PENGGUNAAN NFC DALAM KEHIDUPAN MANUSIA

Near Field Communication atau yang biasa disingkat dengan nama NFC yaitu salah satu teknologi yang memiliki tujuan untuk melakukan transfer data atau file dari satu perangkat ke perangkat lain. NFC biasanya terdiri dari dua perangkat, yaitu perangkat pertama sebagai penangkap sinyal, sedangkan perangkat yang satunya lagi sebagai transmitter.  Saat sedang menstransfer data, teknologi ini diibaratkan seperti Bluetooth. Mengapa seperti Bluetooth? karena teknologi ini tidak membutuhkan koneksi internet selama proses menstransfer data. Jangkauan/jarak perangkat harus kurang dari 4cm, jarak tersebut  merupakan jarak yang dapat dibaca pada fitur NFC.

NFC ditemukan oleh Charles Walton, tahun 1983. Dengan melihat tahun pertama NFC ditemukan, teknologi ini terbilang sudah cukup tua. Tetapi, pada tahun 2023(sekarang ini) teknologi NFC mulai kembali diperbincangkan, bahkan sampai booming. Setelah banyak diperbincangkan, kini banyak perusahaan smartphone yang menambahkah fitur NFC pada smartphone yang mereka produksi. Penambahan fitur ini penting sekali, karena pada zaman sekarang semua serba online. Baik itu transaksi uang maupun kegiatan lain.

  Fitur NFC yang paling terkenal yaitu bertransaksi melalui kartu dengan sekali usap. Kartu yang dapat digunakan pada transaksi ini yaitu kartu yang sudah dilengkapi dengan chip yang berukuran kecil. Lalu chip tersebut diisi dengan data pribadi. Kartu berchip dan sudah terdaftar, sudah dapat digunakan untuk bertransaksi. Langkah ini dinilai lebih efektif dan menghemat waktu. Karena fitur ini hanya perlu menyiapkan kartu, lalu mengusapkannya di mesin pembaca. Kartu yang sudah terusap, maka saldo otomatis terpotong.

Selain bertransaksi, fitur ini juga berguna untuk mempermudah dalam proses top up saldo kartu e-money. Jadi, dalam proses top up, pengguna kartu e-money cukup membuka aplikasi di smartphone lalu menempelkan kartu e-money di smartphone. Dalam hitungan menit, saldo yang terdapat didalam kartu otomatis bertambah.

  Kegunaan near field communication yaitu:

  1. Pembayaran tanpa kontak

Teknologi NFC memungkinkan penggunanya untuk memilih kartu dalam bertransaksi. Hal ini dinilai lebih menghemat waktu dan mengurangi kehilangan uang tunai.

  1. Transportasi

Transportasi kini telah berubah dalam proses pembayaran. Contohnya saja transportasi KRL, MRT, dan lain sebagainya. Transportasi tersebut kini menggunakan system tap-and-go. Selain menggunakan kartu, pembayaran dapat melalui ponsel pintar. Hal ini dilakukan supaya meminimalisir pembayaran menggunakan uang receh.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

50 + = 53