Manfaat dan Pengaruh Penggunaan Media Sosial untuk Bisnis

Penggunaan teknologi canggih seperti komputer, smartphone, atau tablet akan mengalami pertumbuhan yang signifikan. Ada banyak hal yang dapat dilakukan, dan media sosial adalah salah satu yang paling populer.

Mungkin sebagian besar pengguna sudah mengetahui fungsi yang ditawarkan oleh aplikasi media sosial. Namun, ada manfaat tambahan tertentu yang harus diketahui untuk menikmati berbagai manfaat.

Apa itu media sosial ?

Media sosial adalah jenis media yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan mendesak, melakukan interaksi antar pengguna, dan mendapatkan informasi melalui aplikasi khusus. Tujuan media sosial secara umum adalah sebagai sarana komunikasi yang menghubungkan orang – orang dengan wilayah yang luas.

Untuk mempermudah dan mempercepat penggunaan media sosial (medsos), diperlukan koneksi internet yang stabil dan cepat. Dengan hal ini, tidak perlu lagi berkomunikasi dengan orang lain melalui telepon atau cara tradisional lainnya. Cukup dengan mengakses media sosial, yang dapat terhubung dengan banyak orang, membuat forum, diskusi bersama, mengunggah keseharian, dan lain-lain.

Klasifikasi dari Media Sosial

Pertumbuhan media sosial tentunya akan terbantu dengan banyaknya pengguna internet di seluruh dunia. Sejak 2010, Kaplan dan Haenlein telah mengembangkan sistem klasifikasi untuk berbagai jenis media sosial sebagai berikut.

  • Proyek Kolaborasi

Ini adalah platform yang didasarkan pada situs web, dan penggunanya didorong untuk meningkatkan, memperluas, atau mengubah konten di situs. Contohnya Wikipedia, Medium, WordPress, dan situs lainnya.

  • Konten

Orang yang menggunakan media sosial dapat mengakses berbagai konten seperti video, e-book, dan gambar. Contohnya Tik Tok, Instagram, dan YouTube.

  • Situs Jejaring Sosial

Aplikasi yang sudah memungkinkan pengguna untuk berhubungan dengan pribadi yang dibuat. Informasi pribadi biasanya dibagikan melalui penerbitan foto atau video ke jaringan media sosial, seperti Facebook atau Instagram.

  • Blog dan Mikroblog

Aplikasi ini memudahkan pengguna untuk mengekspresikan diri dalam sebuah blog, baik itu surat cinta (curhat) atau sebuah kritik. Contoh yang populer ada 2 yaitu Twitter dan Facebook.

  • Game World Virtual

Dunia maya memungkinkan setiap peserta untuk berinteraksi dan berkomunikasi dalam bentuk avatar, yang jarang ada di dunia nyata. Salah satu contoh penerapannya adalah game online.

  • Social World Virtual

Perbedaan antara game dunia virtual dan game dunia nyata didasarkan pada tujuan pertumbuhan, yang berfokus pada kepuasan dengan dunia nyata (kehidupan nyata).

Jenis – Jenis Media Sosial Untuk Bisnis

Media sosial digunakan untuk lebih dari sekedar komunikasi – juga dapat digunakan untuk blogging, forum, dan kegiatan lainnya. Medsos digunakan sebagai alat komunikasi tanpa memandang ruang dan waktu. Mereka juga digunakan untuk tujuan komersial atau bisnis, serta untuk menghasilkan pendapatan.

Hal ini akan dapat digunakan situs jejaring sosial dengan cara yang aman dan efisien. Beberapa situs yang sering digunakan untuk meningkatkan produktivitas dan profitabilitas dalam bisnis.

  • Facebook

Situs jejaring sosial ini adalah jenis media yang paling banyak digunakan di dunia. Hal ini dapat dilakukan transaksi penjualan online dengan mudah dan aman serta tidak memerlukan inspirasi untuk membuat toko internet sendiri.

  • Youtube

Dengan ini dapat memperoleh uang dengan membuat konten menarik yang sesuai dengan jumlah pengguna yang mengunjunginya. Namun, perlu memahami semua kebijakan yang telah diterapkan oleh YouTube.

  • Instagram

Instagram dapat mengambil foto dan video yang menarik bagi pengguna Instagram dan menampilkannya di story Instagram, feed, dan IG TV. Fitur terpenting untuk mengembangkan bisnis adalah iklan Instagram. Jumlah orang yang menggunakan tindakan aktif telah meningkat menjadi 61 juta, dengan mayoritas dari mereka berusia 18 hingga 24 tahun.

  • Twitter

Twitter terkenal dengan fitur utasnya, yang memungkinkan mengirimkan berbagai item untuk dilihat oleh pengguna lain. Twitter juga merupakan salah satu platform media sosial paling populer di Indonesia dan di seluruh dunia. Di mana bisa membuat akun berdasarkan kebutuhan bisnis.

  • Whatsapp

Whatsapp adalah saluran media sosial yang paling sering digunakan untuk membantu kebutuhan bisnis. Di Whatsapp dapat membuat grup, melakukan panggilan video, mengirim pesan teks, atau mengunggah aset promosi serta juga bisa menggunakan fitur Whatsapp Business untuk memperlancar interaksi Anda dengan pelanggan.

  • Tik Tok

Tik Tok diluncurkan untuk pertama kalinya pada tahun 2016 oleh ByteDance, sebuah perusahaan yang berbasis di provinsi Tianjin, Tiongkok. Tik Tok menyediakan layanan untuk mengunggah video dengan waktu penyelesaian yang relatif singkat. Video akan memiliki musik sebagai latar belakang yang dapat disamarkan menggunakan filter tertentu.

Dampak Positif

Dampak positif dari penggunaan medsos ditinjau dari segi bisnis.

  1. Meningkatkan keuntungan dari penjualan produk.
  2. Meningkatkan kredibilitas perusahaan atau organisasi.
  3. Membangun hubungan kerja jangka panjang dengan bisnis.

Dampak Negatif

Dampak negatif dari pemakaian aplikasi medsos untuk kepentingan bisnis.

  1. Hapus produk yang tidak sesuai dari pasar (palsu)
  2. Menyebarkan berita atau informasi palsu
  3. Memperbaiki perilaku tidak sehat

Manfaat dari penggunaan media sosial

  1. Dapatkan informasi terkini
  2. Memfasilitasi komunikasi waktu nyata
  3. Tingkatkan eksposur merek
  4. Tingkatkan lalu lintas dan tingkat konversi
  5. Membangun hubungan secara tepat waktu dan efisien.

Kesimpulan :

  • Media sosial adalah media online yang digunakan untuk proses interaksi, komunikasi, dan menambahkan informasi tanpa batasan ruang dan waktu yang dapat dilakukan oleh individu.
  • Jenis media sosial yang populer digunakan untuk meningkatkan produktivitas bisnis seperti Facebook, Twitter, Instagram, Whatsapp, dan YouTube.
  • Penggunaan medsos sendiri dapat menimbulkan efek positif dan negatif dengan demikian, harus mengatasi kedua masalah ini dengan benar. Hasilnya, akan dapat manfaatkan fitur dan kemudahan penggunaan dalam aplikasi medsos sekaligus menghindari kesalahan yang akan berdampak negatif pada bisnis.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Captcha 55 + = 57