Peluang dan Tantangan Berbisnis Menggunakan Marketplace Shopee

Shopee merupakan e-Commerce international yang pertama kali muncul pada awal tahun 2015 di Singapura sebagai mobile marketplace pertama di Asia Tenggara. Kemudian pada Desember 2015 Shopee mulai memasuki wilayah Indonesia dengan membuka store di Indonesia untuk memenuhi gaya hidup pria dan wanita yang beraneka ragam mulai dari produk fashion hingga produk untuk kebutuhan sehari – hari. Shopee memfasilitasi penjual untuk berjualan atau berbisnis dengan mudah dan juga membekali pembeli dengan proses pembayaran yang aman serta pengaturan logistic yang terintegrasi.  Marketplace ini sangat dikenal dan disukai banyak orang khususnya masyarakat Indonesia, marketplace yang sekarang memiliki julukan “toko oren” ini tentu saja memiliki banyak peluang ketika ingin memulai berbisnis. Tidak sulit ketika kita ingin memulai berbisnis jika kita tekun dalam menjalaninya. Selain peluang yang sangat besar tentu saja Shopee juga memiliki tantangan bagi pebisnis yang memiliki usaha. Mau tahu apa saja peluang dan juga tantangannya? Simak penjelasan di bawah ini yaa…

Peluang berbisnis di Shopee ini sangat besar, tentunya dikarenakan banyak fitur di Shopee yang dapat menarik minat pembeli, seperti :

  1. Shopee menyediakan diskon untuk beberapa barang. Diskon tersebut bisa  dalam bentuk kupon potongan harga maupun cashback yang dapat menarik banyak pembeli untuk membeli produk di Shopee.
  2. Shopee menyediakan gratis ongkir yang tentu saja sangat menarik minat pembeli untuk berbelanja online di Shopee. Dengan memberikan voucher yang bermacam – macam terhadap pembelian suatu produk di Shopee maka akan mempengaruhi pelanggan untuk menggunkan platform Shopee sebagai aplikasi belanja yang sering digunakan.
  3. Shopee menawarkan fitur toko online bagi yang ingin membuka toko dan memasaran produk / jasa di Shopee.
  4. Shopee memiliki startegi promosi seperti memasang iklan melalui Instagram official yang didalamnya terdapat informasi promo Shopee yang sedang berlaku, contohnya Shopee 12.12 birthday sale, Shopee big ramadhan sale, dan sebagainya.
  5. Shopee memiliki Brand Ambassador yang biasa ditampilkan oleh artis besar atau artis hits seperti grup band Blackpink yang tentunya bagus untuk pemasaran produk. Brand Ambassador adalah ikon budaya atau identitas dimana mereka bertindak sebagai alat pemasaran yang mewakili pencapaian individualisme, ketenaran manusia, dan juga pemasaran suatu produk.
  6. Shopee memiliki fitur chat langsung yang bermanfaat bagi penjual dan pembeli khusunya dalam berbisnis fashion.
  7. Shopee mengadakan giveaway yang salah satu tujuan atau manfaatnya yaitu lebih dikenal oleh masyarakat luas dan mengundang minat untuk mengikuti giveaway.
  8. Shopee dapat mempromosikan produk yang akan dijual dengan tersdianya fitur “menaikkan produk” pada posisi paling atas yang tujuannya untuk memprioritaskan produk anda dari marketplace lain sehingga mudah  dijangkau oleh pembeli nantinya.
  9. Shopee dapat mengupload gambar produk sebanyak mungkin, maka tentu saja pembeli bisa melihat secara detail produk yang ingin dibeli tanpa harus bertanya – tanya kepada penjual. Untuk membangun kepercayaan konsumen tentu saja foto produk tersebut harus gambar asli dari produk tersebut.

Selain banyaknya peluang bisnis yang ada di Shopee tentu saja para pebisnis atau penjual harus tahu tantangan apa saja yang akan mereka dapat ketika memulai berbisnis pada produk yang akan mereka jual di toko oren ini. Beberapa tantangan yang akan dihadapi, yaitu :

  1. Tidak tahu atau kurang inovatif dalam membuat gambar produk yang menarik banyak konsumen.
  2. Bingung untuk menangani orderan yang masuk dan cara mengirimkannya.
  3. Persaingan yang sangat besar, dikarenakan produk yang akan dijual pasti akan ada pula orang lain yang menjualnya.
  4. Adanya fitur pengembalian produk yang berisiko orang – orang akan sengaja  mengembalikan barang dengan berbagai macam alasan yang tentunya akan terjadi kerugian.

Dengan adanya tantangan tersebut, maka adapun langkah yang bisa dilakukan agar penjualan produk di Shopee dapat menarik minat pembeli, seperti :

  • Riset market sebelum menjual produk.
  • Mengurangi keuntungan untuk mendapat rating penjualan.
  • Mengikuti fitur gratis ongkir dari Shopee.
  • Perbanyak follower di akun toko Shopee.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.