PENGARUH INTERNET TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA

Pada era sekarang ini, banyak terjadi perkembangan teknologi yang dapat memudahkan segala bentuk pekerjaan manusia. Pesatnya perkembangan teknologi ini juga berpengaruh terhadap perubahan dalam kehidupan manusia di bidang pendidikan. Salah satu teknologi yang dapat digunakan untuk dunia pendidikan adalah internet. Internet merupakan sebuah jaringan yang berfungsi sebagai penghubung antara suatu media elektronik dengan media lainnya, di mana internet dapat mentransfer data secara cepat dan tepat melalui frekuensi tertentu.  Internet juga menyimpan informasi yang tidak terbatas yang dapat digunakan oleh semua orang termasuk peserta didik atau siswa.

Pengertian Internet Menurut Ahli

Untuk memahami lebih lanjut, kita perlu mengetahui pengertian internet menurut para ahli sebagai berikut :

  1. Sibero

Menurut Sibero, pengertian internet adalah suatu jaringan komputer yang menghubungkan antar komputer secara global. Lebih lanjut dijelaskan pula bahwa internet dapat juga disebut sebagai jaringan alam, yaitu suatu jaringan yang sangat luas.

2. Khoe Yao Tung

Internet adalah jaringan yang satelit komunikasi yang fungsinya sangat beragam dan tentu merupakan pendukung internet diseluruh dunia.

3. Internet Menurut Wikipedia

Internet merupakan bentuk rangkaian computer yang saling berhubungan ke beberapa rangkian yang menggunakan TCP dan rangkaian tersebut merupakan packet switching communication protocol.

4. Lani Sidharta

Menurut Lani Sidharta, pengertian internet adalah suatu bentuk interkoneksi dari sebuah jaringan komputer, dimana dapat memberikan bentuk layanan informasi secara lengkap. Lebih lanjut Lani mengatakan bahwa internet juga merupakan rekan maya atau virtual yang ampuh, yang biasa digunakan dalam media bisnis, politik, dan bahkan untuk hiburan semata.

Pengaruh Internet pada Siswa

Internet dapat sangat bermanfaat bagi siswa dan juga dapat berdampak negatif. Berikut merupakan urian dari pengaruh internet bagi siswa :

Pengaruh Positif

  1. Menambah Wawasan Siswa

Siswa dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan melalui internet karena dengan internet siswa dapat mencari informasi apapun yang ingin dia ketahui. Siswa dapat mencari bahan materi pelajaran yang mungkin belum dipahami maupun belum didapatkan melalui pendidikan formal.

2. Menambah Motivasi Belajar Siswa

Internet dapat digunakan sebagai media belajar siswa dimana siswa dapat mempelajari suatu materi atau pembelajaran yang tidak ia dapatkan dari pendidikan formal. Saat ini banyak sekali fasilitas internet yang bisa digunakan untuk belajar, seperti mendownload buku pelajaran di perpustakaan digital dan menonton video pembelajaran. Dengan kemudahan itulah motivasi belajar siswa akan bertambah.

3. Mempermudah Berkomunikasi  

Internet siswa dapat dengan mudah berkomunikasi dengan teman ataupun gurunya. Dengan hal tersebut, siswa dapat bertukar informasi dan dapat mengumpulkan tugas kepada guru tanpa bertemu secara langsung.

Pengaruh Negatif

  1. Malas

Banyak sekali hal menarik yang dapat kita cari dari internet. Hal tersebut akan menjadikan siswa malas bahkan lupa atas tanggung jawabnya terhadap tugas yang diberikan. Hal ini, dapat berpengaruh buruk prestasi siswa.

2. Kecaduan

Kecanduan merupakan kondisi dimana siswa tidak dapat lepas dari penggunaan internet. Hal tersebut tidak hanya mempengaruhi prestasi siswa di sekolah namun juga dapat mempengaruhi kondisi psikis dari siswa.

3. Kekerasan

Dengan internet kita dapat mencari segala informasi yang baik maupun buruk yang terjadi di masyarakat. Kekerasan ini dapat dilakukan oleh siswa jika siswa menggunakan internet untuk menonton adegan kekerasan yang terdapat pada video-video yang diunggah di internet. Contoh kekerasan yang dapat dilakukan oleh siswa adalah bullying.

Kesimpulan

Jika internet dimanfaatkan secara efektif dan efisien dapat meningkatkan prestasi belajar pada siswa. Sebaliknya, jika internet dimanfaatkan dengan tidak baik oleh siswa maka akan berdampak negatif bagi siswa tersebut. Maka dari itu, untuk mencegah dampak negatif dari teknologi, kerjasama antara orang tua dan guru sangat diperlukan untuk mencapai keberhasilan prestasi belajar pada siswa.

Agar dapat memahami lebih lanjut dapat menonton video dibawah ini

Referensi

Riska, H., & Nurmanina, A. (2013). Studi Tentang Penggunaan Internet Oleh Pelajar. EJurnal Sosiatri-Sosiologi. 2013, 1 (4), 0000-0000.

Sari, A. P., & Utami, N. (2019). Pengaruh Intensitas Penggunaan Internet Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMA Negeri 13 Kerinci. Jurnal Wahana Konseling, 2(1), 1-12.

Simamora, P. R. T. (2019). Pengaruh Media Internet Terhadap Prestasi Siswa-Siswi Di Sma Negeri 17 Medan. Jurnal Darma Agung, 27(1), 894-900.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Captcha 28 − = 18