PENDAMPINGAN ORANG TUA TERHADAP ANAK DALAM PENGGUNAAN INTERNET

Orang tua merupakan pendidik utama dalam keluarga. Orang tua memiliki peran yang signifikan dalam membantu perkembangan anak. Peran orang tua adalah yang pertama kali tahu bagaimana perubahan dan perkembangan karakter dan kepribadian anak, selain itu orang tua juga sangat mempengaruhi perkembangan dan kemandirian terhadap anak. Dan prosesnya haruslah realistis dan sesuai dengan usia mereka, karena para orang tua lah yang nantinya akan menjadikan anak-anak mereka seseorang yang memiliki kepribadian baik atau buruk.

Pendampingan orang tua adalah upaya yang dilakukan oleh orang tua untuk mendampingi anaknya dalam proses memandirikan anak terutama dalam penggunaan smartphone dan internet, orang tua dalam mendidik anaknya agar menjadi pribadi yang mandiri di sekolah tanpa orang tua harus mendampinginya sampai jam pelajaran selesai.

Peran orang tua sangat penting dalam memberikan pendampingan terhadap anak-anak di era digital ini. Sebagimana di kutip dari beberapa sumber. Bahwasanya peran orang tua yang harus dilakukan di era digital adalah

  1. Mengarahkan Penggunaan Perangkat dan Media Digital

Kondisi orangtua harus bisa dan dapat memberikan arahan terhadap anak-anaknya dalam memberikan informasi terkait penggunan alat digital dengan jelas jika anak sudah terpapar dengan perangkat digital akan memberikan dampak negatif terhadap tumbuh kembang anak dalam lingkungan keluarga. Lebih baik untuk mengarahkan dengan komunikasi yang efektif untuk memutuskan berapa lama dan kapan mereka dapat menggunakannya. Seperti memberikan batasan waktu kapan harus mulai menggunakan media digital dan kapan harus berhenti.

2. Imbangi Waktu Menggunakan Media Digital dengan Interaksi di Dunia Nyata

Orang tua dapat memberikan gambaran paparan media digital dengan mengenalkan pengalaman di dunia nyata seperti kegiatan di luar ruangan, olahraga, kesenian, membaca interaktif, musik dan gerakan, permainan tradisional.

3. Tambah Pengetahuan Orang Tua

Penerapan aturan terhadap anak-anak sangat sulit diterapkan jika pengetahuan dan wawasan tentang digital tidak ditingkatkan. Orang tua harus sudah mengenal dan mengetahui apa itu twitter, facebook atau blog. Luangkan waktu untuk mengenal situs yang pernah di kunjungi anak dan history laman web atau blog yang sudah di kunjungi anak.

4. Pinjamkan Anak Perangkat Digital Sesuai Keperluan

Pinjamkan anak perangkat-perangkat yang memang diperlukan dan menunjang untuk kebutuhan belajar anak. Batasi perangkat-perangkat yang memang tidak diperlukan dan kalau memungkinkan jauhkan dari perangkat yang dapat mengganggu kegiatan anak.

5. Pilih Program Atau Aplikasi Positif

Peran orang tua sangat perlu untuk selektif dan mengidentifikasi program atau aplikasi
yang bernilai edukasi dan memberikan manfaat bagi pertumbuhan anak.

6. Gunakan Perangkat Digital Secara Bijaksana

Orang tua memegang peranan utama dalam kontroling segala kegiatan anak, termasuk dalam penggunaan perangkat digital. Oleh karena itu, orang tua perlu bijak dalam menggunakan perangkat digital selama berinteraksi dengan anak. Orang tua yang kurang bijak dalam menggunakan perangkat digital akan membawa dampak negatif terhadap perkembangan anak. Seperti hindari penggunaan gadget sebelum tidur, bangunlah kedekatan dengan anak sebelum tidur dengan bercerita, atau membacakan dongeng untuk buah hati.

7. Mendampingi dan Meningkatkan Interaksi

Orang tua perlu mendampingi dan berinteraksi dengan anak selama penggunaan media digital. Dampingi selalu anak saat berselancar di dunia maya dan gunakan satu perangkat digital dalam kesempatan aktivitas keluarga.

link: https://youtu.be/uyb7jKL-i90

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.