APA ITU MOBILE BANKING?

Kalian pasti malas kalau akan melakukan aktivitas perbankan tapi harus antre di mesin ATM,tetapi dengan berkembangnya zaman,sekarang kita dapat melakukan aktivitas perbankan hanya melalui smartphone.Kalian hanya perlu menginstal aplikasi mobile banking dari bank yang dipakai,kemudian membuat akun mobile banking.

PENGERTIAN MOBILE BANKING

Di era yang serba digital ini,juga berpengaruh terhadap dunia perbankan,yakni terciptanya mobile banking.Mobile banking atau yang biasa disingkat m-banking merupakan layanan yang berbentuk aplikasi dengan tujuan untuk mempermudah nasabahnya melakukan aktivitas perbankan.Dengan satu aplikasi nasabah bisa menikmati begitu banyak fitur perbankan,mulai transfer sampai membayar tagihan elektronik,sayangnya mobile banking belum bisa melakukan tarik tunai dan setor tunai.

FITUR MOBILE BANKING

Mobile banking menawarkan begitu banyak fitur yang bisa dimanfaatkan para nasabahnya,diantaranya adalah

  • Transfer

Fitur paling utama dalam mobile banking adalah transfer.Dalam m-banking dapat dilakukan dengan mudah,hanya perlu login kemudian pilih menu transfer.Transfer dapat dikirimkan ke semua rekening,namun jika rekening yang dituju berbeda bank,akan dikenakan biaya administrasi yang diambil dari saldo nasabah.

Selain transfer ke rekening,m-banking juga memiliki fitur transfer ke dompet digital seperti OVO,DANA,Shopeepay,dan lain lain.

  • Cek saldo

Cek saldo dahulu hanya bisa dilakukan di mesin ATM,dengan adanya mobile banking kini cek saldo bisa dilakukan dimana saja dengan smartphone.Jumlah saldo biasanya ditaruh di menu utama mobile banking.

  • Pembayaran tagihan

Di pilihan menu mobile banking juga terdapat pembayaran tagihan yang mana meliputi tagihan listrik,Telkom,PDAM,TV kabel,bahkan untuk membayar cicilan sekalipun.

Mobile banking juga menyediakan pembelian pulsa,kuota internet untuk memudahkan para nasabahnya.

  • Riwayat transaksi

Riwayat transaksi dapat mudah dicek dalam m-banking,baik itu trasnfer masuk, trasnfer keluar, maupun pembayaran yang dilakukan melalui m-banking maupun ATM yang kita miliki.

KEUNTUNGAN MEMAKAI MOBILE BANKING

Pemakaian Mobile banking tentu saja memberikan banyak sekali dampak positif bagi para penggunanya.Diantaranya adalah

  • Menghemat waktu

Keuntungan yang pertama adalah menghemat waktu,karena jika ingin transfer kita hanya perlu membuka aplikasi mobile banking,tidak perlu ribet ribet pergi ke mesin ATM dan antre.

  • Memantau saldo

Dengan aplikasi ini kita dapat memantau saldo setiap jam,bahkan setiap menit sekalipun,anda dapat memantau saldo masuk dan keluar pada fitur mutasi rekening.

  • Biaya gratis

Untuk membuat akun mobile banking anda tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun,berbeda jika ingin membuka rekening anda harus menyiapkan uang untuk mengisi saldo rekening.

  • Lebih aman

Karena jika anda transfer di mesin ATM ada banyak orang yang bisa mengintip anda melakukan transaksi.Berbeda jika anda transfer melalui m-banking karena dapat melakukan transfer dimanapun secara privat tanpa pengawasan orang lain.

KEKURANGAN MOBILE BANKING

  • Bergantung dengan sinyal

Dalam pemanfaatan fitur-fitur mobile banking diperlukan sinyal yang kuat untuk menunjang kesuksesan transfer.Tidak jarang transaksi mengalami eror karena kecepatan internet di Indonesia yang termasuk lambat.

  • Rawan Peniupuan

Biasanya dilakukan orang jahat yang menyamar jadi petugas bank,mereka menanyakan data data terkait akun mobile banking melalui chat dan telepon.

  • Smartphone lama tidak bisa akses

Android dengan versi lama tidak bisa digunakan,jika dipaksakan maka akan terjadi eror.Karena android lama tidak bisa memuat data dari aplikasi mobile banking.

BEBERAPA APLIKASI MOBILE BANKING

Banyak sekali aplikasi mobile  banking di Indonesia,karena hampir semua bank menyediakan mobile banking untuk para nasabahnya  melakukan kegiatan perbankan dimana saja dan kapan saja.Berikut beberapa aplikasi mobile banking

  • BNI Mobile Banking

Kamu bisa melakukan berbagai aktivitas perbankan dengan mudah dan praktis tanpa perlu repot ke mesin ATM pakai aplikasi ini. Kamu juga bisa mengecek saldo lewat aplikasi m-Banking dari BNI.

  • BRIMO

Aplikasi ini disediakan untuk para nasabah BRI.Aplikasi ini dapat digunakan untuk transfer uang sampai membayar tagihan elektronik

  • Mandiri online

Aplikasi yang biasa dikenal livin by mandiri ini merupakan aplikasi yang disediakan oleh bank mandiri untuk para nasabahnya.

Serta masih banyak aplikasi mobile banking lainnya.

Inilah informasi seputar mobile banking,layanan ini sangatlah memudahkan bagi siapapun penggunanya.Tetapi dengan mudahnya kita dalam melakukan aktivitas jangan sampai menjadi boros dalam menggunakan uang.Gunakan layanan ini seperlunya dan secara bijak.

Link youtube https://youtu.be/vvkwDUh2oMY

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 98 − = 89