Bagaimana cara buat blog?

Siapa yang tak kenal blog atau web log?

Blog yaitu merupakan sebuah bentuk aplikasi web yang terdiri dari tulisan – tulisan atau biasa disebut sebagai posting pada sebuah halaman web. Tulisan – tulisan ini seringkali dimuat dalam urutan descending berdasarkan tanggal, artinya tulisan dengan tanggal terbaru akan ditampilkan paling atas atau depan. Meskipun begitu, di kontrol panelnya disediakan pengaturan guna mengatur tampilan supaya tidak tampil seperti itu. Blog biasanya dapat diakses oleh semua kalangan pengguna internet sesuai dengan topic dan tujuan, serta minat dari si pengguna blog tersebut. Blog ini memiliki fungsi yang sangat beragam, mulai dari catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan. Biasanya blog di-maintain oleh seorang penulis tunggal yang juga sebagai pemilik blog tersebut, sementara sebagian lainnya dikelola oleh beberapa penulis yang tergabung dalam jaringan blog tersebut. Jenis-jenis Blog antara lain;

  1. Blog politik                 : Blog yang berisi informasi tentang politik, baik profil, kampanye politik,maupun propaganda politik.
  2. Blog pribad                 : Blog milik perorangan yang biasanya memuat artikel sesuai dengan minat dan hobi si pemilik blog.
  3. Blog bertopik              : Blog yang dikhususkan membahas tentang topic tertentu,misalnya membahas tentang fotgrafi, bisnis online, pemrograman, dan lain-lain.
  4. Blog kesehatan            : Blog yang membahas tentang informasi seputar kesehatan.
  5. Blog sastra                  : Blog yang berisi artikel-artikel berbau sastra dan seni, baik yang bersifat lokal, regional, nasional, maupun internasional.
  6. Blog perjalanan           : Blog yang membahas tentang informasi pariwisata bagi para pehobi travelling.
  7. Blog Service                : Blog service adalah website yang melayani pembuatan blog, layaknya sebuah perusahaan jasa penyedia email seperti Yahoo, Google, dan lain-lain. Mereka menyediakan script gratis untuk kita beraktivitas di blog. Sebagai contoh website yang menyediakan jasa layanan blog gratis adalah :
  8. WordPress (www.wordpress.com)
  9. Blogspot (www.blogger.com)
  10. Blogsome (www.blogsome.com)
  11. Multiply (www.multiply.com)

Nah itu tadi penjelasan tentang blog. Terus bagaimana sih cara buat blog itu sendiri? Nahhhhh sekarang ini aku udah siapin video bagaimana cara buat blog. Yuk simak penjelasanya pada link di bawah ini.

Belajar di mulai dari hal kecil terlebih dahulu. Seperti halnya menulis di blog yang kemudian bisa di lanjutkan ke buku novel bahkan bisa di angkat ke layar lebar. Salam literasi.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

47 − = 45