TEKNOLOGI PENUNJANG OLAHRAGA

Di zaman teknologi saat ini yang serba canggih membuat manusia melakukan berbagai inovasi dan kreasi, dimana semua teknologi yang dapat menunjang dan membantu manusia sudah banyak ditemukan dan diciptakan. Tentu saja dengan hal ini membuat dampak yang positif bagi perkembangan zaman di era teknologi yang serba maju ini. Dengan teknologi perkerjaan yang semula berat bisa diringankan, dalam berbagai bidang teknologi sudah sangat membantu manusia termasuk dalam bidang olahraga.

Dalam dunia olahraga berbagai alat dan perangkat canggih sudah banyak tercipta, hal ini merupakan suatu dampak positif sekaligus inovasi baru bagi perkembangan di dunia olahraga. Tidak bisa dipungkiri kemajuan teknologi yang sudah digunakan dalam olahraga juga terkadang berdampak positif pada pengawasan permainan yang kini lebih detail, prediksi dalam berbagai olahraga lebih akurat, dan juga inovasi dalam olahraga yang berkembang pesat. Pengunaan komputer, perangkat lunak, mesin canggih, dan robotic sudah mulai banyak diterapkan diberbagai pertandingan.

Tujuan dari penggunaan berbagai alat tersebut dalam olahraga, sebagai asisten dan pembantu manusia, karena manusia kadang juga terdapat kesalahan, jadi dengan adanya perangkat-perangkat berteknologi maju diharapkan dapat memberikan solusi dari kekurangan yang ada pada manusia, biasanya wasit atau pengawas pertandingan dalam olahraga menggunakan berbagai perangkat lunak, robot, dan komputer dalam olahraga. Untuk para atlet berbagai olahraga teknologi berperan dalam penggunaan sarana penunjang yang mulai serba canggih dan moderen, kadang seperti sepatu dan berbagai alat lainnya mulai bertransformasi seiring dengan perkembangan teknologi.

Disini akan diberikan contoh gambaran peralatan moderen yang sudah menggunakan teknologi tinggi di bidang olahraga.

1. VAR, Var Menurut FIFA.com (2018), Video Assistant Referee (VAR) adalah sebuah video yang berfungsi untuk mengawasi pertandingan dengan menggunakan ruang kontrol yang terhubung dengan adanya kamera pengintai yang telah dipasang diseluruh sudut lapangan di stadium. Tujuan dari penggunaan teknologi ini supaya wasit sepakbola dalam memimpin pertandingan lebih terbantu dan lebih teliti lagi dalam menentukan sebuah keputusan, dengan begitu jalannya pertandingan akan lebih adil dan dapat mengurangi resiko kecurangan dalam pertandingan sepakbola. Meskipun memiliki biaya yang cukup mahal namun di era sekarang ini penggunaan var sudah mulai banyak di pertandingan sepakbola.

image from : https://sport.tempo.co/read/1584170/pssi-cari-sponsor-untuk-terapkan-teknologi-var-di-liga-1

2. Foto Garis Finis digunakan pada Atletik dan Pacuan Kuda, dalam perlombaan atletik kadang sangat sulit untuk menentukkan siapa yang masuk garis finish terlebih dahulu untuk menentukkan pemenangnya, bahkan saat dilihat dengan mata kepala kita sulit siapa yang masuk garis finish terlebih dahulu apalagi jika peserta memasuki garis finish hampir secara bersamaan. Disinilah teknologi berperan penting dalam suatu olahraga, didalam teknolgi ini tim juri akan menggunakan hasil foto garis finis yang mampu merekam 3.000 gambar per detik untuk membantu penentuan pemenang. Dengan begitu kita bisa melihat mengapa pada beberapa pertandingan lari atau pacuan kuda beberapa peserta terlihat bersamaan memasuki garis finis namun hanya satu yang keluar sebagai pemenang dan kita tau detailnya siapa saja yang masuk garis finish sehingga pertandingan lebih adil. Teknologi ini kedepannya akan juga dipakai dan dikembangkan untuk berbagai cabang olahraga lainnya seperti renang, balap motor, dan lainnya.

image from : https://www.foldertekno.com/inovasi-teknologi-dalam-olahraga/

3. Pistol radar dalam baseball, Alat ini digunakan sebagai penunjang olahraga baseball. Alat ini mampu merekam catatan kecepatan bola hasil pukulan pemain baseball. untuk para pemukul, pistol radar ini lebih sering digunakan untuk menguji kecepatan pukulan mereka saat lemparan pertama dan mengukur kecepatan ayunan pukulan. Setiap kecepatan dalam lemparan kemudian didokumentasikan kemudian dianalisis oleh tim pelempar dan pihak lawan. Pistol radar juga beguna untuk para pitcher (pelempar) dan timnya untuk menganalisis seberapa jauh perkembangan lemparan dan kecepatan lemparan yang telah dilakukan. Hasil yang diberikan dari alat ini bisa dipakai acuan yang lebih detail dan akurat.

iamage from : https://www.klikmania.net/teknologi-olahraga-populer/

4. Monitor Jantung dalam berolahraga, Teknologi ini digunakan untuk memonitor dan mengontrol kondisi tubuh dan jantung saat berlatih ataupun berolahraga. Dengan alat ini kita bisa tau bagaimana untuk memonitor perkembangan dan kestabilan jantung dalam program latihan mereka. Alat ini mamapu untuk memberikan pengingat dari dehidrasi dan malnutrisi, selain itu mekanisme ini dapat memberikan peringatan akan latihan yang berlebihan dan menjadi faktor kunci dalam semua sesi pelatihan sehingga overuse otot dan overtraining dapat terhindarkan untuk olahragawan. Dengan begitu kondisi atlet dapat lebih terjaga dan stabil dengan monitor tersebut. Alat ini bisa berbentuk jam juga bisa berbentuk seperti kalung melingkar didada atau rompi. Sekarang hampir seluruh cabang olahraga keberadaan alat ini sangat dibutuhkan.

image from : https://www.foldertekno.com/inovasi-teknologi-dalam-olahraga/

5. Goal Line Technology, atau bisa disebut teknologi garis gawang adalah alat yang digunakan dalam pertandingan sepakbola guna untuk menentukan bola apakah masuk secara keseluruhan dalam gawang atau tidak sehingga dapat menentukan goal secara akurat. Penggunaannya dengan cara setiap sudut stadion terdapat kamera pengawas yang bisa langsung mengarah ke gawang. Sensor akan dikirimkan kepada wasit apabila bola sudah melewati garis gawangnya biasanya sensor tersebut masuk ke jam tangan wasit guna sebagai notifikasi atau pertanda sebuah bola masuk atau tidaknya. Dengan begitu jalannya pertandingan akan lebih adil dan akurat.

image from : https://today.line.me/id/v2/article/DxDpXm

Dari kelima teknologi diatas merupakan sebuah gambaran bagaimana teknologi dapat mempengaruhi dan menunjang kegiatan olahraga. Dan masih banyak lagi teknologi yang sudah tercipta untuk kegiatan olahraga lainnya.

link tugas vidio : https://www.youtube.com/watch?v=9bFN09vhxpI

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.