Pemanfaatan Assemblr EDU Berbasis Augmented Reality pada Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan

Assemblr EDU

Pembelajaran matematika pada hakikatnya merupakan suatu proses interaksi berupa aktivitas belajar mengajar yang dirancang dengan tujuan untuk membangun kemampuan berfikir logis, kreatif, dalam pemahaman terstruktur. Namun, pada kenyataannya matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang dianggap tidak menyenangkan, sulit, menegangkan oleh siswa. Hal ini disebabkan oleh keberadaan media belajar di sekolah, karakteristik guru, dan proses penyampaian materi oleh guru (Mahdiansyah & Rahmawati, 2014).

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi memberikan pengaruh postif terhadap suatu pembaharuan serta pemanfaatan teknologi ke dalam pembelajaran matematika. Pemanfaatan teknologi sebagai media pembelajaran mampu membangun pemahaman dengan bahasa yang sederhana sehingga mudah dipahami oleh siswa, serta mampu menciptakan kelas yang lebih hidup dan meningkatkan antusiasme siswa karena merupakan hal yang baru dan menyenangkan (Muthy, 2020). Selain itu, teknologi yang digunakan dalam proses pembelajaran matematika memiliki peran sabagai alat yang membantu dalam proses perhitungan matematis sehingga siswa fokus kepada penyelesaian masalah, alat pengembangan konsep yaitu membantu dalam proses penyelidikan konsep, serta melatih keterampilan prosedural (Jupri, 2018).

Salah satu teknologi yang dapat digunakan adalah Assemblr EDU. Assemblr EDU merupakan suatu platform dengan bentuk aplikasi mobile yang dapat mendukung proses pembelajaran. Assemblr EDU dapat membantu pengguna yang dapat berupa guru, siswa maupun masyarakat umum untuk memvisualisasikan suatu konten ke dalam bentuk Augmented reality maupun bentuk 3D. Penggunaan Augmented Reality dalam pembelajaran matematika dapat memberi kesempatan kepada siswa untuk berinteraksi langsung, menunjukkan objek secara keseluruhan dan membangun gambar struktur secara jelas. Assemblr memungkinkan untuk menjadikan konsep matematika yang rumit dan abstrak menjadi lebih nyata.

Assembler EDU dapat diakses melalui smartphone, tablet maupun PC via website dengan spesifikasi tertentu. Aplikasi ini memiliki beberapa fitur yang dapat dimanfaatkan di berbagai pembelajaran salah satunya matematika. Fitur tersebut meliputi:

  • Ruang kelas virtual yang terdapat sub fitur didalamnya yaitu bagiakan catatan, file, gambar, proyek 3D maupun AR dengan mudah. Guru dapat membuat suatu kelas dan menggundang siswanya untuk join di kelas tersebut dengan kode dari kelas yang sudah dibuat oleh guru. Dalam kelas ini terdapat beberapa aktivitas seperti presentasi, alat bantu pelajaran, proyek sekolah, kuis berbentuk AR, dll.
Ruang Kelas Virtual
  • Fitur topik pembelajaran siap pakai, yang didalamnya terdapat berbagai mata pelajaran salah satunya matematika.Materi pembelajaran yang tersedia atau dibuat melalui Assemblr EDU akan terasa lebih hidup dan dapat meningkatkan minat belajar matematika. Materi dapat dikreasikan dengan tampilan 3D maupun Augmented Reality.
Topik
  • Fitur untuk membuat proyek 3D dan AR. Dalam Assemblr EDU menyediakan banyak objek 3D yang dapat digunakan untuk membuat proyek materi pembelajaran, selain itu guru dapat menyisipkan image, video maupun teks yang mendukung materi. Untuk menghasilkan produk proyek di Assemblr EDU dituntut untuk memiliki kreativitas yang tinggi.
Lembar Kerja Proyek

Untuk lebih jelasnya coba simak video berikut terkait Assemblr EDU:

Video Penjelasan Assemblr EDU

Siap untuk menghidupkan kelas matematika Anda? Yuk segera coba Assemblr EDU  dan ajak siswa anda untuk menikmati pembelajaran matematika yang bermutu serta menyenangkan.

DAFTAR PUSTAKA

  • Mahdiansyah, M., & Rahmawati, R. (2014). Literasi matematika siswa pendidikan menengah: analisis menggunakan desain tes internasional dengan konteks Indonesia 1. Literasi Matematika Siswa Pendidikan Menengah: Analisis Menggunakan Desain Tes Internasional dengan Konteks Indonesia 120(4), 452-469.
  • Muthy, A. N., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis media pembelajaran e-learning melalui pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran matematika di rumah sebagai dampak 2019-nCoV. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika6(1), 94-103.
  • Jupri, A. (2018, July). Peran teknologi dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan matematika realistik. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (Vol. 1, No. 2, pp. 303-314).

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha − 3 = 6