Pemanfaatan AI Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Pastinya setiap pengguna Smartphone, Iphone, bahkan Windows mengtahui mengenai kecerdasan buatan atau AI (Artificial Intelligence) yang merupakan program komputer yang dirancang untuk mengikuti tindakan dan pola pikir manusia. Dengan tujuan mengurangi waktu kerja agar lebih efisien.

Banyak orang awam berpendapat AI sebagai hal yang berbau futuristik, imajinatif, dan tidak nyata layaknya film-film yang mempunyai genre sci-fi, seperti Jarvis dan Ultron kecerdasan buatan milik Tony Stark dari film Iron-Man, C-3PO dan R2D2 dari Star Wars, I Robot, dan Terminator.

Padahal ada banyak jenis pemanfaatan AI yang sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari dan sangat membantu. Sedangkan ada beberapa orang yang masih belum paham mengenai pemanfaatan AI. Lantas apa saja yang dapat kita lakukan dengan menggunakan AI ?

  1. Membuka Ponsel

Penggunaan biometrik berupa Face ID termaksud pemanfaatan AI dimana wajah kita di scan dengan menempatkan 30.000 titik inframerah tak terlihat pada wajah. Kemudian Face ID akan melakukan algoritme utnuk membandingakan wajak kita dengan data yang sudah tersimpan sebelumnya.

2. Rekomendasi Musik

AI menganalisis berbagai macam hal seperti genre musik yang disukai hingga nama penyayi, yang kemudian AI akan menjadikan hal-hal tersebut sebagai tolak ukur rekomendasi musik yang akan disajikan dalam bentuk daftar rekomendasi lagu. Contoh aplikasi rekomendari musik adalah Spotify.

3. Rekomendasi Video

Hampir sama seperti rekomendasi musik dimana AI akan menganalisis genre film atau video yang disukai kemudian menampilkannya dalam bentuk daftar rekomendasi film atau video. Contoh aplikasi rekomendasi video adalah Netflix, Iflix, Viu, dan Google Play Store Film.

4. Assistant Virtual

Pengguna Smartphona, Iphone, dan Windows pastinya sudah tau mengenai AI asisstant ini yaitu google assitant, siri, dan cortana. Asistant virtual tersebut memiliki kemampuan untuk memahami bahasa manusia sekaligus mengenali bahasa kita.

5. Melakukan Pencarian di Website

Dalam aktivitas search engine AI seperti Google, akan mempersonalisasikan hasil pencarian menurut algoritma sehingga pencarian  sesuai dengan kebutuhan pengguna.

6. Menunjukkan Maps dan Arah

Google maps merupakan aplikasi penunjuk arah perjalanan yang menggunakan AI untuk memantau kondisi lalu lintas, sehingga pengguna dapat mengetahui kondisi real time dan saran untuk menghindari kemacetan.

7. Mempermudah Kegiatan Berbelanja

Tokopedia, shopee, lazada, bukalapak, blibli, JD.id, dan OLX merupakan toko online yang memiliki AI untuk membantu rekomendasi produk. Dimana AI akan mengumpulkan informasi terkait preferensi dan kebiasaan konsumen, kemudian AI akan menawarkan produk-produk baru sesuai dengan preferensi dan kebiasaan.

Sadar tidak sadar teknologi sudah semakin canggih seperti AI yang sudah banyak membantu manusia dalam kehidupan sehari-hari sehingga dapat mengefisienkan waktu. Akan tetapi, tetap berhati-hatilah dalam penggunaan teknologi terlebih lagi saat mengunduh ataupun mengupload informasi di media sosial.

Untuk lebih mudah pembelajaran silahkan teman-teman sekalian saksikan video pembelajaran melalui link YouTube “Pemanfaatan AI Dalam Kehidupan Sehari-Hari” berikut ini:

https://youtu.be/xaHwyvi1Q-A

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.