menambahkan item ke keranjang mereka dan membayar dengan kartu. E-commerce beradaptasi dengan cryptocurrency dan pembayaran alternatif. 

E- Commerce tumbuh bak jamur di musim hujan. Masyarakat dimanjakan dengan berbagai macam e-commerce dengan segala promo dan diskon yang ada. Namun bukan tanpa masalah, mudahnya jual beli di e-commerce ini menimbulkan kejahatan baru seperti penipuan karena pembeli tidak bisa melihat secara fisik barang yang akan dibeli. Hal ini sebenarnya bisa dicegah jika konsumen dapat lebih berhati-hati saat membeli barang di e-commerce.

Berikut ini beberapa cara berbelanja di e-commerce  dengan aman :

  • Pilih E-Commerce Terpercaya

Cobalah untuk membuat daftar kebutuhan yang diinginkan agar sesuai dengan pengeluaran. Pilihlah e-commerce terpercaya dan memiliki rekomendasi cukup bagus. Bandingkan juga dengan e-commerce lain sebagai acuan bahwa benar-benar tidak salah memilih e-commerce.

  • Perhatikan Verifikasi E-Commerce

Cek kembali apakah e-commerce yang dipilih tersebut sudah terverifikasi atau tidak. Disarankan untuk tidak sembarangan mengklik tauran melalui sms atau email, cukup langsung kunjungi situs e-commerce tersebut.

  • Periksa Rating Toko

Setiap toko atau pedagang yang berjualan di e-commerce, tercantum penilaian dari para pembeli. Usahakan cari toko yang rating-nya bagus dan memiliki tanggapan positif dari pembelinya. Karena kita dapat menilai reputasi penjual dari sini.

  • Jangan Pernah Bagikan Kode Rahasia

Jika mendapatkan kode rahasia atau OTP melalui pesan singkat misal SMS untuk otorisasi transaksi, jangan pernah bagikan kode ini ke pihak manapun dengan alasan apapun.

  • Gunakan Metode Pembayaran Aman

Di kondisi sekarang ini transaksi online lebih aman, tanpa ada kontak fisik dengan memanfaatkan teknologi mobile banking maupun aplikasi dompet digital. Pembayaran belanja online melalui marketplace juga lebih menguntungkan karena banyaknya pilihan metode pembayaran. Mulai dari debit instan, kartu kredit, transfer virtual account, hingga saldo dompet digital.

  • Jangan Bagikan Informasi Pribadi Berlebihan

Hindari memberikan informasi pribadi yang tidak perlu. Penjual biasanya hanya membutuhkan informasi dasar untuk transaksi.

  • Periksa Kebijakan Pengembalian

Sebelum membeli, periksa kebijakan pengembalian barang. Pastikan kita tahu apa yang harus dilakukan jika barang tidak sesuai harapan.

  • Gunakan Kata Sandi yang Kuat:

Lindungi akun dengan menggunakan kata sandi yang kuat. Gabungkan huruf besar, kecil, angka, dan karakter khusus.

  • Lakukan Transaksi di Jaringan Aman

Hindari berbelanja menggunakan Wi-Fi publik. Gunakan jaringan pribadi atau data seluler untuk transaksi agar lebih aman.

  • Perhatikan Diskon yang Tidak Masuk Akal

Hati-hati dengan penawaran diskon yang terlalu fantastis. 

  • Periksa Email Konfirmasi

Setelah melakukan transaksi, periksa konfirmasi email dan struk pembayaran. Pastikan semua informasi sesuai dengan yang diharapkan.

Link Youtube :

https://youtu.be/L_civkqWFBo?si=A8IbU9sh6Sx_v2xq: Cara Berbelanja dengan Aman di E-commerce

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 + 5 =