OVO: Dompet Digital Khusus Kaum Rebahan

Fintech atau Financial Technology saat ini menjadi lahan subur yang menjadi incaran para pemain besar ekonomi di dunia, termasuk di Indonesia. Sebenarnya Fintech itu masih luas, tapi para pemain besar di Indonesia masih bergelut di bagian pembayaran non-tunai. Artikel ini akan mengulas tentang salah satu produk fintech milik Lippo Group, yaitu OVO.

OVO adalah aplikasi yang berguna untuk memudahkan transaksi pelanggan. Pengguna tidak perlu lagi membawa uang tunai untuk melakukan transaksi. Untuk memiliki akun OVO, pengguna hanya perlu download aplikasi OVO melalui Google Play Store untuk Android dan App Store untuk ios. Kemudian, daftarkan nomor telepon serta biodata diri sendiri. Setelah disetujui, maka akun telah aktif dan pengguna dapat menggunakan OVO layaknya dompet digital. Beberapa jenis transaksi yang dapat dibayar menggunakan OVO adalah:

  • Pembayaran parkir.
  • Transaksi online dan offline.
  • Pembelian pulsa dan token PLN.
  • Pembayaran BPJS, Pascabayar dan TV Kabel.
  • Pembayaran layanan ojek online.

OVO Cash dan OVO Points

OVO Cash dan OVO Point pada aplikasi Grab

Di dalam aplikasi OVO, dana akan dibagi menjadi dua, OVO Cash dan OVO Points. OVO Cash adalah jumlah nilai uang yang dimiliki pengguna di dalam dompe digitalnya. OCO Cash adalah jumlah uang yang digunakan untuk pembayaran di semua merchant. Sementara OVO Points adalah poin yang dikumpulkan melalui cashback atau loyalty program dari OVO. 1 OVO Points bernilai sebesar RP.1, jika pengguna memiliki 100.000 OVO Points, maka pengguna memiliki Rp.100.000,00 di dalam akun OVO miliknya.

Biasanya, pengguna hanya akan mendapatkan cashback apabila membayar menggunakan OVO Cash. OVO Points juga dapat digunakan untuk pembayaran layaknya OVO Cash, namun cakupannya lebih kecil.

Cara Menggunakan Pembayaran OVO

OVO menggunakan 2 sistem pembayaran, yang pertama menggunakan barcode, yang kedua adalah melalui nomor telepon. Biasanya sistem barcode akan digunakan untuk membayar parkir. Pada tiket parkir, akan tertera sebuah barcode, lalu pada aplikasi OVO, pilih “Scan” dan kemudian ikuti instruksi pembayaran. Dengan cara yang sangat mudah ini, pengguna dapat membayar parkir tanpa perlu mengantri lama.

Sistem pembayaran yang kedua sering ditemui di tempat belanja, restoran atau pasar swalayan. Pada saat pembayaran, kasir akan meminta nomor telepon pengguna yang terdaftar di aplikasi OVO. Kemudian, sistem akan mengirim notifikasi ke aplikasi OVO. Bila tidak muncul secara otomatis, pengguna dapat melihat notifikasi melalui tanda bergambar lonceng di kanan atas. Kemudian, pilih pembayaran menggunakan OVO Cash atau OVO Points dan ikuti instruksi. Pembayaran akan diterima secara otomatis oleh merchant dan pengguna tidak perlu menunggu lama.

Menu Fungsi Aplikasi OVO

Home

Pada layar OVO, pengguna akan menemukan 5 menu utama: Home, Deals, Finance, Wallet dan History.

Home
Pada menu utama “Home”, terdapat jumlah saldo OVO Cash dan OVO Points. Selain itu, halaman ini memiliki 3 fungsi utama:

  • Transfer
    Fitur yang menyediakan layanan transfer dana ke sesama pemakai OVO, hingga ke rekening bank. Fitur ini memberikan akses untuk memindahkan dana ke pengguna lainnya dan/atau menarik dana OVO Cash yang tersedia.
  • Scan
    Fitur ini biasanya digunakan untuk pembayaran.
  • OVO id
    Fitur ini berisi kode identitas dalam bentuk barcode dan QR code. Selain itu, nomor telepon yang tersambung dengan aplikasi OVO juga ditunjukkan pada menu ini.

Selain 3 menu utama, terdapat beberapa kategori pembayaran misalnya PLN, Pulsa, Paket Data dan lain sebagainya. Klik ikon pembayaran yang diinginkan dan pengguna hanya perlu mengikuti instruksi pembayaran.

Deals
Pada menu ini, pengguna dapat menemukan promosi terkini yang diadakan oleh aplikasi OVO. Menu ini juga mempermudah pencarian dengan kategori promo mulai dari kesehatan, makanan dan minuman, belanja, hingga fashion dan kecantikan.

Finance
Fitur pada menu ini memberikan kesempatan bagi pengguna untuk berinvestasi denga keuntungan 7% per tahun. Investasi minimumnya juga sangat rendah, yaitu Rp.10.000,00. Pengguna dapat memonitor hasil keuntungan investasi melalui menu ini. Selain investasi, menu ini dapat membantu pengguna mengelola dan mengatur anggaran keuntungan menggunakan aplikasi OVO.

Wallet
Layaknya dompet fisik, pada menu ini pengguna dapat melihat kartu membership yang dimiliki beserta nama dan nomor keanggotaan. Kartu ini dapat digunakan untuk mengumpulkan poin reward.

History
Menunini menunjukkan seluruh transaksi pembayaran, top up hingga bonus yang didapatkan baik dalam bentuk OVO Cash maupun OVO Points.

Cara mengecek saldo OVO sangatlah mudah. Pengguna hanya perlu login ke dalam aplikasi. Saldo OVO akan tertera pada menu utana “Home”. Untuk mengisi saldo OVO, pada sebelah kanan saldo OVO, pengguna akan menemukan pilihan “Top Up”. Pada pilihan ini, pengguna akan menemukan instruksi mengenai cara penambahan saldo untuk masing-masing pilihan dalam akun OVO miliknya. Pengguna dapat mengisi saldo OVO melalui berbagai cara, seperti:

  • Kartu kredit.
  • Kartu debit.
  • ATM (dengan menggunakan kode yang berbeda untuk setiap bank).
  • Internet/Mobile Banking (dengan kode unik untuk masing-masing bank).
  • Merchant (Contoh: Alfamart, Matahari, Sheel, Cinemaxx dan masih banyak lagi).
  • Booth.

Keuntungan Menggunakan OVO

Promo Cashback

Selain kemudahan dan kepraktisan yang ditawarkan oleh OVO, terdapat beberapa keuntungan lain yang membuat OVO layak digunakan.

  • Promo Menarik: Cashback Berlipat
    Salah satu keuntungan menggunakan OVO adalah promo cashback yang melebihi dompet digital lainnya. Pada awal rilisnya, OVO memberikan promosi hingga 100% cashback. Cashback diberikan dalam bentuk OVO Points seperti yang telah dijelaskan diatas. Ini menunjukkan OVO tak hanya menawarkan sistem pembayaran, tetapi juga keuntungan reward bagi penggunanya.
  • Dapat Digunakan di Banyak Merchant
    OVO dapat digunakan di banyak merchant. Mulai dari restoran, pusat perbelanjaan, hingga pedagang kaki lima atau kios pun ada yang menerima sistem pembayaran OVO.
  • Dapat Digunakan Untuk Membayar Berbagai Kebutuhan
    Aplikasi OVO tidak hanya dapat digunakan utuk membayar belanja di merchant tetapi juga dapat digunakan untuk membayar beberapa produk tagihan bulanan. Kemudahan pembayaran berbagai kebutuhan dalam satu aplikasi ini menjadi daya tarik OVO bagi para penggunanya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *