Pemanfaatan Aplikasi Al-Qur’an Digital Dalam Dunia Pendidikan

Oleh:

Anisiya Nabila Rohmah

2309020096

Universitas Negeri Semarang

Rohmahnabila27@students.unnes.ac.id

ABSTRAK

Digitalisasi dapat dikatakan sebagai salah satu bentuk dari kemajuan teknologi. Pemanfaatan teknologi dalam bidang pendidikan dimaksudkan agar membentuk karakter siswa yang baik dan positif. Salah satu contoh digitalisasi yaitu Al-Qur’an, dari yang berbentuk hardcopy menjadi softfile yang diimplementasikan dalam aplikasi Al-Qur’an digital dan dapat bermanfaat dalam dunia pendidikan, khususnya manfaat bagi guru dan murid. Aplikasi AL-Qur’an digital terdapat berbagai jenis dan nama, serta memiliki fitur tambahan dan keunggulan masing-masing. Dalam pemanfaatan Al-Qur’an digital dalam dunia pendidikan terdapat faktor pendukung dan penghambat yang menjadi tolak ukur kelancaran dan keberhasilan pemanfaatan digitalisasi. Adanya digitalisasi ini memberikan kemudahan dalam kehidupan manusia.

Kata Kunci: Aplikasi, Al-Qur’an, Digital, Pemanfaatan

ABSTRACT

Digitalization can be said to be a form of technological progress. The use of technology in the field of education is intended to shape good and positive student character. One example of digitization is the Al-Qur’an, from hardcopy to softfile which is implemented in a digital Al-Qur’an application and can be useful in the world of education, especially for teachers and students. Digital ALQur’an applications come in various types and names, and each have additional features and advantages. In the use of digital Al-Qur’an in the world of education, there are supporting and inhibiting factors that become benchmarks for the smooth and successful use of digitalization. This digitalization provides convenience in human life.

Keywords: Application, Al-Qur’an, Digital, Utilization

A. PENDAHULUAN 

Memasuki era teknologi 5.0 tidak terlepas dari kemajuan teknologi yang semakin canggih. Hampir setiap kegiatan berhubungan langsung dan tidak terlepas dari adanya berbagai jenis kemajuan teknologi. Kemajuan teknologi digunakan oleh berbagai kalangan individu maupun kelompok, dalam berbagai bidang kehidupan, seperti bidang pendidikan, ekonomi, sosial, budaya, dll. Teknologi adalah alat, mesin, material, serta proses yang terus dikembangkan dan diaplikasikan untuk membantu memudahkan manusia dalam memecahkan berbagai permasalahan (Sevima, 2022).

Salah satu kemajuan teknologi yang banyak digunakan adalah smartphone atau gadget. Smartphone (telepon cerdas) adalah telepon genggam yang memiliki sistem operasi untuk masyarakat luas, fungsinya tidak hanya untuk SMS dan telpon saja, tetapi pengguna dapat dengan bebas menambahkan aplikasi, dan menambah fungsi-fungsi yang lain. Smartphone merupakan perangkat digital hasil pengembangan dari teknologi informasi yang berkembang pesat dan sangat populer, sebab gadget mempunyai kelebihan dalam berbagai hal, seperti mempermudah pekerjaan. Selain itu, smartphone juga menjadi sarana hiburan pada saat masyarakat jenuh dengan pekerjaan yang dilakukan dengan menampilkan gambar, video, dan sebagainya. Oleh karena itu, dengan adanya keunggulan yang sudah diciptakan oleh teknologi melalui smartphone, seharusnya sebagai para pengguna yang bijak dapat memanfaatkan kemajuan tersebut dalam berbagai bidang kehidupan, salah satunya dalam bidang pendidikan.

Dalam bidang pendidikan, dengan adanya kemajuan teknologi yang berkembang pesat, para pendidik harus dapat mengoptimalkan penggunaannya dalam proses pembelajaran. Banyak manfaat yang dapat dirasakan guru dan siswa apabila kemajuan teknologi dapat dimanfaatkan dengan baik. Pemanfaatan teknologi dalam bidang pendidikan dimaksudkan agar membentuk karakter siswa yang baik dan positif, jangan sampai kemajuan teknologi menjadi kesempatan bagi siswa untuk melakukan hal-hal negatif dan menyimpang dari peran nya sebagai siswa. Salah satu pemanfaatan kemajuan teknologi dalam bidang pendidikan adalah menginstal sejumlah aplikasi pendukung pembelajaran disekolah. Terdapat banyak aplikasi pendukung dalam proses pembelajaran, salah satunya aplikasi Al-Qur’an digital yang digunakan dalam pembelajaran PAI. Jika dalam penerapannya teknologi seperti smartphone tidak dimanfaatkan dengan baik dalam pembelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam), maka akan menimbulkan dampak negatif bagi siswa, seperti siswa jadi malas belajar, kurang konsentrasi dalam belajar, bahkan terkadang siswa melupakan kewajibannya untuk melakukan sholat dan membaca AlQur’an karena siswa lebih tertarik pada smartphone daripada Al-Qur’an. Dengan menginstal aplikasi Al-Qur’an digital dapat mereduksi atau mengurangi dampak negatif smartphone bagi siswa. Aplikasi Al-Qur’an digital merupakan hasil digitalisasi dari AlQur’an hardcopy menjadi softfile yang bertujuan sebagai praktisi untuk meningkatkan kualitas serta pemahaman peserta didik terhadap Al-Qur’an.

B. PEMBAHASAN

Pemanfaatan Aplikasi Al-Qur’an digital pada pembelajaran

Tujuan dari artikel ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan aplikasi Al-Qur’an digital dalam bidang pendidikan, khususnya dalam meningkatkan pemahaman pembelajaran PAI pada siswa. Media aplikasi Al-Qur’an digital adalah salah satu produk terkini dalam hal pemaduan konsep teknologi dan religi. Dengan bantuan teknologi akan memudahkan manusia untuk semkain mengenal dan mendekatkan diri pada kitab suci umat islam tersebut. Keberadaan Al-Qur’an merupakan perwujudan lain dari konsep Al-Qur’an yang selama ini hanya tersedia dalam bentuk cetakan buku. Namun isi secara keseluruhan antara Al-Qur’an digital dengan Al-Qur’an fisik tidak memiliki perbedaan (Saputra, 2021). Aplikasi Al-Qur’an sangat membantu bagi guru dalam menjelaskan cara membaca dan memahami Al-Qur’an yang tepat sesuai dengan kaidah bacaan. Kecakapan membaca AlQur’an siswa pada zaman ini masih terbilang rendah yang disebabkan karena kurangnya pembiasaan membaca Al-Qur’an pada masing-masing siswa. Oleh karena itulah pemanfaatan Al-Qur’an digital sangat diperlukan untuk meningkatkan kebiasaan dan kecakapan siswa dalam membaca Al-Qur’an. 

Para tenaga atau guru PAI dapat memanfaatkan aplikasi Al-Qur’an digital pada saat pembelajaran Al-Qur’an. Selain itu guru dapat melakukan pembiasaan baca Al-Qur’an pada murid-murid setiap pagi sebelum memulainya kegiatan belajar mengajar. Dengan adanya aplikasi Al-Qur’an digital di smartphon masing-masing murid, murid tidak perlu repot untuk berwudhu dan membawa mushaf Al-Qur’an. Dengan adanya pembiasaan tersebut, semakin lama murid akan dengan sendirinya memahami cara membaca dan memahami terjemahan yang ada di tampilan aplikasi Al-Qur’an digital.

Berdasarkan pengalaman dan wawancara dengan beberapa siswa, pemanfaatan AlQur’an digital memberikan dampak dan manfaat yang sangat besar terutama pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang biasanya terdapat pembiasaan baca AlQur’an, dengan adanya aplikasi tersebut siswa dapat secara cepat mencari surat dan ayat Al-Qur’an yang akan dibaca tanpa membutuhkan waktu lama untuk mencari di internet, siswa dapat mengetahui terjemahan ayat yang dibaca tersebut karena Al-qur’an digital menampikan terjemahannya sekaligus, jika terdapat tugas hafalan maka siswa dengan mudah menghafalkan dimanapun dan kapanpun secara fleksibel hanya dengan modal smartphone yang setiap hari sudah menjadi bekal para pelajar dimanapun. Tak jarangpun terdapat siswa yang belum mengetahui dan belum lancar dalam pembacaan Al-Qur’an, dengan adanya aplikasi Al-Qur’an digital ini sangat membantu juga dalam permasalahan tersebut karena dalam aplikasi Al-Qur’an digital juga memberikan fitur murotal pada masing-masing ayat. Selain itu, beberapa siswa juga dapat menggunakan aplikasi AlQur’an untuk dibaca sehari-hari.

Memanfaatkan aplikasi ini dapat meningkatkan perkembangan kognitif atau pola pikir berkemajuan bagi para siswa, karena perkembangan kognitif sangat dibutuhkan agar nantinya dapat bekerja dan berkembang secara maksimal dengan kemajuan teknologi, khususnya dalam media aplikasi. Pembiasaan membaca Al-Qur’an setiap hari juga sangatlah penting ditanamkan pada setiap diri siswa. Setiap siswa perlu memiliki semangat dan motivasi untuk membaca dan mempelajari Al-Qur’an, salah satu motivasi ini dituangkan dengan adanya aplikasi Al-Qur’an digital.

Adapun manfaat dari penggunaan aplikasi Al-Qur’an digital adalah sebagai berikut:

  1. Membantu memahami arti Al-Qur’an walaupun belum pernah belajar bahasa arab.
  2. Mempermudah dalam menghafal Al-Qur’an.
  3. Memperindah bacaan Al-Qur’an karena adanya fitur murotal Qur’an.
  4. Memperbagus cara baca Al-Qur’an sesuai dengan kaidah tajwid.
  5. Meningkatkan kecintaan terhadap Al-Qur’an, karena cinta adalah memahami

Fitur dan kelebihan pada aplikasi Al-Qur’an digital

Aplikasi Al-Qur’an digital mempunyai berbagai macam fitur yang mempunyai kelebihan masing-masing. Seperti yang diketahui, aplikasi Al-Qur’an digital tidak hanya satu, namun ada beberapa macam dan memiliki nama yang berbeda-beda yang tersedia di berbagai platform, seperti playstore, app store, dan masih banyak lagi. Adapun nama-nama aplikasi Al-Qur’an digital yang tersebar diberbagai platform diantaranya adalah AlQuran 360, Al-Quran (tafsir & by word) Al Qur’an Indonesia, MyQuran Al Quran terjemahan, Simple Quran, Quran belajar indonesia, Quran kemenag, Quran best indonesia, Quran majeed, Al Quran tajwid berwarna, Quran MP3 by Mishari rashid, Qara’a, Golden Quran, Quran for android, Qur’an madina, UMMA, Muslim pro, Al-Qur’an 30 juz dan terjemah,

Al-Qur’an al-Hadi dan masih banyak lagi. Dari banyak nya nama dan jenis aplikasi AlQur’an digital tentunya memiliki fitur dan keunggulan masing-masing menyesuaikan keperluan masing-masing pengguna, terutama keperluan dalam pembelajaran. Penggunaan aplikasi Al-Qur’an digital sangat membantu dalam aktivitas mereka yang sering berinteraksi dengan Al-Qur’an, oleh karena itu dengan adanya aplikasi yang telah tersebar luas pada smartphone sangat memudahkan mereka, apalagi di era teknologi yang serba canggih.

Hasil analisis berdasarkan pengalaman, aplikasi yang sering dan banyak digunakan adalah aplikasi jenis Al-Qur’an indonesia. Aplikasi ini hampir sama dengan aplikasi AlQur’an digital yang lain. Beberapa fitur dalam aplikasi ini adalah tersedia 114 surat dan 30 juz Al-Quran lengkap dengan hukum tajwidnya. Selain itu, tersedia juga fitur audio murrotal Quran 30 juz yang tentunya memudahkan bagi siapapun khususnya para siswa saat mempelajari Al-Quran. Jadwal sholat bahkan jadwal imsakiyyah Ramadhan juga tersedia pada aplikasi jenis ini. Dalam aplikasinya, pembuat aplikasi ini memudahkan umat islam dalam membaca Al-Qur’an baik dengan bentuk landscape amupun potrait dan terdapat terjemahan dalam bahasa Indonesia yang diterjemahkan langsung oleh penafsir dari kemenag-RI juga Al Jalalain Indonesia.

Faktor pendukung dan penghambat penggunaan aplikasi Al-Qur’an digital dibidang pendidikan

Di samping penggunaan aplikasi Al-Qur’an digital dibidang pendidikan untuk meningkatkan kualitas siswa, terdapat beberapa faktor pendukung dan penghambat yang berjalan beriringan. Faktor pendukung tersebut antara lain:

  1. Tersedianya sarana dan prasarana digital untuk pembelajaran menggunakan AlQur’an berbasis digital ini.
  2. Adanya dukungan tenaga pendidik atau guru untuk mengatur proses pembelajaran, mengeluarkan ide dan inovasi pembelajaran pada pemanfaatan aplikasi Al-Qur’an digital.
  3. Adanya antusias siswa dalam menerima aplikasi Al-Qur’an digital sehingga pembelajaran dapat diikuti dengan baik tanpa tekanan.

Selain faktor pendukung, terdapat faktor penghambat dalam pemanfaatan aplikasi AlQur’an digital dalam dunia pendidikan, antara lain:

  1. Fitur-fitur dalam aplikasi Al-Qur’an digital hanya bisa diakses jika terdapat internet,
  2. Kadang kala terjadi error pada beberapa fitur, sehingga susah diakses,
  3. Siswa dituntut harus mempunyai smartphone.

C. KESIMPULAN

Tujuan utama dari penyusunan artikel ini adalah untuk memaparkan pemanfaatan aplikasi Al-Qur’an digital dalam bidang pendidikan. Dalam artikel ini juga menganalisis fitur dan keunggulan aplikasi Al-Qur’an digital serta menganalisis faktor penghambat dan pendukung pemanfaatan aplikasi ini dalam bidang pendidikan. Dalam artikel ini memaparkan bahwa aplikasi ini memiliki banyak manfaat, saalah satunya adalah meningkatkan pemahaman siswa mengenai Al-Qur’an, seperti cara membaca, tajwid, terjemahan ayat, dan lain-lain. Selain itu, dengan memanfaatkan aplikasi tersebut mempermudah guru dalam menyampaikan materi pembelajaran Pendidikan Agama Islam mengenai Al-Qur’an. Penggunaan Aplikasi Al-Qur’an digital sangat direkomendasikan untuk membantu para siswa dan guru dalam pembelajaran.

E. DAFTAR PUSTAKA

Saputra, D. (2021). PENGARUH MEDIA AL-QUR‟AN DIGITAL TERHADAP INTENSITAS MEMBACA

AL-QUR’AN MAHASISWA JURUSAN PAI ANGKATAN 2017 UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

Sevima, F. (2022, September 12). Pemanfaatan teknologi Informasi dalam Pendidikan Masa Kini.

Diambil kembali dari Sevima Educational Platform For Universities:

evima.com/pemanfaatan-teknologi-informasi-dalam-pendidikan-masa-kini/

Link Video Youtube: https://youtu.be/hSJxyF0c750?si=bQJL4O0_ELJ6JHDd

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 7 = 3