Pemanfaatan Duolingo Sebagai Game Mendidik Untuk Anak-anak

Literasi digital adalah kemampuan untuk memahami informasi dari komputer. Contoh literasi digital adalah, pembelajaran dan kemampuan untuk berpikir inovatif memakai teknologi. Saat ini, kita tidak hanya belajar melalui buku, tapi juga dapat di internet. Untuk itu, sebagai calon guru kita harus memberikan pembelajaran yang efektif, interaktif, dan inovatif, dengan memakai teknologi. Salah satunya dengan perantara situs mengedukasi yaitu Duolingo. Dengan ikon yang lucu dan menarik, akan membuat anak-anak menjadi tertarik. Tinggal kita terus mengedukasikannya kepada anak-anak agar mereka tertarik dan ingin mencoba.

Sekarang ini dijumpai game online yang membuat anak-anak kecanduan, dan memberikan efek negatif daripada positif nya. Bahkan sampai menyebabkan prestasi menurun, kecanduan game online, dan gangguan konsentrasi menurun. Seperti contoh kasus berikut ini, AN (12) siswa kelas 6 SDN Banjarpanjang, Kabupaten Magetan bolos sekolah 4 bulan gara-gara kecanduan game online.

Kasus tersebut menjadi bukti nyata bahwa kecanduan game online dampak negatif nya sangat berbahaya. Untuk itu dibutuhkan peran orang tua untuk mengatasi hal tersebut. Yaitu dengan mengatur jam main anak, membatasi anak bermain game online, dan mengajarkan disiplin serta membagi waktu, antara belajar dan bermain game agar seimbang. Tidak hanya masalah kecanduan game saja, masalah lainnya adalah game yang bersifat mendidik malah kalah saing dengan game yang lain. Ini bukti bahwa anak tidak tertarik dengan game yang mendidik, untuk itu kita sebagai calon guru harus memberikan arahan dan edukasi mengenai game yang mendidik ini, apalagi ini adalah era digital. Sudah seharusnya kita mengajarkan kepada anak untuk memanfaatkan teknologi digital dengan baik, bijak dan cerdas. Agar, selain mendapatkan hiburan juga mendapatkan ilmu dan wawasan.

Untuk itu saya merekomendasikan aplikasi Duolingo Sebagai Game Mendidik Untuk Anak-anak. Duolingo adalah platform pembelajaran bahasa terpopuler dan aplikasi pendidikan yang paling banyak diunduh di dunia, dengan lebih dari 500 juta pengguna. Misi perusahaan ini adalah membuat pendidikan gratis, seru, dan tersedia di seluruh dunia. Dengan misi tersebut, dapat dipastikan bahwa selain mengedukasi juga memberikan keseruan seperti main game online.

Link Youtube: https://youtu.be/8B6PF1Vgw9Y

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.