Kenali Kemudahan, Manfaat dan Resiko Penggunaan E-Wallet di Kalangan Mahasiswa

Apakah teman – teman sering berbelanja online? atau teman – teman sering membeli makanan dan minuman dengan kode qr? Nah, hal tersebut adalah contoh penggunaan atau pemanfaatan dari e-wallet. E-wallet atau yang biasa disebut dompet digital adalah salah satu contoh dari kemajuan teknologi yang semakin canggih. E-wallet adalah akun atau aplikasi untuk menyimpan keuangan secara elektronik, tidak hanya untuk alat pembayaran namun e-wallet dapat melakukan pelayanan tagihan listrik, tiket bioskop, kendaraan, pembelian barang atau jasa bahkan hingga investasi.

Tren dompet digital meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Berdasarkan data Bank Indonesia, total transaksi dompet digital meningkat setiap tahunnya. Bahkan, total transaksi pada tahun 2019 meningkat 300% dibandingkan tahun sebelumnya. Pandemi Covid-19 mengubah mobilitas masyarakat, salah satunya di sektor ekonomi. Keberadaan dompet digital pun mendukung proses tersebut dan bisa saja mengubah perilaku masyarakat soal transaksi keuangan di masa depan.

Saat ini, e-commerce mulai menjadi sangat populer di kalangan masyarakat khususnya mahasiswa karena anak muda juga menghabiskan banyak waktu di gadget mereka. Dalam dunia e-commerce terdapat dua pelaku yaitu pedagang yang menyediakan barang/jasa (penjual) dan pembeli/pelanggan yang melakukan transaksi pembelian (pembeli), sebagai pedagang maupun pembeli harus mengetahui pengetahuan dasar dalam penggunaan agar aktivitas berjalan secara lancar dan bijak.

Mengapa akhir – akhir ini penggunaan dompet digital sangat marak? mari kenali kemudahan, manfaat serta resiko penggunaan dari e-wallet ini dalam kalangan mahasiswa.

Kemudahan dompet digital bagi mahasiswa yaitu dalam penggunaannya, biasanya mahasiswa disibukkan dengan tugas atau kegiatan apalagi jika tempat kuliah jauh dari orangtua, pastinya mahasiswa ini ingin serba praktis namun tetap ingin mengikuti perkembangan zaman. Dengan adanya dompet digital ini mahasiswa jika bepergian bisa hanya menggunakan handphone saja tidak perlu repot – repot membawa dompet atau uang. Penggunaan e-wallet ini sangat mudah cara pendaftarannya pun hanya memasukkan nama lengkap dan nomer telepon, dengan itu kita sudah dapat melakukan transaksi pembayaran secara online dan tidak perlu melakukan pembayaran ke marketplace, jika orangtua ingin mengirimkan uang atau saldo atau jika kita ingin mengirim ke seseorang, hanya perlu memfoto KTP dan foto selfie bersama KTP setelah itu tunggu beberapa jam untuk memverifikasi data, kemudian teman – teman dapat bebas mengirim uang atau saldo ke orang lain. Selain itu, sebagai mahasiswa jika ingin bekerja sampingan bisa menggunakan e-wallet karena bank, m-bankink, platform perbelanjaan sudah bisa langsung transfer ke e-wallet, atau jika ingin lebih mudah lagi kita dapat menggunakan qris sehingga pembeli langsung membayar lewat scan, pendaftaran kode qris dapat kita temukan di salah satu aplikasi e-wallet yaitu DANA.

Manfaat e-wallet untuk mahasiswa yaitu:

  1. Penggunaan serba praktis dan efektif.
  2. Transaksi bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja.
  3. Memiliki riwayat transaksi.
  4. Terdapat banyak promo atau voucher ketika berbelanja online sehingga cocok untuk mahasiswa.
  5. Memiliki keamanan yaitu adanya pin, hal ini berfungsi untuk melindungi data dan akun pengguna.
  6. Top up dan penarikan saldo bisa dicairkan dengan mudah.

Namun, dibalik semua kemudahan dan manfaat dari e-wallet, tidak lepas dari resiko yang dimilikinya, macam – macam resiko e-wallet yaitu:

  1. Dengan kemudahan dalam penggunaannya dapat menyebabkan kita lebih boros dan konsumtif.
  2. Menyebabkan seseorang menjadi FOMO (Fear of Missing Out) yaitu perasaan cemas takut tertinggal tren yang sedang terjadi.
  3. Merchant masih terbatas, belum banyak merchant yang menerima transaksi melalui dompet digital.
  4. Dapat terjadi peretasan pada akun.
  5. Mudah terjadi kesalahan pada sistem aplikasi.

Dengan beragam kemudahan dan manfaat yang dimiliki oleh e-wallet, maka kita harus menggunakan serta memanfaatkan e-wallet secara bijak namun tetap waspada.

Berikut link youtube https://youtu.be/zsOdDf-72ZY

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.