Mengenal Google Lens – Teknologi pencarian ajaib besutan Google

Dewasa ini, kita hidup di dunia dimana internet tak dapat dipisahkan dari kehidupan kita. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa bahkan para lansia pasti membutuhkan internet dalam keperluan mereka sehari-hari. Internet menyuguhkan kita informasi yang tak terhitung jumlahnya hanya dengan sentuhan jari.

Namun, ada kalanya kita merasa buntu dalam mengulik informasi dibalik suatu objek karena tidak mengetahui kata kunci yang tepat untuk diinput dalam kolom pencarian.

Untungnya, Google meluncurkan sebuah teknologi untuk membuat pencarian Anda lebih cepat dan lebih mudah. Dengan multisearch di Lens, Anda dapat mencari teks dan gambar secara bersamaan.

Mengenal Google Lens

Google Lens adalah teknologi bertenaga AI yang menggabungkan kamera ponsel cerdas Anda dan pembelajaran mesin mendalam untuk tidak hanya mengidentifikasi tetapi juga menafsirkan objek di depan lensa kamera dan menyediakan aktivitas seperti pemindaian, terjemahan, dan pembelian.

Lens adalah salah satu pengumuman besar Google pada tahun 2017, namun hanya tersedia sebagai fitur eksklusif di Google Pixel saat awal peirilisannya. Namun kini, Google Lens telah ditambahkan ke sebagian besar perangkat Android; jika Anda tidak memilikinya, Anda bisa mendapatkannya dengan mengunduh dari Google Play.

Google Lens pada dasarnya adalah teknologi pengenalan gambar yang memungkinkan Anda menemukan sesuatu secara online dari apa yang Anda lihat melalui kamera ponsel Anda dengan bantuan Google Assistant. Google Lens memungkinkan kita untuk mengarahkan kamera di ponsel Anda pada objek tertentu, misalnya logo sebuah merek. Google Lens tidak hanya akan menampilkan identitas dan produk merek tersebut, namun juga opsi lain seperti toko terdekat yang menyediakan produk dengan merek tersebut.

Fitur-fitur Google Lens

  • Terjemahan: Jika Anda menemukan teks bebahasa asing, Anda dapat mengarahkan kamera pada teks dan Google Lens Anda yang telah terkait dengan aplikasi Google Translate akan menerjemahkan teks secara langsung.
  • Pemindai dan Pencarian Teks Cerdas : Jika Anda mengarahkan kamera ponsel Anda ke teks, Anda dapat menyorot teks itu di dalam Google Lens dengan cara menekan dan menahannya dengan jari. Anda dapat menyalinnya untuk kemudian digunakan di ponsel Anda atau menelusuri teks tersebut dengan Google. FItur ini memiliki banyak kegunaan diantaranya, menerjemahkan teks yang Anda lihat, menyimpan kartu nama ke kontak, menambahkan acara dari poster ke kalender, serta menyalin dan menempel kode rumit atau teks yang sangat panjang ke ponsel untuk menghemat waktu.
  • Berbelanja : Jika Anda melihat sebuah barang yang Anda sukai saat berbelanja, Google Lens dapat mengidentifikasi barang tersebut dan barang serupa lainnya. Apabila Anda kesulitan untuk memutuskan Anda juga dapat melihat penilaian, ulasan, jam operasional, dan sebagainya.
  • Filter homework : Sesuai dengan namanya, filter ini memungkinkan anda untuk menyelesaikan masalah perhitungan dalam matematika dan juga sains. Dengan mengarahkan kamera pada soal, Google Lens dapat memunculkan kartu Panel Pengetahuan dengan grafik dan penjelasan tentang konsep yang mendasarinya. Tak hanya itu, Anda juga akan diberikan informasi tentang rumus dan masalah yang serupa.
  • Jelajahi tempat di sekitar Anda : Jika Anda mengarahkan kamera ke sekitar Anda, Google Lens akan mendeteksi dan mengidentifikasi lingkungan Anda. Fitur ini akan menunjukkan berbagai tempat terkenal, restoran, makanan lokal beserta resepnya, dan sebagainya.

Itu dia fitur-fitur canggih yang ditawarkan oleh Google Lens. Kedepannya, Google sebagai mesin pencari yang terus berkembang, akan menerapkan hal yang sama pada Google Lens. Google akan terus berusaha mengembangkan dan meningkatkan fungsi alat agar dapat terus membantu kita mengubungkan informasi-informasi digital yang berguna dengan objek di dunia nyata.

Alangkah menakjubkannya jika Anda melihat resep menarik di majalah dan kamera ponsel Anda dapat menunjukkan langkah memasak yang sama persis tanpa hambatan bahasa.

Video Penjelasan

https://youtu.be/irXZo6eBqxA

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Captcha 77 − 76 =