PENGAPLIKASIAN DANA SEBAGAI DOMPET DIGITAL MULTIFUNGSI

Pada era perkembangan teknologi saat ini, masyarakat di Indonesia beralih menjadi cashless society, yang dapat diartikan dengan kondisi dimana masyarakat melakukan transaksi tanpa menggunakan uang tunai, melainkan menggunakan uang elektronik atau kartu atm dan debit. Uang elektonik sendiri terbagi menjadi dua berdasarkan media penyimpanannya, diantaranya: uang elektronik chip/chard base (E-money, Brizzi, tapcash, flazz. dsb) dan served base (Ovo, gopay, linkaja, dana, dsb). Penerapan transaksi secara cashless memberikan banyak keuntungan, salah satunya adalah proses pembayarannya yang lebih aman dan terhindar dari penipuan uang palsu, praktis karena kita tidak perlu membawa uang cash dan tidak perlu mencari kembalian, transaksi yang efisien atau berlangsung secara singkat dan simple, dan yang paling penting kita bisa melihat riwayat pengeluaran kita.

Salah satu aplikasi yang banyak digunakan masyarakat saat ini adalah DANA. DANA merupakan sebuah aplikasi dompet digital atau e-wallet yang dapat memungkinkan kita semua melakukan transaksi nontunai secara cepat, efektif, dan pastinya aman. Aplikasi DANA terdaftar sebagai PT. Espay Debit Indonesia Koe yang dibentuk oleh Emtek Group dan Ant Finansial dan pertama kali diluncurkan pada tahun 2018. Dan terhitung di awal tahun 2022, pengguna DANA telah mencapai 100 juta pengguna. DANA merupakan salah satu e-wallet yang berada pada 5 besar aplikasi dompet digital terbaik di Indonesia berdasarkan analisis data App Annie.

Aplikasi DANA dapat diakses melalui smartphone, seperti apple atau android. Selain itu, pengguna juga dapat menghubungkan dana dengan rekening tabungan dan kartu kredit. Akun DANA terbagi menjadi dua macam, yaitu akun regular dan premium, yang mana akun premium menawarkan keuntungan lebih apabila dibandingan dengan akun regular.

 Proses regestrasi akun DANA baik akun reguler dan premium tidak memiliki banyak perbedaan, yang dibutuhkan adalah:

  1. Aplikasi DANA yang telah diunduh di smartphone
  2. Nomor hp yang aktif
  3. Foto pengguna
  4. Dan menyiapkan 6 digit PIN untuk keamanan.

Dan untuk meng-upgrade ke akun premium kita hanya perlu e-ktp dan selfie wajah kita, dan yang paling penting saat meng-upgrade kita tidak perlu mengeluarkan biaya lebih.

DANA menyediakan berbagai macam fitur yang memudahkan kehidupan dan transaksi sehari-hari. Mulai dari pembayaran secara nontunai, transfer saldo antar pengguna, transfer saldo ke dompet digital yang berbeda, pembelian pulsa, pembelian listrik, pembayaran tagihan rumah tangga, cicilan kaertu kredit, hingga dapat digunakan sebagai tabungan untuk hal-hal yang mendesak.  Selain itu dana juga memiliki banyak promo seperti diskon dan cashback yang menguntungkan pengguna.

DANA memiliki fitur yang memudahkan dan menguntungkan, diantaranya:

  1. Fitur scan QR Code untuk melakukan pembayaran.
  2. Fitur send and receive uang yang mudah dilakukan.
  3. Fitur isi saldo dan menarik saldo dengan mitra offline (alfamart, alfamidi, Dan+Dan, dan sebagainya).
  4. Fitur jual beli emas yang bisa dimanfaatkan untuk berinvestasi tanpa harus ke toko emas lagi. .
  5. Fitur sembunyikan saldo .

Kelebihan DANA sebagai e-wallet, diantaranya :

  1. Proses regestrasi baik akun premium dan reguler gratis (tanpa dipungut biaya).
  2. Minimal isi saldo Rp 10.000.
  3. Transfer sesama pengguna hanya menggunakan nomor pengguna lain yang telah terdaftar ke DANA.
  4. Garansi uang Kembali dengan DANA protection, apabila terjadi kesalahan jaringan atau kesalahan lain.
  5. Mendapat banyak voucher hingga 50% untuk pembayaran tagihan listri, telepon, internet, asuransi, dsb.
  6. Dapat transfer ke berbagai dompet digital lain dengan cepat,
  7. Dapat melakukan transaksi belanja online di online marketplace Indonesia, TIX ID, Cinema XXI, Alfamart, BPJS, dsb.

Kekurangan DANA sebagai e-wallet, diantaranya:

  1. Masih belum menjangkau usaha-usaha kecil, seperti pedagang kaki lima.
  2. Merchant dan toko yang bekerjasama dengan DANA juga masih terbatas.

Dengan adanya dompet digital seperti DANA ini, diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan secara maksimal semua fitur yang diberikan di aplikasi agar memudahkan kehidupan kita sehari-harinya.

https://youtu.be/ytgjU15edpA

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 + 2 =