GOJEK : Bukan Sekadar Aplikasi Ojek Online

Logo Gojek

Seiring berjalannya waktu teknologi telah mengalami berbagai perkembangan yang pesat. Perkembangan ini terjadi di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Berbagai teknologi canggih mulai bermunculan di berbagai bidang, termasuk bidang transportasi khususnya ojek.

PT Aplikasi Karya Anak Bangsa, didirikan pada tahun 2010 di Jakarta oleh Nadiem Makarim, merupakan sebuah perusahaan teknologi asal Indonesia yang menciptakan aplikasi “Gojek” yang digunakan untuk menyewa jasa lewat ojek. Namun tidak hanya menawarkan jasa ojek saja, di dalam aplikasi ini ada berbagai pilihan fitur yang menarik. Ojek atau yang dalam aplikasi ini disebut fitur GoRide, ada juga fitur GoCar, GoFood, GoBluebird, GoSend, GoPulsa, GoPoints, dan masih banyak lagi. Namun pada kesempatan kali ini saya hanya akan membahas fitur yang sering saya gunakan saja, berhubung fitur yang ditawarkan banyak sekali dan belum pernah saya coba ;). Berikut penjelasan dari beberapa fitur tersebut.

  1. GoRide dan GoCar

GoRide ini menawarkan jasa antar roda dua atau motor. Sedangkan GoCar menawarkan jasa antar roda empat atau mobil. Jika Anda hanya bepergian sendiri dan terburu-buru, dan menginginkan harga yang lebih murah saya rekomendasikan memakai fitur GoRide. Tapi jika Anda bepergian beramai-ramai dan lebih santai, saya merekomendasikan memakai fitur GoCar, walaupun harganya lebih mahal jika beramai-ramai biayanya bisa dibagi rata. Dan jika Anda tidak ingin merasa kepanasan atau basah karena hujan, akan lebih aman memakai kendaraan roda empat  dengan memilih fitur GoCar ini. Cara pemesanan kedua fitur ini sama hanya jenis kendaraannya saja yang berbeda. Berikut cara menggunakannya.

  • Bukalah aplikasi GOJEK yang ada di HP Anda, kemudian pilih ikon GoRide (gambar motor) atau ikon GoCar (gambar mobil)
  • Setelah diklik, nanti akan muncul opsi untuk memilih tujuan Anda, bisa ketik manual atau mencari lewat peta
  • Tidak ketinggalan pula penentuan lokasi jemput Anda, bisa dengan manual atau cari di peta
  • Setelah itu cek ulang pesanan Anda, dan jangan lupa pilih metode pembayaran ya, bisa pakai GoPay, PayLater atau cash. Setelah selesai klik “PESAN”
  • Setelah itu driver akan otomatis menuju titik jemput yang tadi sudah ditentukan

2. GoFood

Jika Anda merasa lapar tapi malas keluar, tenang, tidak perlu khawatir karena di aplikasi Gojek ini ada fitur GoFood yang menawarkan berbagai pilihan makanan. Ada beberapa kategori yang disediakan yaitu “baru minggu ini”, “ Terlaris”, “Terdekat”, “Promosi”, “ Promo Antar”, “24 jam”, “menu hemat”, “menu sehat” dan “terfavorit”. Dan sering ada promo di beberapa mitra merchant. Cara pesan lewat fitur ini sebagai berikut.

  • Buka fitur GoFood di aplikasi GOJEK Anda
  • pilih makanan yang Anda inginkan, bisa dari yang direkomendasikan atau cari dari fitur search

  • Setelah memilih menu yang Anda inginkan, masukkan alamat Anda, kemudian tekan “PESAN”
  • Driver gojek siap mengantar makanan

3. GoPulsa

Fitur ini memungkinkan kita untuk membeli pulsa atau paket data sesuai nomor yang terdaftar di aplikasi GOJEK. Pilihan pembayaran fitur ini hanya melalui GoPay, jadi pastikan saldo GoPay Anda cukup untuk membeli pulsa atau paket data. Berikut cara memakai fitur GoPulsa.

  • Buka fitur GoPulsa di aplikasi Gojek Anda
  • Pastikan nomor HP tujuan sudah benar dan sesuai
  • Kemudian pilih denominasi pulsa atau data yang tersedia, harga mulai dari 15 ribu sampai 1 juta.
  • Klik “BAYAR SEKARANG”, kemudian Anda akan diminta memasukkan pin GoPay Anda. Setelah itu pulsa atau paket data, yang telah dibeli, akan otomatis terisi.

Itulah penjelasan fitur-fitur aplikasi Gojek yang sering saya gunakan. Sebenarnya masih ada beragam fitur lain yang juga menarik dan bermanfaat. Saya merekomendasikan bagi Anda yang belum memakai aplikasi ini karena selain cara penggunaannya yang mudah, ada juga pilihan fitur yang beragam, banyak voucher atau diskon yang ditawarkan, dan ada beberapa metode pembayaran yang dapat Anda pilih (kecuali GoPulsa, hanya ada pilihan pembayaran GoPay). Pernah saat saya sedang memesan makanan lewat GoFood, saat itu ada diskon yang ditawarkan jika menggunakan metode pembayaran melalui GoPay, namun saldo GoPay saya tidak cukup, istimewanya dari aplikasi ini walaupun saldo kita tidak mencukupi tetap bisa menggunakan metode pembayaran GoPay dan tentu saja diskon juga masih berlaku, namun Anda Harus menyiapkan cash untuk melunasi sisa pembayaran yang kurang. Demikian penjelasan yang dapat saya sampaikan, semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *