Pemanfaatan Software Autocad sebagai Alat Bantu Menggambar Konstruksi Bangunan



Autocad merupakan sebuah perangkat lunak (software) CAD atau Computer Aided Drafting and Design Program yang memiliki fungsi untuk menggambar atau mendesain sebuah objek, baik 2 dimensi ataupun 3 dimensi. Autocad merupakan salah satu software yang cukup populer dengan keunggulannya dalam mengembangkan produk-produknya. Software ini sering dimanfaatkan dalam bidang design grafis, arsitektur, sipil, mekanikal, engineering dan berbagai bidang pekerjaan lainnya yang berkaitan dengan desain objek-objek tertentu. 

Software ini diproduksi oleh Autodesk dimulai dari versi pertama 1.0 yang diluncurkan pada tahun 1982 hingga versi 24.0 pada tahun 2021. Seiring dengan perkembangan zaman, Autocad terus mengembangkan versi terbaru dengan fitur dan tools yang lebih lengkap. Dengan aplikasi ini hasil gambar Autocad memiliki kualitas yang tinggi dan dapat dibuat menyerupai bentuk aslinya. Bahkan juga dapat menyesuaikan ukuran hasil desain. Menggunakan Autocad, dapat menghasilkan gambar desain dengan ketepatan tinggi, mudah dan dengan waktu yang sangat efisien.

Aplikasi Autocad ini sangat membantu dalam urusan pembuatan gambar kerja. Waktu sebelum aplikasi ini populer di kalangan pekerjaan konstruksi, para pekerja hanya bisa membaca gambar melalui gambar kerja yang digambar menggunakan alat manual. Selain membutuhkan waktu yang lama, juga kurang jelas dalam pembacaanya dan terkadang membuat miss dalam perhitungan. Sekarang dengan adanya Autocad, semua pekerjaan konstruksi yang membutuhkan gambar kerja, misalkan konstruksi gedung bertingkat, rumah susun, jembatan dan lain-lain bisa memanfaatkan software tersebut untuk menyelesaikannya dengan waktu yang singkat dan tentunya minim kesalahan.  

Dalam penggunaannya, Autocad memiliki keunggulan dalam pengerjaan konstruksi, antara lain :

  1. Proses gambar dengan waktu singkat

Keunggulan pertama yang dimiliki oleh Autocad adalah aplikasi mampu digunakan untuk menggambar sebuah objek dalam waktun singkat. Jadi, jika kita yang setiap hari termasuk orang sibuk dan tidak selamanya memiliki waktu luang, bisa menggunakan Autocad sebagai software untuk mendesain gambar.

  • Memiliki tingkat akurasi yang tinggi

Keunggulan kedua dari penggunaan Autocad adalah dapat menggambar atau mendesain suatu objek dengan presisi yang pas. Selain itu, gambar yang dihasilkan dari Autocad juga memiliki tingkat akurasi yang tinggi dan bahkan bisa mendekati gambar aslinya.

  • Hasil gambar yang mudah didokumentasikan

Autocad dilengkapi dengan sebuah fitur yang akan memudahkan para penggunya ketika hendak mendokumentasikan hasil gambarnya. Fitur tersebut akan mempermudah proses plotting sehingga nanti gambar yang Anda buat bisa langsung disimpan di dalam sebuah folder dengan nama file atau folder yang diinginkan.

  • Memudahkan proses editing

Autocad juga merupakan aplikasi desain yang menawarkan kemudahan di dalam menjalankan proses editing.  Mungkin poin yang keempat ini menjadi salah satu alasan utama mengapa software yang satu ini banyak digunakan. Para pengguna tidak akan kesulitan ketika menjalankan proses editing yang mana mereka bisa mengedit gambar sesuai dengan keinginan mereka.

Akan tetapi, tidak hanya kelebihan saja yang dimiliki oleh software ini. Autocad juga memiliki kekurangan baik dari segi teknis maupun non teknis,

  1. Aplikasi ini menjadi lebih kompleks 
  2. Kebutuhan hardware yang lebih tinggi.
  3. Infrastruktur pendukungnya harus memadai, seperti penggunaan printer/plotter untuk mencetak gambar dalam ukuran yang besar.
  4. Software prabayar.
  5. Definisi database dan file database dari software tersebut rumit.
  6. Alur dari proses pekerjaan desain rumit karena software tersebut terbagi atas beberapa software lagi menurut bagian konstruksi mana yang akan dibuat.
  7. Software tersebut kurang familiar diantara para drafter dan desainer kapal, hanya orang yang pernah diberi pelatihan saja yang bisa, sementara pelatihan software tersebut sangat mahal.

Autocad sekarang ini sudah  mencapai versi ke 24.0, dan mungkin akan berkembang dengan seiringnya perkembangan teknologi. Dengan adanya software – software seperti ini bisa dimanfaatkan untuk menunjang kebutuhan kita, terutama dalam hal pekerjaan, didukung dengan perangkat atau fasilitas berupa tools yang lengkap Autocad dengan mudahnya dioperasikan dan dipergunakan sebagaimana proyek yang sedang dijalankan, namun disisi lain biaya untuk mendapatkannya bisa terbilang cukup mahal, jadi sedikit ada rasa canggung untuk memperolehnya. Akan tetapi, semua itu akan kembali pada teknologi yang sedang berkembang, era digitalisasi sudah merangkak masuk di negara kita, dan teknologi itu salah satunya adalah Autocad, software pembantu untuk menggambar suatu konstruksi dengan mudah, waktu efisien dan tentunya kualitas dengan hasil yang maksimum seperti yang diingkan.

Video Penjelasan

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 73 − = 65