GOPAY SEBAGAI DOMPET DIGITAL TERPOPULER DI INDONESIA


GOPAY SEBAGAI DOMPET DIGITAL TERPOPULER DI INDONESIA
Memasuki abad ke-21 revolusi industri 4.0. yaitu penggunaan computer dan teknologi dengan masyarakat informasi. Perkembangan teknologi yang begitu pesat membuat sistem pembayaran non tunai semakin menarik karena, memudahkan semua pembayaran yang hanya dilakukan melalui ponsel dimana saja dan kapan saja. Menurut Peraturan Bank Indonesia Nomor 18/40/PBI/2016 pasal 1 ayat 7 “Dompet elektronik atau e-wallet adalah layanan elektronik untuk menyimpan data instrumen pembayaran antara lain alat pembayaran dengan menggunakan kartu dan/atau uang elektronik, yang dapat juga menampung dana, dan untuk melakukan pembayaran”. Pembayaran non tunai ini menggunakan teknologi yang bernama dompet digital. Apa itu dompet digital? Dompet digital adalah layanan elektronik untuk menyimpan data alat pembayaran yaitu berupa pembayaran dengan kartu dan/atau uang elektronik yang digunakan untuk menerima dana untuk melakukan pembayaran (Auliya, 2018). Dompet digital atau juga dikenal dengan dompet elektronik adalah metode penyimpanan uang seperti dompet tetapi dalam bentuk elektronik. Dengan memfasilitasi pengguna untuk melakukan transaksi dan pembayaran secara online hanya dengan menggunakan internet. Salah satu manfaat kemajuan teknologi yang dirasakan adalah kemudahan dalam melakukan berbagai jenis transaksi online tanpa harus khawatir keluar rumah. Salah satu pendukung transaksi online adalah tersedianya dompet digital yang dapat dengan mudah digunakan. Sebagai salah satu dompet digital tersukses di Indonesia, Gojek yang menawarkan fitur GOPAY.

GOPAY – GO-JEK
GoPay adalah uang elektronik yang dapat digunakan untuk pembayaran dan transaksi keuangan melalui aplikasi Gojek. Gopay merupakan salah satu layanan dompet digital terpopuler di Indonesia yang pertama kali diluncurkan oleh perusahaan transportasi online bernama Gojek. Perusahaan ini didirikan pada Oktober 2010 oleh Nadiem Makarim dan Michaelangelo Moran. Kadence International Indonesia meluncurkan survei terbaru berjudul “Perilaku Pengguna dan Penggunaan Pembayaran Digital dan Layanan Keuangan di Indonesia”. Survei dilakukan pada Juli 2021 dan mengikutsertakan 1.000 responden melalui survei online di beberapa kota besar Indonesia, yaitu di wilayah metropolitan Jakarta, Bandung, Surabaya, Makassar, Medan, dan Palembang. Pengguna Gopay aktif 64%, transaksi pemesanan bahan makanan online gopay mendapatkan persentase 75%. Seiring waktu, Gojek akhirnya memperluas potensi Gopay dan menjadikannya salah satu dompet digital tersukses di Indonesia. Hampir semua transaksi yang ada bisa melakukan pembayaran dengan Gopay. Sistem isi ulang dompet juga sangat sederhana dan hanya dikenakan biaya transaksi sebesar Rp1.000 untuk setiap pengisian ulang e-wallet Anda.
Fitur Gopay

  1. Bayar: Melakukan transfer saldo GoPay ke sesama pengguna aplikasi Gojek dan ke bank,
    juga untuk melakukan pembayaran di Rekan Usaha GoPay atau toko online.
  2. Top Up: Isi saldo (top up) GoPay dengan BCA OneKlik dan melihat cara lainnya untuk isi saldo GoPay.
  3. Eksplor: Melihat GoPay Feed serta melihat fitur-fitur GoPay lainnya.
  4. Minta: Menampilkan kode QR GoPay untuk menerima transfer dari pengguna lain atau
    meminta saldo GoPay secara langsung dari kontak.
  5. PayLater: Mengaktifkan layanan PayLater, melihat riwayat transaksi, melihat dan membayar tagihan, serta mendapatkan segala informasi mengenai PayLater.
  6. Riwayat: Melihat riwayat transaksi GoPay.
  7. Bantuan: Melihat berbagai informasi dan solusi tentang GoPay.
  8. Pengaturan: Melihat status upgrade akun GoPay ke GoPay Plus, Mengatur fitur Sidik Jari/Face ID untuk pembayaran, Mengatur metode pembayaran dan kartu debit, Mengatur PIN GoPay, Mengatur aplikasi yang terhubung dengan GoPay, Melihat informasi tentang ketentuan layanan GoPay
  9. Tarik Tunai: Melakukan tarik tunai tanpa kartu melalui ATM BCA menggunakan saldo GoPay.
  10. Plus: Upgrade akun GoPay menjadi GoPay Plus dan memantau status upgrade. Terakhir GoTagihan: Menggunakan layanan GoTagihan.
    Demikian penjelasan terkait Gopay semoga bermanfaat

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Captcha 66 − 56 =