ARTIKEL LITERASI DIGITAL KEMANUSIAAN

DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF ARTIFICIAL INTELLIGENCE(AI)

PADA MASYARAKAT

Apa yang Dimaksud dengan AI(ARTIFICIAL INTELLIGENCE)?

AI sendiri merupakan singkatan dari artificial intelligence. Secara harfiah, AI berarti kecerdasan buatan. Pada dasarnya, AI merupakan sistem komputer yang dikembangkan sedemikian rupa agar bisa memiliki kecerdasan seperti manusia. Cara kerja AI dimulai dengan mengumpulkan data. Setelah itu, algoritma yang ditanamkan dalam AI akan menyaring dan mengolah kumpulan data tersebut. Dengan begitu, AI pun bisa mendapatkan informasi baru.

Artificial Intelligence atau AI merupakan salah satu teknologi yang sedang populer saat ini. Berbagai bidang industri sudah memanfaatkan teknologi tersebut, mulai dari kesehatan, keuangan, dan lain-lain.

Tidak hanya itu saja, Artificial Intelligence juga sudah banyak diterapkan di kehidupan sehari-hari. Artificial Intelligence membantu banyak orang untuk berkomunikasi, menemukan lokasi, berbelanja dan masih banyak lagi. Lalu apa sebenarnya apa itu Artificial Intelligence? Berikut penjelasannya untuk Anda.

Indonesia telah memasuki era baru Industri 4.0 yang ditandai dengan meningkatnya konektivitas, interaksi serta masyarakat, mesin, dan sumber daya lainnya yang semakin konvergen sebagai hasil dari kemajuan teknologi informasi dan komunikasi.

Dan salah satu teknologi yang cukup memegang peran penting dalam implementasi Industri 4.0 dan inovasi teknologi adalah kecerdasan buatan atau yang disebut Artificial Intelligence (AI).

Hal ini tentunya akan berpengaruh tinggi terhadap masyarakat dan menyebabkan dampak positif dan negative dari AI itu sendiri.

Dampak Positif

  1. Dapat menghemat sumber daya manusia. Karena dengan adanya AI, beberapa pekerjaan yang biasanya dilakukan manusia, bisa dapat dihandle menggunakan sistem secara otomatis. Hal ini akan mengurasi resiko kesalahan yang mungkin saja dilakukan oleh manusia atau biasa disebut human error.
  2. Karena AI dibuat menggunakan alur program, tentunya akan berjalan dengan cukup akurat dan ini menjadi AI memiliki tingkat kesalahan yang rendah.
  3. Pekerjaan yang awalnya dilakukan manusia pastinya cukup akan memakan waktu untuk diselesaikan. Dengan adanya AI pastinya akan sangat membantu dalam penyelesaian pekerjaan dengan waktu yang cukup. Ini karena AI ditenagai oleh mesin dan dapat melakukan pekerjaan berulang dengan jangka waktu yang lama.

Dampak Negatif

Meningkatnya penggunaan mesin AI mengakibatkan masalah pengangguran. Ketika mesin  menggantikan sumber daya manusia, tingkat orang yang kehilangan pekerjaan akan meningkat.  Karena mesin bisa bekerja tanpa istirahat. dan jauh lebih menguntungkan untuk industri daripada  bekerja dengan orang-orang yang membutuhkan istirahat, karena mesin tidak kenal lelah tidak  seperti manusia pada umumnya.  

Bagaimana cara kita menyikapinya?

Sebagai generasi penerus bangsa ini kita bisa menyikapi perihal tentang artificial intelegence ini  dengan banyak cara Saat kita berinteraksi dengan siapapun, pikiran, jiwa, raga dan pancaindera  hadir total. Kita tersambung secara total dengan seseorang yang sedang berinteraksi dengan kita.  Kebiasaan melakukan secara giat ini membuat Anda sulit tergantikan oleh siapapun, termasuk  kecerdasan buatan. Selain itu, bisa mengasah keahlian komunikasi dengan teliti. Kita perlu tahu,  kapan perlu berbicara, kapan perlu diam, kapan perlu berpendapat, kapan perlu berdebat , kapan perlu mendengar dengan benar. Kemampuan interaksi dan komunikasi dengan pihak lain itu  menjadikan kita benar-benar manusia. Membedakan kita Artificial Intelligence itu.  

Jadilah manusia yang sebenar benarnya, yang memiliki pikiran, jiwa, raga dan nurani yang selalu  dihadirkan saat kita menjalani kehidupan sehari-hari. Hindari menjadi “robot” atau ”mesin”  ekonomi yang hanya sibuk menjalankan rutinitas kerja tanpa didasari dengan agama yang kita  anut. Jadilah manusia yang sebenarnya manusia apabila Anda ingin siap menghadapi  perkembangan Artificial Intelligence ini.

Link Video : https://youtu.be/JT9sbtcb6KA

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha − 1 = 9