PENGARUH INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI

Dewasa kini, seiring berkembangnya zaman pada era globaliasi, tak hanya teknologi yang berkembang sangat pesat. Tetapi, manusia juga menjadi modern dan serba mudah dalam melakukan ataupun mengakses suatu hal. Dengan kehidupan manusia yang modern itu tentunya membuat manusia tidak lepas dari teknologi komunikasi dan informasi guna berkomunikasi satu sama lain. Banyak media komunikasi yang digunakan manusia untuk berkomunikasi, salah satunya yaitu Instagram.

Instagram seindiri berasal dari kata “Insta” dan “Gram”.  Kata “insta” berasal dari kata instan atau serba mudah. Namun, dalam sejarah penggunaan kamera foto, kata “instan” dikenal sebagai sebutan dari kamera polaroid. Sedangkan “Gram” diambil dari Telegram yang dikaitkan sebagai media pengirim informasi yang sangat cepat. Dari dua kata tersebut dapat disumpulkan bahwa Instagram berarti media untuk membuat foto dan mengirimkan dalam waktu yang sangat cepat.

Selain, digunakan sebagai media komunikasi, saat ini Instagram juga sering kali digunakan sebagai media promosi. Hal ini tentunya dikarenakan Instagram memiliki banyak kelebihan sebagai media promosi. diantaranya yaitu,

1. Instagram merupakan media promosi yang memilii banyak pengguna.

Gak bisa dipungkiri, Instagram merupakan salah satu platform media sosial yang digunakan oleh masyarakat terutama pada kalangan remaja. Dengan memiliki banyak pengguna, tentunya dapat memungkinkan  promosi yang dilakukan banyak dilihat oleh banyak orang. Ditambah lagi, saat ini terdapat jasa endorse yang disediakan para selebgram.

2. Efek viral marketing yang kuat.

Dengan adanya sistem endorse yang dilakukan oleh sebagian besar selebgram yang ada di Insagram, foto produk yang kita jual akan lebih menarik hati konsumen, dan akan lebih cepat menyebar luas dan meluas seperti virus.

3. fitur yang memungkinkan pemilik online shop memasukkan contact person

Dengan fitur tersebut, pemilik online shop dapat memasukkan contact person berupa nomor telepon, alamat email ataupun alamat fisik toko bisnis yang kita miliki. Hal ini tentunya selain memudahkan kita dalam berpromosi juga memudahkan pelanggan untuk menghubungi kita ataupun mengujungi toko fisik kita jika ada.

4. Fitur analisis akun dan foto

selain memiliki fitur yang memingkinkan pemilik online shop memasukkan contact person, Instagram juga menyediakan fitur yang memungkinkan kita melihat jumlah pengunjung yang mengunjungi akun online shop jika kita mengubah akun Instagram kita menjadi akun bisnis. Selain itu, kita juga bisa melihat berapa orang yang membagikan dan menyimpan postingan foto kita di Instagram

5. Mudah diakses

Dengan adanya smartphone yang semakin canggih saat ini, kita tentunya diberi kemudahan untuk mengakses berbagai fitur yang ada di internet termasuk Instagram. Layanan berbagi foto pada Instagram yang sangat simple ini menjadikan Instagram sangat digemari banyak orang ketika bermain smarphone mereka.

Eitssss… selain terdapat beberapa kelebihan terdapat juga kekurangan Instagram sebagai media promosi, diantaranya yaitu,

1. Persaingan yang ketat

Gabisa kita pungkiri, pembuatan akun Instagram memang termasuk cukup mudah. Tentunya hal ini akan membuat persaingan pemasaran di Instagram semakin ketat. Banyak sekali online shop yang tersedia di Instagram sehingga konsumen memiliki banyak pilihan dengan berbagai pelayanan.

2. Banyak terdapat spaming

Sering perhatiin gak sih kalian kalo di Instagram banyak sekali spamming, terutama pada kolom komentar akun selebgram. Hal ini tentunya tak lepas dari  kemudahan berinteraksi yang disediakan oleh Instagram

3. Foto yang ditampilkan berukuran kecil

Tidak sedikit foto yang terdapat di Instagram terlihat kecil dan sulit jika kita melihat detailnya. Eittss.. tapi saat ini sudah banyak online shop yang mengatasinya dengan menggunakan foto foto dengan kualitas yang bagus dan focus pada produk mereka. Ditambah lagi, tak sedikit online shop yang akan menambahkan detail produk mereka pada caption foto yang mereka unggah

Jadi gimana nih, masih ragu buat jadiin Instagram sebagai media promosi? Walaupun Instagram mempunyai beberapa kelebihan yang menggiurkan, kita juga harus tetap menghindari kekurangan kekurangan yang terdapat di Instagram. Selamat Mencoba!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *