ERA DIGITAL BERDAMPAK TERHADAP PENDIDIKAN

Dengan perkembangan teknologi saat ini, adalah hal yang tidak bisa dihindari, dimana teknologi digital sudah merambah keseluruh aspek kehidupan manusia termasuk aspek pendidikan. Arus informasi yang deras di era digital memang tidak bisa dihindari karena sudah saatnya kita harus mengalami perubahan.

Dengan adanya percepatan informasi ini maka seharusnya bisa mempermudah pendidikan. Namun yang terjadi tidaklah demikian, derasnya informasi ternyata tidak selalu berdampak positif. Dampak positif dan negatif adalah sesuatu yang pasti dalam setiap hal, termasuk dengan teknologi informasi yang maju di era digital ini. Disamping adanya kemajuan teknologi  informasi ternyata dibalik itu adapula beberapa dampak negatif  yang ditimbulkan pada dunia pendidikan, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Membuat Sebagian Siswa Tidak Fokus

Banyaknya informasi yang menarik yang didapatkan oleh siswa melalui internet membuat sebagian siswa terkadang tidak fokus lagi dalam belajar di kelas.Meskipun sedang belajar di kelas, tetapi pikirannya di dunia maya atau media sosial yang dimilikinya,apalagi bagi siswa yang diberikan kebebasan oleh orang tuanya dalam hal penggunaan media berupa HP.

2. Siswa Lebih Suka Game Online

Maraknya game online yang sangat mudah diperoleh melalui teknologi digital saat ini, dapat mempengaruhi siswa dalam belajar, apalagi bagi siswa yang memang memiliki hobi bermain game.Maka hal yang tidak bisa dihindari dimana siswa-siswa ini akan lebih suka bermain game online dibandingkan mereka harus mengikuti pelajaran di kelas bersama  guru nya dengan sungguh – sungguh.

3. Menurunkan Minat Belajar Siswa.

Seperti yang sudah dibahas diatas, bahwa banyaknya informasi menarik melalui teknologi digital membuat siswa menjadi malasbelajar. Mereka lebih suka menjelajahi dunia mayanya dengan berbagai informasi menarik yang disajikan,apalagi masa pandemic saat ini,dimana waktu mereka di rumah lebih banyak diisi dengan kegiatan yang berhubungan dengan dunia maya atau digital.

Itulah beberapa dampak negatif teknologi terhadap dunia pendidikan, dimana yang menjadi korban langsung dari derasnya arus informasi adalah siswa.maka sangat diharapkan agar semua pihak harus ikut mengontrol arus informasi yang diterima siswa agar siswa bisa kembali menerima pendidikan dengan baik dan benar sesuai dengan yang diharapkan.

LINK YOUTUBE: https://youtu.be/SZ8VChiK22E

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 63 − = 53