Tantangan dan Peluang Artificial Intelligence dalam Mengubah Pembelajaran Biologi: Menuju Pendidikan yang Lebih Interaktif

Perkembangan teknologi, terutama munculnya kecerdasan buatan (AI), telah masuk pada berbagai komponen kehidupan manusia sekitar abad ke-21, dan telah mengubah paradigma pembelajaran (Zaenuddin, 2023). Kita mulai beralih dari cara konvensional yang terbatas pada ruang kelas dan buku ke zaman di mana pembelajaran dapat dilaksanakan di mana pun dan kapan pun sesuai dengan kebutuhan setiap orang. Hal ini tidak hanya revolusi teknologi tetapi termasuk transformasi filosofis dalam cara kita melihat pembelajaran.

Penerapan Artificial Intelligence dalam dunia pendidikan dimanfaatkan sebagai sekutu untuk meningkatkan pembelajaran. Pembelajaran biologi adalah salah satu bidang yang paling terdampak adanya penerapan AI. Terlepas dari fakta bahwa proses ini belum selesai, tetapi dalam pengembangan Artificial Intelligence harus dilaksanakan dengan hati-hati sehingga dapat menciptakan manfaat terbaik bagi generasi pendidik dan siswa di masa depan (Lestari, 2023).

Tantangan-Tantangan Artificial Intelligence dalam Dunia Pendidikan, antara lain:

1. Kompleksitas Materi Biologi

Pemahaman biologi sering melibatkan konsep-konsep kompleks yang sulit dipahami oleh kebanyakan siswa. Artificial Intelligence jika diterapkan dengan menggunakan cara visualisasi interaktif, dapat mendukung penyederhanaan dan penjelasan materi biologi yang kompleks.

2. Aksesibilitas Pendidikan yang Merata

Untuk bahan ajar yang membutuhkan platform pembelajaran digital, Artificial Intelligence dapat mendukung adanya kesamaan akses pendidikan.

3. Kurangnya Keterlibatan Siswa

Siswa mungkin tidak tertarik dengan cara pembelajaran konvensional karena kurang interaktif. Artificial Intelligence dapat memberikan cara pembelajaran yang lebih interaktif, seperti pembelajaran berbasis game atau simulasi, yang dapat mengembangkan tingkat keterlibatan siswa.

Potensi-Potensi AI dalam Pendidikan, antara lain:

1. Menyesuaikan Pembelajaran

Artificial Intelligence mempunyai potensi untuk menganalisis gaya belajar setiap individu dan menyesuaikan konten untuk setiap siswa. Hal ini memungkinkan cara pembelajaran yang lebih personal.

2. Desain Model Prediktif

Artificial Intelligence memungkinkan kita menciptakan model prediktif untuk memahami tren belajar siswa, menemukan tantangan, dan menyediakan bantuan atau sumber daya tambahan dengan segera.

3. Memanfaatkan Data Besar untuk Pemahaman yang Lebih Mendalam

Artificial Intelligence memungkinkan pengolahan data besar dari pembelajaran online, yang memungkinkan analisis mendalam tentang gaya belajar siswa, pemahaman masalah umum, dan penyesuaian kurikulum yang lebih baik.

Perubahan Menuju Pendidikan yang Lebih Interaktif

Saat ini, siswa dapat mempelajari biologi dengan cara yang lebih interaktif dan mendalam dengan platform pembelajaran yang didukung oleh Artificial Intelligence (Muhazaroh, 2023). Saat ini pembelajaran juga dapat diakses dari mana pun dan kapan pun. Artificial Intelligence mempunyai potensi besar sehingga perlu sikap hati-hati jika akan menerapkannya dalam sistem pendidikan. Untuk memastikan bahwa penggunaan Artificial Intelligence dalam pembelajaran biologi menghasilkan manfaat terbaik bagi siswa, dibutuhkan kerja sama antara pengembang teknologi, guru, dan kurikulum.

Dalam pembelajaran biologi, revolusi Artificial Intelligence bukan hanya sekadar menggantikan pendidik tetapi lebih pada memperkaya peran mereka. Hal ini berkaitan tentang menciptakan lingkungan di mana pendidik dapat mendukung siswa menemukan keajaiban ilmu biologi dan juga Artificial Intelligence menyediakan perangkat yang kuat untuk mendorong dan mengembangkan pengalaman belajar mereka. Oleh karena itu, kita menuju masa depan di mana biologi akan menjadi petualangan yang tak terhingga dan bukan lagi hanya pelajaran.

DAFTAR PUSTAKA

Lestari, N. H. (2023, Juni 8). Mengenal Peranan Penting Artificial Intelligence bagi Dunia Pendidikan. From tekno.tempo.co: https://tekno.tempo.co/read/1734972/mengenal-peranan-penting-artificial-intelligence-bagi-dunia-pendidikan

Muhazaroh, I. (2023). PEMANFAATAN MEDIA DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI DI ERA GLOBALISASI. Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2, 153–157. https://doi.org/10.58705/jpm.v2i1.116

Zaenuddin, M. (2023, Mei 3). Sejarah Artificial Intelligence dan Penerapannya dalam Dunia Nyata. From kompas.com: https://www.kompas.com/tren/image/2023/05/03/140000265/sejarah-artificial-intelligence-dan-penerapannya-dalam-dunia-nyata?page=2

Link YouTube: https://youtu.be/1u6cwsRJVNk?si=VJXxZV_ayZBwKGmC

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 68 = 70