Sosial Media Yang Tidak Sosial

Link Video Penjelasan Artikel

Mohammad Iqbal Arjuna

5112421013

Teknik Arsitektur (S1) Universitas Negeri Semarang

Mata Kuliah Literasi Digital dan Kemanusiaan

Media sosial merupakan sebuah media online, yang digunakan oleh para penggunanya bisa dengan mudah berinteraksi atau melakukan partisipasi dalam aktivitas online, juga berbagi, membuat blog, jejaring sosial, wiki, atau forum online. jejaring sosial yang merupakan situs dimana jejaring sosial merupakan situs dimana setiap orang bisa membuat web page pribadi, kemudian terhubung dengan teman-teman untuk berbagi informasi dan berkomunikasi. Jejaring sosial terbesar antara lain Facebook, Myspace, dan Twitter. Jika media tradisional menggunakan media cetak dan media broadcast, maka media sosial menggunakan internet. Media sosial mengajak siapa saja yang tertarik untuk berpertisipasi dengan memberi kontribusi dan feedback secara terbuka, memberi komentar, serta membagi informasi dalam waktu yang cepat dan tak terbatas.

            Dengan adanya media sosial, penggunanya telah mempengaruhi kehidupan sosial dalam masyarakat. Seperti perubahan dalam hubungan sosial atau terhadap perubahan lain. Perubahan mempengaruhi sistem sosialnya, seperti sikap, nilai, dan perilaku. Kemudahan positif dalam media sosial seperti contohnya mempermudah menyampaikan informasi, memperoleh keuntungan ekonomi. Sedangkan aspek negatifnya adalah seperti saling mengejek, menonton apa yang seharusnya dilarang, yang tentunya menyimpang soal adab dan perilaku.

            Kemudian apa itu Sosial Media yang tidak Sosial, pada artikel ini saya membahas mengenai dampak dari sosial media tetapi menggunakan privasi alias yang seharusnya tidak di share oleh pengguna ataupun melakukan share tetapi menggunakan privas. Dalam bersosial media seharusnya kita melakukan berbagi konten maupun apa yang kita lakukan di platform medsos tersebut, kecuali dalam hal yang bersifat privasi. Sebagai contoh yang saya ambil adalah fitur kolom komentar yang dimatikan namun pengguna tetap berbagi kontennya, konten yang tidak ingin mendapat komentar dari pengguna lainnya.

            Fungsi media sosial sendiri adalah berbagi, yaitu sesuai dengan namanya yaitu media atau wadah yang bersifat sosial, atau melakukan interaksi dan bersosialisasi melalui media online. Dalam kasus tadi memang sebuah pilihan dalam fitur berbagi pengguna mematikan komentar, yang mana pengguna dengan bebas berbagi kontennya, namun jika itu berifat privasi maka dampak negatif yang akan ditimbulkan akan sangat berdampak bagi pengguna tersebut karena melakukan fitur berbagi yang hal tersebut padahal adalah privasinya. Dan akibatnya dampak negatif dari media sosial adalah menjauhkan orang-orang yang sudah dekat dan sebaliknya, interaksi secara tatap muka cenderung menurun, membuat orang-orang menjadi kecanduan terhadap internet, menimbulkan konflik, masalah privasi, rentan terhadap pengaruh buruk orang lain.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 60 + = 62