FITUR SHUFFLE PADA APLIKASI SPOTIFY

Dewasa ini penggunaan aplikasi untuk berbagai kegiatan penunjang dalam kehidupan sehari-hari marak terjadi. Dimulai dari penggunaan aplikasi untuk e-wallet sampai aplikasi untuk membaca kitab pun tersedia. Tak luput juga industry music yang terus berkembang beralih ke dunia digital, yaitu dengan munculnya berbagai platform-platform music gratis seperti Spotify, SoundCloud, Youtube Music, Apple Music dan lain-lain. Platform music paling banyak dipakai saat ini adalah Spotify.

Spotify adalah layanan streaming music digital yang menyediakan akses ke jutaan lagu dan podcast dari artis di seluruh dunia. Pada aplikasi Spotify, konten-konten dapat diakses secara gratis namun bersyarat hanya dengan mendaftar dengan alamat email atau Facebook. Penggunaan Spotify dibagi menjadi dua, yaitu Spotify Free dan Spotify Premium. Perbedaan paling terlihat adalah pada Spotify Free terdapat iklan yang tidak bisa dilewatkan di antara pergantian konten, dan juga tidak bebas untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fitur shuffle, putar berulang, next, dan previous.

Berbicara soal fitur shuffle, ap aitu fitur shuffle pada aplikasi Spotify? Bagaimana cara kerjanya? Apakah Spotify merekrut banyak karyawan untuk mengatur seberapa acak sebuah playlist saat dinyalakan fitur shuffle pada masing-masing akun? Jelas tidak. Butuh banyak karyawan untuk melakukan hal tersebut. Tentu dalam membangun sebuah aplikasi terdiri dari pembangun kompleks yang diatur sedemikian rupa untuk menjadi sebuah aplikasi, salah satunya algoritma.

Menurut KBBI, Algoritma adalah prosedur sistematis untuk memecahkan masalah matematis dalam langkah-langkah terbatas. Shuffle adalah cara untuk mendengarkan music secara acak, di mana menyerahkan sebagian kendali atas apa yang muncul pada mesin atau algoritma.

Bagaimana cara mengaktifkan fitur shuffle pada aplikasi Spotify? Anda hanya perlu menekan tombol di sebelah kiri fitur previous saat playlist sedang dimainkan. Akan tetapi pada akun Spotify Free di perangkat smartphone tidak bebas untuk mengaktifkan fitur shuffle tersebut.  Terdapat beberapa playlist yang memang disetel fitur shuffle secara otomatis yang tidak dapat dinonaktifkan kecuali mendaftar Spotify Premium. Setelah fitur shuffle diaktifkan maka playlist tersebut akan diputar secara random dengan bantuan algoritma.

Apakah fitur shuffle pada Spotify benar-benar random? Secara teknis, tidak. Spotify tidak benar-benar random. Otak manusia terus menemukan pola-pola sehingga “yang random tidak terasa random”. Pada awalnya, Spotify menggunakan Fish-Yates shuffle sebagai algoritma dalam fitur shuffle-nya. Namun kemudian sedikit banyak kostumer kecewa terhadap fitur shuffle terseut karna dianggap “biased” sehingga developer Spotify terus mengembangkan algotrima yang dapat mengimbangi keinginan manusia agar walaupun algoritma nya tidak random tetapi setidaknya terasa lebih random dibanding sebelumnya.

LINK YOUTUBE

– https://youtu.be/YymHd8c2W9Q

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 66 − 58 =