Pemanfaatan Teknologi dalam Pengenalan Alat Musik Digital dengan Augmented Reality (AR)

Pada abad ke 21 ini teknologi semakin canggih dengan munculnya beberapa fitur baru yang mendukung. Masyarakat juga sangat terbantu dengan adanya teknologi ini, salah satunya yakni memanfaatkan teknologi sebagai alat belajar dalam pengenalan sesuatu khususnya alat musik digital. Dalam beberapa tahun terakhir, teknologi membawa perubahan yang besar dalam industri musik.

Industri musik telah mengadopsi teknologi seperti Augmented Reality (AR) sebagai alat untuk membantu siswa dalam meningkatkan pengalaman belajar sekaligus berinteraksi dengan alat musik. Augmented Reality atau AR sendiri adalah teknologi penggabungan objek virtual 2 dimensi atau 3 dimensi dalam lingkungan nyata yang kemudian memproyeksi obejek-objek secara real time. Penggunaan Augmented Reality paling banyak digunakan di platform smartphone karena bersifat mobile dan lebih ringan, tetapi AR juga terdapat di PC dan tablet.

Pembelajaran melalui teknologi seperti cara ini dapat menarik perhatian siswa dalam proses belajar musik yang efektif. Adanya teknologi ini dapat dijadikan sebagai bahan untuk mengeksplorasi dan eksperimen dalam menciptakan musik baru. Pengguna nantinya dapat dengan mudah berkreasi dan membuat inovasi baru melalui teknologi ini.

Teknologi menciptakan sebuah kemajuan seperti sensor dan kontrol gerakan. Teknologi ini dapat membantu musisi atau siswa yang sedang belajar dalam mengontrol suara dan nada dengan gerakan tubuh mereka. Hal tersebut dapat menciptakan suatu hal yang baru sebagai pengalaman yang menarik. Sebagai contoh teknologi menciptakan piano virtual yang mampu menirukan suara piano asli. Sebelumnya piano hanya tersedia dalam bentuk fisik tetapi sekarang dapat diakses melalui aplikasi di smartphone, tablet, dan laptop. Adapun contoh lainnya yaitu alat musik drum virtual yang saat ini dapat didownload dan dimainkan kapan pun.

Salah satu contoh lainnya yaitu alat musik gamelan yang tersedia dalam perangkat lunak atau aplikasi. Aplikasi ini biasanya digunakan oleh guru dan murid sebagai media belajar dikelas dan juga pengenalan musik tradisional. Para murid dapat memainkan langsung alat musik gamelan hanya dengan menyentuh layar tanpa harus adanya alat musik gamelan secara nyata. Hal ini sangat mempermudah guru sebagai tahap awal dalam perkenalan pada alat musik gamelan. Biasanya guru menyuruh siswanya untuk mencoba bermain gamelan melalui aplikasi terlebih dahulu sebelum bermain langsung dengan alat musik gamelan secara nyata. Dengan adanya aplikasi ini juga dapat membuat pengguna tertarik untuk belajar dan menjaga serta melestarikan salah satu kebudayaan Indonesia ini.

Namun, perlu diingat bahwa meskipun teknologi membawa banyak hal positif dan manfaat  bagi industri musik, tetap alat musik digital tidak boleh menggantikan peran alat musik tradisional secara keseluruhan dan hanya boleh sebagai pelengkap saja. Selain itu alat musik digital juga memiliki sisi negatif yaitu, membuat pengguna ketergantungan pada teknologi, kurangnya pengalaman fisik, dan apabila digunakan oleh anak-anak dapat membuat anak tersebut mudah terdistreksi.

Pemanfaatan teknologi dalam pengenalan alat musik digital membawa perubahan yang signifikan dalam industri musik. Hal ini memberikan kesempatan bagi musisi atau pengguna untuk mengembangkan kreativitas mereka, memfasilitasi pendidikan musik yang lebih efektif, dan menciptakan pengalaman bermain musik yang lebih interaktif. Perkembangan teknologi ini diharapkan dapat memberikan lebih banyak inovasi. Teknologi dapat memberikan kemudahan akses, fleksibiltas, dan kreativitas dalam musik bagi musisi dan masyarakat umum.

Daftar Pustaka

Rianto, N. (2021). Pengenalan Alat Musik Tradisional Lampung Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 2(1), 64-72.

Pramanta, F. D., Rohman, A., & Kurniawan, M. R. (2017, October). Aplikasi pembelajaran alat musik daerah gamelan Jawa berbasis teknologi realsense. In Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Aplikasinya (Vol. 9).

Kurniawan, D. A., Sugiarso, B. A., & Najoan, X. B. (2019). Pengenalan Alat Musik Bambu Menggunakan Augmented Reality 3 Dimensi. Jurnal Teknik Informatika, 14(3), 291-302.

Ardipal, A. (2020). Pemanfaatan Perangkat Teknologi dalam Pembelajaran Musik Berbasis Tematik sebagai Peningkatan Keterampilan Abad 21 Bagi Guru Sekolah Dasar. Musikolastika, 2(2), 77-84.

Link Video Youtube : https://youtu.be/J_MH82dyd6I?si=alapkb-KYOjaoRy3

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

49 + = 54