Fitur “People Nearby” Line Mempermudah Mencari Teman Baru

Jurusan Kepelatihan Olahraga
Fakultas Ilmu Keolahragaan
Universitas Negeri Semarang

Abstrak

Di era zaman sekarang saat ini, sangat peka dengan eksitensi jejaring sosial yang digunakan. Pemanfaatan aplikasi dengan judul “Fitur People Nearby Line Mempermudah Mencari Teman” untuk memanfaatkan sebuah fitur yang berada disebuah platfrom Line diharapkan agar dapat mempermudah pengguna untuk menambah relasi dalam lingkup teman yang lebih luas tanpa ada batasan ruang. Pada umumnya fitur Line People Nearby ini hanya untuk memudahkan pengguna mencari teman dekat disekitar sesuai dengan lokasi sedang berada. Metode yang digunakan dalam pembuatan artikel ini memanfaatkam media sosial Line yang diimplementasikan pengguna dalam memanfaatkan sebuah fitur yang berada disebuah platfrom Line untuk pencari teman

Kata kunci : Line, People Nearby, Teman, Platfrom

Abstrack

In today’s era, it is very sensitive to the existence of social networks that are used. Utilization of an application with the title “People Nearby Line Feature Makes It Easier to Find Friends” to take advantage of a feature that is in a Line platform is expected to make it easier for users to add relationships within a wider range of friends without any space restrictions. In general, the Line People Nearby feature is only to make it easier for users to find close friends around according to their current location. The method used in making this article takes advantage of Line social media which is implemented by users in utilizing a feature that is in a Line platform for finding friends.

Key words : Line, People Nearby, Friends, Platfrom

PENDAHULUAN

Di era zaman sekarang, tidak dapat dihindari lagi bahwa kehidupan manusia sangat erat kaitannya dengan media sosial. Media sosial memainkan peran penting di hampir semua kelas sosial. Mulai dari berkirim pesan dengan teman hingga berbagi informasi hingga mencari informasi yang sedang ramai menjadi perbincangkan di masyarakat. Maka tidak heran jika ada yang mengatakan bahwa jejaring sosial sudah menjadi salah satu kebutuhan utama semua orang.

Pesatnya perkembangan teknologi informasi sangat mempengaruhi pada perilaku informasi. Kebutuhan akan informasi yang lebih mudah dijangkau, murah dan mempunyai relevansi merupakan mutu dalam informasi yang baik. Demikian, hal ini juga disampaikan Budi Sutedjo Darma Oetomo. Sehingga media menjadi hal penting yang dibutuhkan oleh informan agar informasi yang disajikan berkualitas diterima sesuai dengan mutu yang didapatkan pengguna.

Kehadiran media sosial di tengah masyarakat era kini telah memberikan manfaat yang sangat besar. Media sosial sangat bermanfaat dalam menghapus jarak antar manusia, sehingga sangat efektif untuk mempersingkat waktu dalam berkomunikasi. Media sosial dapat dipahami sebagai suatu platform digital yang menawarkan setiap penggunanya kesempatan untuk terlibat dalam kegiatan sosial. Beberapa aktivitas kegiatan yang dapat dilakukan di media sosial adalah berkomunikasi atau berinteraksi untuk memberikan informasi berupa tulisan, foto, dan video. Berbagai informasi konten yang dibagikan dapat diakses oleh semua pengguna selama 24 jam penuh.

Sosial media adalah sebuah media untuk bersosialisasi satu sama lain dan dilakukan secara online yang memungkinkan manusia untuk saling berinteraksi tanpa dibatasi ruang dan waktu. Sosial media meghapus batasan-batasan manusia untuk bersosialisasi, batasan ruang maupun waktu, dengan media sosial ini manusia dimungkinkan untuk berkomunikasi satu sama lain dimanapun mereka bereda dan kapanpun, tidak peduli seberapa jauh jarak mereka, dan ttidak peduli siang atau pun malam. Sosial media memiliki dampak besar pada kehidupan kita saat ini.  Apabila kita dapat memnfaatkan media sosial, banyak sekali manfaat yang dapat diambil, sebagai media pemasaran, dagang, mencari koneksi, memperluas pertemanan, dan lain-lain.

Saat ini, kita hidup di era teknologi yang canggih. Kemajuan teknologi memudahkan berbagai kegiatan dalam hidup, mulai dari akses informasi hingga komunikasi. Munculnya media sosial juga jadi memudahkan kita untuk mencari teman di internet. Tentu menyenangkan sekali bisa punya teman dari berbagai penjuru dunia. Dari sekian banyak platfrom media sosial, pengguna aplikasi “Line” menjadi satu sarana komunikasi yang sering dipakai oleh kalangan anak muda di era milenial ini. Sejak pertama kali hadir di Indonesia pada tahun 2013, tak kurang dari 90 juta netizen Indonesia merupakan pengguna platfrom media asal Jepang ini. Dari angka tersebut, sebanyak 80 persen di antaranya (72 juta) merupakan pengguna aktif bulanan alias Monthly Active Users (MAU). Sementara itu, dari 72 juta pengguna aktif tersebut, 55 persennya merupakan pengguna wanita dan 45 persen merupakan pengguna pria. Kemudian dari segi usia, statistik menunjukkan pengguna LINE didominasi oleh usia 18 hingga 22 tahun dengan persentase sebesar 41 persen. Disusul usia 23-32 tahun dengan persentase sebesar 21 persen.

Line merupakan  platfrom media sosial yang memiliki jumlah pengguna sangat banyak sekali. Dari waktu ke waktu, Line juga terus memberikan tambahan fitur yang sangat bermanfaat bagi pengguna mempermudah mencari teman baru. Fitur “People Nearby” dihadirkan menyusul fitur sebelumnya yang dianggap cukup diminati yaitu LINE Alumni yang dapat dimanfaatkan para pengguna untuk dapat berhubungan kembali dengan teman sekolah mereka. Namun, berbeda dengan fitur tersebut, People Nearby dapat mendekatkan jarak para pengguna yang ada di sekitar lokasi. People Nearby dirancang untuk memungkinkan para pengguna menemukan dan berhubungan dengan teman baru berdasarkan lokasi pengguna. Ketika fitur ini pada Line dinyalakan, maka pengguna dapat melihat sederet daftar pengguna hingga 100 orang yang mengaktifkan fitur ini bersamaan bahkan meski bukan merupakan teman LINE yang terdaftar sebelumnya.

  People Nearby Ini merupakan fitur  yang diberikan oleh Line dengan tujuan untuk bisa menemukan pengguna Line lainnya yang berada dalam jangkauan smartphone Anda. Saat mengaktifkan fitur ini, maka secara otomatis akan terlihat orang-orang yang berada di jangkauan smartphone Anda.

Kemudian di dalam menu fitur ini, kita bisa melihat foto profil yang digunakan oleh orang yang berada dalam jangkauan Kita. Dengan itu maka Kita bisa mencari teman baru atau juga mencari pasangan. Karena bisa melihat foto profil secara langsung tanpa perlu berteman dulu. Tetapi jika Kita ingin memulai chatting dengan orang lain, maka harus menambahkan mereka ke dalam daftar teman. Jadi Kita akan mengirimkan permintaan pertemanan kepada mereka. Tapi untuk bisa chatting, mereka juga harus menerima permintaan pertemanan yang Kita kirimkan.

Jika mereka tidak menerima permintaan pertemanan Kita maka Kita tidak akan bisa memulai pembicaraan dengan mereka. Saat Kita mengaktifkan fitur People Nearby, maka orang lain juga bisa menemukan Kita karena berada dalam jangkauan mereka. Untuk bisa menggunakan fitur yang satu ini, Kita wajib menyalakan GPS yang ada pada smartphone. Karena tanpa mengaktifkan GPS, Aplikasi Line tidak bisa melakukan pelacakan siapa saja yang berada di dekat Kita. Memang penting sekali mengetahui cara menggunakan People Nearby Line. Jika tidak tahu caranya, maka Kita tidak bisa menggunakan fitur ini sama sekali. Dengan mengetahui caranya, Kita juga bisa memanfaatkan Aplikasi ini dengan bijak.

Jika Kita ingin menggunakan fitur Line People Nearby ini, terdapat Langkah-langkah dibawah ini, berikut ini beberapa cara menggunakan fitur Line People Nearby :

  1. Mengaktifkan Line People Nearby
    • Pertama yang harus kita lakukan adalah membuka aplikasi Line yang telah kita download di smartphone kita.
    • Ketika sudah berada di halaman pertama aplikasi Line, carilah menu “Beranda” yang terletak dibawah sisi kiri layar.
    • Jika anda sudah berada dihalaman tampilan berada aplikasi Line, pilih menu “lainnya” lalu pilih symbol “+ Tambah”
    • Kemudian scroll layar handphone Kita kebawah, carilah fitur “People Nearby” ketuk ikon “+” pada bagian kanan fitur
    • Lalu “Simpan” untuk menambahkan fitur Line People Nearby
    • Berikan persetujuan jika Aplikasi Line meminta izin untuk mengaktifkan GPS smartphone anda. Sebab jika tidak mengaktifkan GPS, Anda tidak akan bisa menggunakan fitur People Nearby ini.
    • Selanjutnya Anda akan melihat sebuah halaman baru dari Line. Isi dari halaman ini adalah daftar para pengguna Line yang berada dekat dengan lokasi Anda.
  2. Cara Menambahkan Teman Melalui People Nearby
    • Masuklah ke dalam fitur People Nearby yang sudah diaktifkan tadi
    • Kemudian Ketika berada didalam fitur People Nearby, anda bisa melihat ada banyak pengguna Line disekitar anda. Anda dapat melihat nama beserta foto profil yang digunakan dan juga jarak mereka dengan lokasi anda
    • Untuk melakukan komunikasi dengan pengguna Line di sekitar pilih pada foto profil mereka
    • Setelah menekan pada foto profil yang anda pilih, akan muncul sebuah tombol untuk mengirimkan “permintaan pertemanan”  atau “ Friend Request”.
    • Tekan pada tombol tersebut dan  permintaan pertemanan anda akan terkirim ke mereka
    • Kemudian menunggu sampai orang tersebut menerima permintaan pertemanan anda
  3. Cara Melihat Permintaan Pertemanan
    • Setelah mengikuti beberapa cara sebelumnya
    • Selanjutnya jika mereka menerima permintaan pertemanan tersebut
    • Kembali pada menu pilihan awal “Beranda” dalam menu “Beranda” tersebut ada pilihan menu diatas gambar foto profil anda sebelah menu pengaturan dan bersebelahan dengan “Lonceng” notifikasi
    • Pilih tanda symbol orang dan tanda “+” lalu anda dapat melihat orang yang menerima permintaan pertemanan anda atau orang yang ingin menambah permintaan pertemanan kepada anda.
    • Jika ingin melihat siapa saja yang sudah dikirimi permintaan pertemanan, bisa menekan tombol “Terkirim”. Lalu untuk melihat siapa saja yang mengirimi permintaan pertemanan kepada Anda, tekan tulisan “Diterima”.
    • Ketika sudah mendapat persetujuan dari mereka kemudian kita dapat melakukan “Obrolan” atau “Chatting” dengan orang tersebut

Jika dengan beberapa cara diatas anda belum dapat memahami, terdapat tutorial mengaktifkan Line People Nearby dengan video tutorial berikut link youtube tutorial video tersebut.

Link Youtube : https://youtu.be/qkciRqEa7oI

Kesimpulan

Kehadiran fitur People Nearby Line ini memang sangat memudahkan untuk mencari teman, tetapi tentunya untuk bisa menikmati fitur itu, Anda harus tahu cara menggunakan People Nearby Line. Setelah tahu caranya, Anda bisa memanfaatkan fitur itu untuk banyak hal.

DAFTAR PUSTAKA

(A. Fauzan et al., 2017; Fakhri et al., 2019; Satria, 2018; Shih et al., 2015; Toch & Levi, 2013)A. Fauzan, I. Riadi, & A. Fadlil. (2017). Analisis Forensik Digital Pada Line Messenger Untuk Penanganan Cybercrime. Annual Research Seminar (ARS), 2(1), 159–163.

Fakhri, S. Al, Lutfi, H. U., Wardana, W. K., & … (2019). Aplikasi Chatbot Informasi Kampus Polban Menggunakan Aplikasi LINE Messenger. Prosiding Industrial …, 302–313. https://jurnal.polban.ac.id/proceeding/article/view/1403

Satria, H. W. (2018). Studi Observasi terhadap Penggunaan Aplikasi LINE oleh Generasi Millenial Jurnal Sosial Humaniora Terapan. Jurnal Sosial Humaniora Terapan, 1(1), 32–40.

Shih, R.-C., Lee, C., & Cheng, T.-F. (2015). Effects of English Spelling Learning Experience through a Mobile LINE APP for College Students. Procedia – Social and Behavioral Sciences, 174, 2634–2638. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.945

Toch, E., & Levi, I. (2013). Locality and privacy in people-nearby applications. UbiComp 2013 – Proceedings of the 2013 ACM International Joint Conference on Pervasive and Ubiquitous Computing, 539–548. https://doi.org/10.1145/2493432.2493485






          
        

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 1 = 3