Kepoin Twitter Yuk!

Berkembangnya teknologi telekomunikasi dari tahun ke tahun, terkhususnya teknologi telfon seluler. Media sosial/jejaring sosial sebagai media berkomunikasi antar masyarakat untuk berinteraksi secara tidak langsung dengan telepon seluler sesuai dengan kebutuhan.

Siapa sih yang tidak tahu media sosial yang kini menjadi trending topik. Twitter namanya, twitter merupakan jajaring sosial yang dapat memungkinkan para pengguna untuk mengirim dan membaca pesan teks hingga 280 karakter. Sejak diluncurkan pada bulan juli, twitter sudah menjadi salah satu dari sepuluh situs yang paling sering dikunjungi di internet. Twitter dikenal dengan logo burung birunya yang bernama “Twitter Bird” atau nama pendeknya adalah twitter.

Fitur-fitur yang terdapat pada platform twitter sangat banyak dan tidak mungkin saya review semuanya, tapi ada 5 fitur twitter yang mungkin jarang digunakan namun jika diketahui lebih lanjut maka fungsinya bisa membuat kalian menyesal kenapa selama menggunakan twitter belum pernah memanfaatkan kelima fitur ini.

Pertama yaitu fitur lists, fitur ini bisa membuat pengguna merasa memiliki banyak timeline sekaligus dalam satu akun, bedanya nih dengan menggunakan lists ini pengguna tetap bisa memantau pergerakan twit tanpa harus mem-follow akun lain lhoo.., dengan menggunakan lists ini pengguna bisa mengelompokkan isi timeline sesuai dengan keinginan seperti, timeline khusus temen dekat, timeline khusus teman kampus, dan lain sebagainya. Jadi, timeline utama pengguna akan tetap rapi tanpa khawatir feeds timeline menjadi terganggu.  

Kedua, fitur bookmarks, pernahkan kalian khawatir twit dari seseorang apa twit dari akun yang mungkin disukai tenggelam atau terkubur oleh twit-twit yang terbaru karena kita tidak sempat membuka. Nah, denga adanya bookmarks ini kalian bisa bookmarks twit yang ingin kalian simpan.

Ketiga, fitur tweet activity, fitur ini pas banget buat kalian yang kepo atau pingin tahu siapa saja yang stalk akun twitter kalian. Tweet activity memunginkan kalian untuk tahu berapa jumlah keseluruhan impresi dan interaksi maupun keterlibatan pemilik akun twitter lain terhadap twit kalian. Contoh, kalian bisa tahu nih berapa orang yang mengklik gambar atau video yang telah kalian unggah, berapa like yang diberikan, berapa orang yang mengklik link yang kalian bagikan, dan kalian bisa tahu juga berapa jumlah orang yang retweet, dan share, serta termasuk sampai berapa orang yang ngepoin profil akun kalian.

Keempat, fitur polling, fitur ini pas banget buat kalian yang suka melakukan riset tentang suatu hal dengan cara kalian mengajukan pertanyaan disertai pilihan jawaban seperti pilihan ganda pas lagi ujian gitu. Jadi pengguna akun yang menjadi sasaran untuk memberikan jawaban atau opini dengan pertanyaan riset kalian dapat menjawab tidak jauh dengan lingkup jawaban yang kalian inginkan, sehingga dapat mempermudah kalian melakukan riset.

Kelima, fitur box sarching atau kotak pencarian, kotak pencarian tidak hanya digunakan sebatas untuk mancari akun pengguna lain lhoo atau pingin tahu hashtag apa yang menjadi trending, tapi bisa kalian gunakan untuk mencari twit lama dari akun orang lain. Caranya gampang sekali hanya dengan mengetikkan (from:akun since:tttt-bb-hh until:tttt-bb-hh) dengan tttt(tahun), bb(bulan), hh(hari). Maka dengan format tersebut kalian dapat mencari dan mengetahui twit pengguna lain dengan jangka waktu yang kalian inginkan.

Tadi adalah 5 fitur yang dipilih dari banyaknya fitur twitter yang lain, berikutnya akan dibahas apa saja kelebihan dan kekurang dari si twitter ini sih.

Kelebihan dari twitter apa saja ya? , tampilan minimalis dan simple menjadi daya tarik tersendiri bagi para pemilik akun. Berbeda dengan facebook yang banyak fiturnya, nah twitter ini memfokuskan fungsi komunikasi daripada media sosial lainnya. Berikutnya, kalian dapat dengan bebas mengganti background sesuai dengan suasana hati kalian, dengan begitu kalian tidak mudah  bosan saat membuka platform twitter, nah kelebihan ini merupakan salah satu ciri khas dari twitter itu sendiri. Pendaftaran yang mudah pasti kalian merasakan lah.. mendaftar akun di twitter nggak ribet seperti mendaftar akun di jejaring sosial yang lain ya kan, hal ini lah juga menjadi kelebihan dari twitter. Kelebihan lainnya yaitu fitur trending topik dimana kalian dapat update berita terkini, biasanya ditandai dengan hashtag (#) dengan begitu kalian tidak ketinggalan informasi update.

Setelah kelebihan, berikut ini adalah kekurangan dari media sosial twitter yaitu susah dipahami fitur-fitur yang ada di twitter terutama untuk pemilik akun yang baru mendaftar, dikarenakan banyak istilah-istilah asing seperti retweet, favorite, mention, dan lain sebagainya. Tidak ada hiburan, berbeda dengan facebook yang menyediakan layanan hiburan seperti game online, nah di twitter tidak disediakan fitur tersebut yaa karena twitter hanya mementingkan fungsi sebagai media komunikasi saja. Menyebar dan mudah meluasnya akun twitter palsu, hal ini dapat meresahkan pengguna twitter yang lain.

Itulah sedikit yang saya review tentang twitter, semoga bermanfaat dan dapat menjawab rasa penasaran kalian dengan media sosial twitter yang unik ini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *