PERANAN M-BANKING TERHADAP GAYA HIDUP KAUM MILENIAL

by:Mariah Ulfah

Milenial (juga dikenal sebagai Generasi Y) adalah kelompok demografi setelah Generasi X (Gen-X). Tidak ada batas waktu yang pasti untuk awal dan akhir dari kelompok ini. Para ahli dan peneliti biasanya menggunakan awal 1980-an sebagai awal kelahiran kelompok ini dan pertengahan tahun 1990-an hingga awal 2000-an sebagai akhir kelahiran. Dibandingkan generasi sebelumnya, generasi milenial memiliki karakter unik, salah satu ciri utama generasi milenial ditandai oleh peningkatan penggunaan dan keakraban dengan komunikasi, media, dan teknologi digital. Karena dibesarkan oleh kemajuan teknologi, generasi milenial memiliki ciri-ciri kreatif, informatif, mempunyai passion dan produktif. Generasi ini merupakan generasi yang melibatkan teknologi dalam segala aspek kehidupan. Bukti nyata yang dapat diamati adalah hampir seluruh individu dalam generasi tersebut memilih menggunakan ponsel pintar (Center, 2017). Dengan menggunakan perangkat tersebut para millennials dapat menjadi individu yang lebih produktif dan efisien. Dengan demikian, generasi milenial merupakan objek dalam pemasaran di dunia digital.

Gaya hidup kaum milenial masa kini berbanding lurus dengan pertumbuhan perkembangan teknologi. Salah satu yang mengikuti perkembangan teknologi informasi ini adalah perbankan. Hal ini diwujudkan dalam pengembangan sistem pelayanan terhadap nasabah dalam bentuk mobile banking. Aplikasi mobile banking merupakan sebuah fasilitas dari bank dalam era modern ini yang mengikuti perkembangan teknologi dan komunikasi. Saat ini kebanyakan mobile bankingditunjukkan melalui via SMS atau Mobile Internet tetapi dapat juga menggunakan aplikasi. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi penggunaan teknologi informasi dan komunikasi adalah usia. Sebuah kategorisasi berbasis usia yang terkenal, biasanya digunakan terutama di bidang ekonomi, Generasi Milenial memiliki beberapa perilaku khas yang berbeda dari orang tua. Dibandingkan generasi sebelumnya, generasi milenial lebih akrab dengan komunikasi, media, dan teknologi digital.

Mobile banking biasa disingkat dengan m-Banking, merupakan transaksi perbankan melalui media handphone baik dalam bentuk aplikasi m-Banking atau aplikasi bawaan operator seluler.Mobile Banking adalah layanan yang ditawarkan oleh bank dan menawarkan banyak sekali fitur untuk mempermudah transaksi keuangan. Dengan mobile banking ini, kita dapat bertransaksi, berbelanja, transfer uang, hingga bayar tagihan tanpa harus pergi ke ATM. Penggunaan m-banking dimaksudkan dapat membantu para nasabah dalamhal kemudahandan kecepatan layanan, misalnya untuk keperluan transfer, mengecek saldo tabungan, membayar tagihan dan lain sebagainya.

Fitur M-banking:

1. Fitur Tarik Tunai: Menarik dana dari tabungan melalui aplikasi, yang dapat diambil melalui ATM BRI atau Indomaret.

2. Fitur Transfer. Mengirimkan uang ke bank lain ataupun kepada sesama BRI.

3. Fitur BRIZZI: Produk uang digital (e-money) yang digunakan sebagai pengganti uang tunai, yang berfungsi sebagai alat pembayaran untuk melakukan transaksi pembelanjaan barang, jasa, ataupun transaksi lainnya.

4. Fitur Dompet Digital: Digunakan untuk top up saldo Ovo, Dana, Gopay, Shopeepay, dan sejumlah dompet digital lainnya 2.

5. Fitur Pulsa/Data: Membeli pulsa dan paket data. 6. Fitur Tarik/Setor Tunai Tanpa Kartu: Tarik dan setor tunai praktis tanpa perlumenggunakan kartu ATM.

7. Fitur Bayar Pake QRIS: Transaksi tanpa ribet dengan scan pake fitur QRIS di BRImo

8. Fitur KAL: Bayar tiket kereta api dengan cepat dan mudah lewat BRimo.

9. Fitur Digital Saving: Mendesain ulang UI/UX BRImo

10. Fitur Registrasi Internet Banking.

11. Fitur Fast Menu

Manfaat Internet Banking dan Mobile Banking

a. Praktis (tidak perlu membawa dan menghitung uang tunai) dan aman (menggunakan PIN/ kode rahasia);

b. Memudahkan transaksi non finansial dan transaksi finansial tanpa harus datang ke cabang bank, namun cukup menggunakan perangkat telepon seluler ataupun perangkat elektronik lainnya yang memiliki akses internet.

Link Video Youtube:

Referensi

Mu’asiroh, L. R., & Darwanto, D. (2021). Analisis Penggunaan Mobile Banking pada Generasi Milenial dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 5(02), 155-178.

Prakosa, A. (2019). Analisis pengaruh persepsi teknologi dan persepsi risiko terhadap kepercayaan pengguna m-banking. Jurnal Manajemen9(2), 270-282.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 58 = 60