MANFAAT ALGORITMA TERBARU INSTAGRAM DALAM MEMPROMOSIKAN ONLINE SHOP

Kelajuan teknologi yang pesat, membawa angin segar bagi pedagang-pedagang yang ingin melebarkan sayapnya. Cakupan wilayah untuk bertransaksi tak terbatas. Berbelanja secara online pun bisa dilakukan kapan saja. Pembeli juga dapat memilih untuk melakukan pembayaran secara tunai maupun non-tunai.

Internet menjadi salah satu kunci pokok pertumbuhan e-commerce di dunia. Kini start up dan e-commerce tak bisa dihitung jari. Bahkan Indonesia telah menjadi pasar untuk perdagangan online atau e-commerce terluas di Asia Tenggara.

Berbagai kemudahan ditawarkan oleh masing-masing e-commerce agar pembeli tertarik berbelanja di platform tersebut. Mulai dari produk yang beragam, berbagai macam pembayaran produk, jangkauan pengiriman barang yang semakin luas, dapat diakses melalui berbagai media, hingga tersedianya berbagai promo yang menarik.

Banyaknya penjual, memberikan banyak opsi bagi pembeli untuk mencari perbedaan harga atau kualitas dari barang yang sama. Terkait ketatnya persaingan dalam dunia jual-beli, para penjual harus mencari banyak cara agar dagangannya tetap laku dan tidak kalah saing dengan penjual lainnya. Salah satu caranya yaitu mempromosikan dagangannya melalui media sosial instagram, sebab instagram telah menyediakan beberapa fitur untuk berdagang di lapaknya dan merupakan salah satu media sosial yang sangat digandrungi oleh masyarakat. Fitur ini membantu penjual dalam menjangkau calon pembeli lewat media sosial instagram dengan mencantumkan link toko onlinenya.

Memanfaatkan instagram untuk menjadi salah satu media untuk promosi dagangan tidak ada salahnya. Karena dari instagram sendiri memiliki algoritma yang berbeda dari platform social media yang lain. Algoritma instagram adalah sebuah teknologi atau parameter yang bisa menentukan konten mana yang banyak dilihat setiap kali para pengguna instagram membuka feed mereka. Dengan kecerdasan buatan yang tertanam dalam algoritma instagram inilah, konten yang sudah diupload akan terus berkembang.

Apa saja sih manfaat algoritma instagram ketika mempromosikan online shop? Karena penting sekali untuk seorang penjual mempelajari parameter algoritma instagram supaya terhubung dengan lebih banyak audiens secara maksimal.

Pertama, memanfaatkan algoritma hubungan/relationship. Algoritma ini mengandalkan postingan dari akun-akun yang sudah saling terhubung atau sering berinteraksi. Interaksi dalam instagram dapat berupa saling memberi likes, komentar, Direct Message, hastagmention, dan juga tagging. Hal tersebut yang membuat konten promosi penjual dapat muncul di timeline orang lain ketika pertama kali membuka instagram.

Selanjutnya ada algoritma mengenai ketertarikan atau interest. Apabila pengguna telah menyukai beberapa konten promosi sebelumnya, algoritma akan menampilkan jenis atau tema yang sama kepada pengguna tersebut. Konten promosi yang dibuat dapat muncul berkali-kali di timeline pengguna instagram lainnya. Hal ini membuat online shop semakin dikenal.

Algoritma mengenai kecepatan waktu atau timeliness berhubungan dengan konten yang baru saja diunggah akan mendapat kesempatan lebih besar untuk tampil di timeline pengguna lainnya. Agar tetap bertahan di timeline followers, penjual harus memiliki konten yang relevan dengan minat mereka. Pemilihan waktu yang tepat pada saat mengunggah konten promosi dan kualitas dari konten tersebut sangatlah penting. Penjual mempromosikan online shop-nya dengan cara yang kreatif agar orang lain tertarik dan mulai mencari tahu mengenai hal tersebut.

Penggunaan hastag juga dapat membantu pencarian yang terkait dengan barang yang dipromosikan. Instagram menggunakan hastag untuk mengelompokkan jenis konten atau topik. Hal ini akan menambah kesempatan unggahan konten promosi dapat dilihat oleh pengguna lain. Karena semakin populer sebuah hastag, maka semakin banyak juga orang yang mencari atau menggunakan tagar tersebut.

Demikian sedikit pandangan mengenai algoritma instagram yang dapat dimanfaatkan salah satunya menjadi media promosi online shop. Mengoptimalkan pengunaan instagram secara tepat akan sangat membantu mempromosikan online shop agar berkembang di khalayak generasi milenial.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.