Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi E-Commerce

Perkembangan teknologi saat ini banyak dimanfaatkan oleh masyarakat, utamanya pada kelompok bisnis. Dengan menggunakan teknologi internet, para pebisnis dapat melakukan berbagai aktivitas bisnis secara elektronik, misalnya dengan transaksi online, pemasaran atau promosi secara lebih meluas, maupun berbagi informasi dalam tujuan mempertahankan hubungan bisnis. Dengan adanya perkembangan teknologi membuat banyak peluang dalam mengembangkan usaha misalnya pada E-Commerce. E-Commerce merupakan proses membeli, menjual, atau memperdagangkan data, jasa, atau barang melalui internet (Turban, et al., 2015:7).

E-commerce

Berkembangnya e-commerce di Indonesia seperti e-commerce jenis marketplace yaitu Tokopedia, Blibli, Shopee, Zalora, JD ID, Lazada, dan lainnya. Belanja online saat ini menjadi trend dan sangat terkenal di masyarakat karena fitur yang memudahkan dan kenyamanan konsumen ketika ingin membeli suatu barang. Dalam berbelanja secara online, e-commerce menyediakan sistem pembayaran secara digital. Metode pembayaran yang disediakan seperti halnya transfer intra bank, virtual account, kartu kredit online, kartu debit online, dan e-wallet, akan tetapi dalam metode pembayaran secara tunai masih tetap disediakan, misalnya Cash on Delivery (COD) membayar secara tunai kepada kurir yang mengantar ketika barang sudah sampai. Adapun pembayaran secara tunai melalui mini market.

Keunggulan dalam e-commerce yang tidak dimiliki dalam proses bisnis offline

  1. Berbagai produk dapat dipasarkan dan dijual melalui internet secara meluas
  2. Tempat menjual produk dalam internet memiliki layanan online untuk mengelola aplikasi web oleh pengguna yang akan ditampilkan melalui internet dan memiliki nama alamat website agar mudah untuk ditemukan.
  3. Cara pemesanan dan pembayaran yang mudah dan praktis dengan memanfaatkan fitur-fitur yang ada,
  4. Metode pengiriman barang juga melalui jasa antar dengan memberikan pilihan dan kecepatan dalam pengiriman
  5. Dapat memberikan komentar atau review terkait dengan produk

Eksistensi Media Sosial Terhadap E-commerce

Perkembangan zaman saat ini banyak dari masyarakat yang tidak lepas dengan media sosial. Untuk itu, para pebisnis memanfaatkan media sosial sebagai strategi marketing dari produk yang ditawarkan. Banyak pengguna dari media sosial membuat hasil dari pemasaran lebih menjanjikan yang diakibatkan dari kepercayaan konsumen. Media sosial menjadi media transmisi kaitannya dengan pebisnis dengan konsumen.Pengaruh media sosial terhadap e-commerce diantaranya yaitu dapat memperluas promosi terhadap publik, meningkatkan loyalitas konsumen, dan meningkatkan brand awareness pada konsumen, serta adanya kemudahan dalam riset terhadap konsumen. Pengaruh media sosial terhadap konsumen, diantaranya yaituwaktu dan biaya ongkos lebih efisien daripada bertemu secara langsung, konsumen dapat langsung terhubung dengan pebisnis melalui media sosial, danpengetahuan produk konsumen semakin menjadi luas.

Beragamnya media sosial yang banyak digunakan oleh masyarakat seperti Instagram, Facebook, Twitter, WhatsApp, TikTok, Telegram dan lainnya yang memiliki keunggulan dalam memasarkan sebuah produk. Trend berbelanja online saat ini banyak dilakukan oleh masyarakat. Instagram merupakan salah satu media sosial yang banyak digunakan masyarakat. Terdapat fitur-fitur dari Instagram diantaranya yaitu:

  1. Feed Instagram: Tempat keseluruhan foto dan video dari akun yang dimiliki pengguna. Ketika pengguna mengunggah foto atau video pada feed tentunya mereka dapat memberikan sebuah keterangan deskripsi.
  2.  Link on Bio: Digunakan oleh pebisnis atau berjualan secara online, dimanfaatkan link tersebut untuk mengarahkan pembeli kepada aplikasi yang bertautan,
  3. Question box (pertanyaan): Berperan sebagai komunikasi tidak langsung antara penjual dengan konsumen. Fitur ini digunakan untuk dapat melihat tanggapan dari pengikutnya melalui stories dalam Instagram.
  4. Polling (vote): Fitur pada sticker polling digunakan sebagai pemberian suara atau opini dari pengikutnya. Sticker ini digunakan untuk membuat sebuah pertanyaan dan menjawab sesuai dengan minat mereka. Penjual online shop biasanya menggunakan fitur ini untuk bertanya kepada konsumen mengenai produk baru yang ingin dibuat, seperti halnya dengan memberikan pertanyaan pembanding kepada konsumen.
  5. Toko: Produk-produk berupa foto dan video yang ditawarkan dari penjual. Fitur ini langsung berinteraksi dengan akun penjual produk, terdapat harga produk, dan juga terdapat situs web yang langsung diarahkan pada halaman web dari produk penjual tersebut, serta dari fitur tersebut juga memiliki sebuah keterangan akan produk.

Masyarakat lebih banyak memilih usaha melalui online dengan memanfaatkan media sosial sebagai media promosi, karena masyarakat lebih sering mengakses informasi melalui media sosial di zaman yang serba canggih, misalnya pemasaran produk melalui TikTok yang berpeluang untuk menarik konsumen dengan disajikannya video-video, misalnya video “racun shopee untuk 12.12”. Konten video ini biasanya berisikan trend fashion, aksesoris, tas, sepatu, dan lainnya, dari barang yang murah maupun barang yang mahal. Dengan adanya video promosi seperti di TikTok memudahkan para penonton untuk langsung mengunjungi barang yang ditawarkan dan sesuai yang diinginkan kebutuhan konsumen, di dalam video ini disertai dengan link produk yang biasanya ada pada bio pemilik akun maupun pada kolom komentar yang ada di video.

Pada Telegram juga berpeluang untuk menarik konsumen, yang mana terdapat suatu grup yang berisikan informasi-informasi mengenai marketplace, diisi dengan konten-konten barang receh (murah), dan berisikan penawaran produk-produk diskon yang sangat besar. Peminat dari grup ini juga sangat banyak jika dilihat dari anggota yang bergabung. Media sosial seperti Twitter juga menjadi media promosi barang-barang yang ada di marketplace, biasanya banyak dari pengguna akun yang berbagi link dengan postingan yang dibuat seperti A Thread Produk Lokal atau kumpulan makanan kekinian murah dan terjangkau, dan lain sebagainya. Dengan dibuatkannya sekumpulan link produk yang dijadikan sebagai postingan Twitter ini terkadang ramai dikunjungi dan memiliki akses yang mudah untuk langsung pada toko yang dicantumkan.

KESIMPULAN

Hadirnya e-commerce memiliki keunggulan yang tidak dimiliki dalam proses bisnis offline. E-commerce dalam jenis marketplace sangat terkenal di masyarakat. Belanja online menjadi trend yang di gemari masyarakat karena fitur-fitur yang memudahkan dan memberikan kenyamanan pada konsumen. Kepercayaan pelanggan ketika berbelanja online merupakan hal krusial dalam aktivitas e-commerce terhadap media sosial. Khususnya untuk menarik minat dan menciptakan intensi pelanggan agar kembali berbelanja di lokasi yang sama. Pengaruh media sosial terhadap e-commerce diantaranya yaitu dapat memperluas promosi terhadap publik, meningkatkan loyalitas konsumen, meningkatkan brand awareness pada konsumen, serta adanya kemudahan dalam riset terhadap konsumen. Perkembangan bisnis dipengaruhi dengan adanya e-commerce kaitannya dengan media sosial, yang mana mencakup kemudahan untuk mengakses katalog belanja, adanya kenyamanan dalam bertransaksi, dan proses pengiriman yang cepat dan tepat waktu.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.