Kahoot! Cara Belajar Asik di Zaman Modern

Hallo guys!!

Di Post kali ini saya akan membahas tentang cara belajar yang asik menggunakan Kahoot!. Di zaman modern yang serba canggih ini belajar tidak hanya menggunakan buku tetapi juga bisa menggunakan internet seperti belajar sambil bermain di Kahoot!.

Nah apa itu “Kahoot!”?

Kahoot! adalah sebuah website di internet yang dapat menghadirkan permainan berbasis platform pembelajaran gratis, sebagai teknologi pendidikan. Kahoot! diluncurkan pada Agustus 2013 dari Norwegia, dan sekarang dimainkan oleh lebih dari 50 juta orang di 180 negara. Kahoot! ini dirancang untuk dapat diakses untuk ruang kelas dan lingkungan belajar lainnya di seluruh dunia serta tidak membatasi tingkat usia pengguna. Namun bermain kuis di Kahoot! memerlukan koneksi internet sebagai syarat utamanya. Karena kuis di Kahoot! hanya bisa dimainkan secara online. Nah kuis pada Kahoot! tidak hanya dapat dimainkan melalui PC, tetapi bisa dengan smartphone juga. Dengan bermain Kahoot! pembelajaran menjadi sangat menyenangkan dan membuat para siswa tidak bosan mengikuti pembelajaran. Kahoot! biasanya digunakan sebagai penilaian formatif, serta untuk memantau setiap kemajuan siswa terhadap tujuan pembelajaran, dapat juga digunakan untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan, dan untuk mengidentifikasi daerah-daerah di mana siswa akan mendapat manfaat dari suatu pengajaran, serta lebih menantang kesempatan belajar.

Saat bermain Kahoot!, kita memerlukan beberapa peralatan berupa laptop utama, yang berfungsi untuk membuka soal dan kontrol guru. Kita juga membutuhkan proyektor, untuk menampilkan tampilan soal pada laptop ke layar supaya dapat dilihat banyak siswa. Selain itu, kita juga memerlukan perangkat siswa bisa berupa laptop, smartphone, digunakan untuk menjawab soal pilihan. Dan yang paling penting terdapat jaringan internet.

Cara menggunakan Kahoot!:

  1. Pertama masuk terlebih dahulu pada website https://getkahot.com dan klik Sign in pada menu di kanan atas, lalu kita akan diarahkan pada laman Sign in.
  2. Kemudian masuk menggunakan account yang telah dibuat dengan memasukkan email dan passwordnya.
  3. Selanjutnya adalah klik pada menu My Kahoot pada menu disebelah kiri atas.
  4.  Tampilan laman berikutnya daftar kuis yang telah dibuat, lalu pilih mana Kuis yang akan dimainkan dengan cara klik tombol Play.
  5. Kemudian kita akan diarahkan pada pilihan cara bermain yaitu Classic atau Team Mode. Bermain dengan cara Classic dipilih jika masing-masing siswa mempunyai perangkat untuk mengakses kuis Kahoot!. Sedangkan jika tidak semua siswa memiliki perangkat untuk mengakses kuis Kahoot!, sebaiknya dibuat menjadi beberapa kelompok/team menyesuaikan dengan jumlah perangkat yang tersedia dan pilih menu cara bermain Team Mode.
  6. Jika memilih cara bermain Classic akan muncul satu nama siswa.
  7. Untuk pilihan cara bermain Team Mode silahkan masukkan nama-nama siswa dalam satu kelompok tersebut.
  8. Setelah memilih cara bermain Classic atau Team Mode langkah selanjutnya akan muncul nomor PIN yang akan digunakan siswa untuk mengakses Kahoot – Kuis ini.
  9. Melalui perangkat masing-masing siswa diarahkan untuk mengakses https://kahoot.it dan masukkan Nomor PIN untuk mengakses permainan kuis ini.
  10. Jika kita sudah siap memulai memainkan kuis dengan jumlah soal yang telah dibut. Tampilan laptop milik guru untuk mengontrol jalannya kuis, sedangkan pada perangkat siswa hanya akan muncul pilihan jawaban. Pilihan jawaban siswa otomatis akan berganti menyesuaikan dengan soal nomor berapa yang sedang ditampilkan.
  11. Setiap satu soal yang dijawab oleh siswa akan langsung muncul analisis berapa siswa yang memilih masing-masing pilihan jawaban. Pada sesi Ini juga dapat digunakan untuk langsung membahas jawaban soal tersebut. Pembahasan soal juga dapat dilakukan dengan menanya alasan siswa yang memilih jawaban tidak tepat. Tentu ini akan menjadikan diskusi yang menarik, dan siswa secara tidak langsung akan belajar mengemukakan pendapatnya sesuai dengan pola pikirnya. Sehingga guru dapat mengetahui sejauh mana perkembangan pola pikir siswanya. Jika sudah maka lanjutkan pada soal nomor berikunya dengan memilih tombol Next pada pojok kanan atas.
  12. Langkah berikutnya sebelum lanjut pada soal yang akan dituju akan ditampilkan nilai sementara masing-masing siswa pada soal yang telah dikerjakan sesuai peringkat.
  13. Ulangi langkah-langkat tersebut hingga akhir soal. Pada akhir sesi akan muncul nama siswa dengan nilai tertinggi. Nilai ini berdasarkan skor benar dan skor kecepatan dalam menjawab. Untuk analisis pilihan gandanya bisa diklik menu Get Result.
  14. Langkah berikutnya untuk analisis butir soal pilihan gandanya silahkan klik Save Result, lalu pilih Direct Download dan klik save to my computer.
  15. Selanjutnya pada perangkat siswa akan muncul survey kepuasan menggunakan pada Kahoot!.

Apa saja manfaat dari “Kahoot!”?

  • Dapat meningkatkan minat siswa.

Karena kuis Kahoot! menarik dan dapat meningkatkan semangat siswa untuk menjawab atau mengerjakan kuis yang telah diberikan oleh guru kepada mereka, sehingga membuat siswa semangat dan berlomba-lomba untuk menjawab pertanyaan pada kuis. Karena rasa penasaran mereka terhadap pertanyaan atau kuis  selanjutnya, maka akan membangkitkan semangat peserta didik untuk lebih giat lagi dalam hal belajar.

  • Untuk memantau minat siswa.

Kuis Kahoot! dapat digunakan untuk melihat sampai mana siswa memahami dan mengerti pembelajaran yang telah diberikan oleh guru kepada mereka, serta melihat kemajuan siswa terhadap tujuan pembelajaran, mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan, dan juga untuk mengidentifikasi daerah-daerah dimana siswa akan mendapat manfaat lebih dari suatu pengajaran.

  • Proses pembelajaran yang menarik.

Melalui kuis Kahoot! dapat membangkitkan pengetahuan siswa, merangsang reaksi mereka terhadap penjelasan guru, dan membantu mereka mengkonkretkan sesuatu yang abstrak.

Menurut saya belajar dengan menggunakan Kahoot! sangat direkomendasikan, karena belajar dengan menggunakan Kahoot! memiliki banyak manfaat yang dapat meningkatkan kemampuan be;ajar siswa. Belajar dengan menggunakan Kahoot! juga menjadi cara belajar yang asik sehingga siswa tidak bosan ketika mengikuti pembelajaran. Apalagi saat ini teknologi sudah sangat maju.

Nah, sekian dari tulisan saya. Semoga dapat bermanfaat. Terima kasih.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *