Wattpad: Gudang Cerita untuk Pembaca dan Aplikasi untuk Menulis Gratis

Siapa dari kalian yang suka baca? Terutama yang suka baca novel? Pastinya kalian tidak asing dengan aplikasi yang Namanya wattpad. Atau ada yang baru mendengarnya? Apa itu wattpad? Wattpad adalah aplikasi yang dibuat untuk kalian yang suka baca cerita dan untuk kalian yang suka nulis cerita bisa menulis cerita di aplikasi.

            Di aplikasi wattpad ini, kalian bisa mendaftar secara gratis untuk bisa menulis cerita kalian sendiri ataupun membaca puluhan ribu cerita yang tersedia dengan berbagai macam genre yang ada. Lewat wattpad, kita bisa membaca cerita apa saja yang kita inginkan tanpa harus memikirkan membawa buku-buku yang berat. Kalian hanya cukup membuka aplikasi wattpad ataupun mengaksesnya secara online di websites kapanpun dan dimanapun kalian berada.

            Wattpad ini menyediakan berbagai macam kategori cerita atau genre yang bisa kalian pilih sendiri. Dari mulai romance, fiksi ilmiah, fiksi remaja, horror, misteri, petualangan, puisi, cerita pendek, chicklit, dan masih banyak lagi lainnya. Ketika kalian membaca cerita di wattpad, kalian bisa memberikan respon kalian melalui komentar dan vote. Komentar dan vote yang kalian berikan akan membuat cerita tersebut mendapatkan rating yang bagus dan akan memberikan semangat kepada penulis untuk terus menulis ceritanya.

            Buat yang punya hobi nulis cerita, tapi bingung mau nulis dimana, wattpad ini bisa menjadi alternatif kalian untuk menyalurkan hobi menulis kalian. Di aplikasi ini, kalian bisa menulis secara gratis dan jika beruntung, kalian bisa mendapatkan penggemar dari cerita kalian yang menginginkan untuk menerbitkan karya kalian, dan kalian akan mendapatkan penghasilan dari karya kalian yang sudah diterbitkan.  Buat para author atau penulis tidak usah takut karya kalian akan di plagiat oleh orang lain yaa, karena di wattpad ini semua cerita dilindungi oleh hak cipta. Dan jika kalian menemukan plagiarisme, kalian bisa melaporkannya.

            Aplikasi yang khas dengan warna orange ini menyediakan fitur-fitur yang memanjakkan pembacanya. Salah satunya adalah tool khusus yang bisa digunakan untuk mengubah ukuran dan juga jenis huruf, serta ada pengaturan ekstra yang bisa digunakan misalnya mengatur orientasi layar, model bacaan, dan juga tingkat kecerahan layar dimana pembaca bisa menyesuaikan warna latar sesuai keinginan. Aplikasi ini juga bisa digunakan secara offline, kalian hanya perlu memasukkan cerita yang kalian suka ke dalam library dan setelahnya kalian bisa membaca cerita itu tanpa harus menggunakan kuota. Fitur lain yang tersedia adalah para pembaca bisa berinteraksi dengan penulis melalui jendela percakapan yang terdapat dibagian profil. Para pembaca juga bisa berinteraksi dengan penulis ataupun pembaca lainnya dengan mengirimkan pesan.

            Di versi yang terbaru, wattpad menyediakan cerita berbayar yang mengharuskan pembacanya membayar menggunakan koin untuk membaca cerita tersebut. Selain itu, wattpad juga menawarkan layanan premium kepada pemnggunanya. Akan tetapi jika pembaca tidak ingin mendaftar premium, kalian akan tetap bisa membaca cerita yang ada di wattpad. Tetapi kalian mungkin akan melihat beberapa iklan ketika kalian membaca cerita yang tersedia secara gratis.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *