Meningkatkan Minat Anak Terhadap Permainan Tradisional Indonesia di Era Perkembangan Gadget

Meningkatkan Minat Anak Terhadap Permainan Tradisional Indonesia di Era Perkembangan Gadget

Oleh: Ahmad Fajar Afrizal

Permainan tradisional merupakan salah satu dari sekian banyak ragam kebudayaan yang ada di Indonesia. Sebelum adanya teknologi yang canggih dan modern seperti game online, permainan tradisional menjadi permainan yang digermari anak-anak usia dini bahkan hingga remaja di Indonesia.

Beberapa diantaranya banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia, seperti petak umpet, tembak-tembakan, kelereng, lompat karet, betengan, serta gerobak sodor. Di zaman serba modern saat ini, anak-anak lebih gemar bermain gadget dan meninggalkan permainan tradisional. Padahal, terlalu sering bermain gadget dapat menimbulkan dampak negatif bagi anak-anak, seperti masalah kesehatan, pola pikir dan perkembangan anak.

Untuk itu perlu upaya agar anak-anak lebih berminat pada permainan tradisional daripada gadget, karena sejatinya permaianan tradisional adalah salah satu sekian banyak kekayaan budaya yang dimiliki bangsa Indonesia. Meningkatkan minat anak terhadap permainan tradisional dapat dimulai dengan:

  1. Memperkenalkan berbagai macam permainan tradisional kepada anak secara bertahap. Metode yang mudah untuk memperkenalkan permainan kepada anak-anak adalah belajar sambil melakukan. Biarkan anak terlibat langsung dan mencoba memainkannya.
  2. Tetapkan Batas Waktu Layar untuk Anak-anak. Teknologi memang memberikan kemudahan dan inovasi yang menarik. Sebagai anak-anak hingga orang dewasa, mereka lebih suka menghabiskan waktu dengan bermain gadget. Hal inilah yang menyebabkan mengapa permainan tradisional kurang diminati oleh anak-anak. Namun dengan keterbatasan waktu dalam menggunakan teknologi, anak-anak akan mengeksplorasi alam dan bermain permainan fisik seperti permainan tradisional.
  3. Berpartisipasi dalam Bermain. Tunjukkan minat kita pada permainan tradisional dengan berpartisipasi dalam permainan. Anak-anak akan melihat, dan anak-anak juga akan melakukannya. Berikan contoh di depan anak-anak tentang cara memainkan permainan tradisional, ajak mereka ikut dalam permaianan agar mereka merasa tertantang untuk bisa memainkannya.
  4. Berpartisipasi dalam kegiatan budaya. Alternatif lain untuk menumbuhkan minat anak terhadap permainan tradisional adalah dengan mengikuti kegiatan budaya yang terbuka untuk umum. Ajak anak-anak untuk melihat dan mencoba berbagai kegiatan yang ada.


You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.