Pengaruh Teknologi Dalam Kegiatan Pembelajaran di Sekolah

PENGARUH TEKNOLOGI DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH

Oleh, Aliandro Mustaqim GandeguayUniversitas Negeri Semarang

Perkembangan teknologi di era sekarang sudahlah sangat maju sehingga bisa dimanfaatkan diberbagai bidang, salah satunya pemanfaatan teknologi pada bidang pendidikan khususnya pada kegiatan pembelajaran. Dengan keterlimbatan teknologi pada kegiatan pembelajaran tentunya memberikan pengaruh yang positif dalam kegiatan pembelajaran, tetapi juga pastinya ada kendala dalam penerapannya. Maka dari itu artikel ini akan membahas tentang hal tersebut.

PENGARUH

Pengunaan Teknologi Sebagai Alat Bantu

PembelajaranKehadiran teknologi dalam bidang pendidikan, khususnya dalam kegiatan pembelajaran di sekolah tentu memberikan pengaruh positif. Salah satunya adalah teknologi dapat digunakan sebagai Alat Bantu Pembelajaran. Hadirnya teknologi dapat membuat kegiatan pembelajaran menjadi lebih interaktif, bervariasi, dan memudahkan dalam mengakses materi pembelajaran. Selain itu dengan penerapan teknologi dalam kegiatan pembelajaran dapat memperkuat pemahaman konsep-konsep yang diajarkan dengan pemanfaatan perangkat lunak dan aplikasi yang ada.

Pengembangan Keterampilan Digital

Dikenalkannya teknologi digital dalam kegiatan pembelajaran tentunya membuka keterlampilan baru dibidang teknologi. Dengan penggunaannya dalam kegiatan pembelajaran siswa maupun tenaga pendidik dapat mengembangkan keterempilan mereka dibidang digital ini. Contohnya guru yang dapat mengembangkan sistem pembelajaran melalui platform website seperti ujian melaui Googleform ataupun Quiziz. Selain itu keterampilan terhadap teknologi digital siswa juga dapat berkembang dalam memecahkan masalah dan mencari solusi.Keterampilan siswa yang berhubungan dengan teknologi digital juga dapat berkembang dengan baik karena zaman sekarang sudah banyak aplikasi yang mendukung dalam pengembangan keterampilan digital secara umum. Sehingga siswa kedepannya memiliki keterampilan digital yang memumpuni di era sekarang.

Kolaborasi Antar Siswa dan Guru

Dengan adanya teknologi digital pembelajaran dapat berjalan lebih fleksibel. Perkembangan ini dapat meciptakan metode baru dalam kegiatan mengajar, contohnya penggunaan platform pembelaajaran online untuk memfasilitasi kolaborasi antara siswa dan guru di luar jam pembejaran.Platform pembelajaran online bisa berbentuk website yang dikembangan untuk keperluan pendidikan dan akademik di suatu sekolah atau fasilitas pendidikan. Yang dimana dapat memudahkan interaksi antara guru dan siswa dalam pembelajaran, pemberian dan pengumpulan tugas, dan arsip materi.

TANTANGAN DAN KENDALA

Suatu perkembangan tentu datang dengan tantangan dan kendalanya tersendiri. Dalam perkembangan teknologi digital memberikan pengaruh yang positif terhadap bidang pendidikan, namun dalam penerapannya terdapat tantangan dalam kegiatan pembelajaran .

Dalam mengimplementasikan terdapat tantangan berupa keterbatasan akses dan infrastruktur, maksudnya adalah tidak semua siswa memiliki akses yang sama terhadap teknologi ataupun koneksi internet yang memadai yang dimana dapat menciptakan kesenjangan digital diantara siswa.

Selain itu dalam menerapkannya dalam kegiatan pembelajaran tentu diperlukan kemampuan dasar yang baik dari segi tenaga pendidik dalam memahami penggunaan teknologi secara efektif. Yang dimana realitanya masih banyak guru yang kemampuannya dalam pemahaman teknologi masih kurang, sehingga kurang menciptakan pembelajaran melaui teknologi digital yang tidak efektif.

Maka dari itu sebelum menerapkan teknologi digital dalam kegiatan pembelajaran diperlukan pelatihan teknologi yang akan digunakan dan juga pemerataan akses teknologi yang ada.

Perkembangan teknologi memberikan pengaruh positif seperti memudahkan akses ke segala informasi, maka dari itu penting untuk menjaga informasi pribadi dan keamanan online. Sehingga dapat menghindari kebocoran data pribadi siswa maupun guru yang dikhawatirkan akan digunakan secara salah oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Video Penjelasan: https://youtu.be/zNkfytyv8X4?si=hS_b7jlY7nAnWTkA

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 + 5 =