PEMANFAATAN APLIKASI MONEY+ DALAM ORGANISIR KEUANGAN BAGI MAHASISWA

Aplikasi keuangan adalah program komputer yang digunakan untuk mengelola uang Anda, baik itu untuk kebutuhan pribadi, bisnis, atau perusahaan. Mereka membantu Anda memantau alur transaksi keuangan sehingga Anda dapat dengan cepat mengetahui apakah ada keuntungan atau kerugian. Munculnya aplikasi manajemen keuangan online adalah salah satu contoh perkembangan teknologi informasi saat ini. Aplikasi ini memungkinkan pertukaran informasi lebih cepat dan membantu masyarakat melakukan hal-hal dengan lebih efisien.  Saat ini, banyak aplikasi keuangan online gratis tersedia untuk membantu orang mencatat dan mengelola keuangannya dengan cepat dan mudah. Aplikasi ini membuat orang dapat memiliki kontrol keuangan yang baik.

Namun pada dasarnya, kebanyakan orang belum mampu mengelola keuangan mereka dengan baik, terutama mahasiswa. Akibatnya, pengeluaran menjadi tidak terlalu diperhatikan dan tidak terkontrol, yang mengakibatkan masalah keuangan di masa depan. Saking umumnya hal ini terjadi, istilah “akhir bulan” menjadi familiar di kalangan mahasiswa untuk menggambarkan situasi dimana mereka sudah mulai kehabisan uang bulanan yang dikirimkan orang tua saat awal bulan. Aplikasi manajemen keuangan membantu manusia untuk dapat mencatat pengeluaran dan pemasukan dengan gampang melalui smartphone. Salah satu aplikasi yang tersedia di Play Store untuk mencatat keuangan adalah Money+. Aplikasi ini memiliki fitur yang simple dan mudah dipahami oleh pengguna, sehingga akan memudahkan proses pencatatan pengeluaran. Warna dan design aplikasi yang didominasi warna pink juga menjadi daya tarik aplikasi ini.

Fitur-fitur yang disediakan adalah “buku” untuk memisahkan pencatatan, misalnya untuk penggunaan sehari-hari atau yang lainnya. Perhitungan waktunya juga dilakukan sebulan sekali, jadi, ketika bulan berganti, maka akan tersedia lembar baru untuk mencatat pengeluaran dan pemasukan. Dalam lembar pencatatan, tertulis pengeluaran perhari dan secara keseluruhan pada bulan tersebut. Jenis-jenis pengeluaran dan pemasukan juga banyak serta bisa di costum sendiri, misalnya pemgeluaran untuk makan, rekreasi, belanja bulanan, dan lainnya. Begitu pula dengan pemasukan, terdapat pilihan gaji, investasi, dan lainnya. Di bagian lain, terdapat grafik yang menunjukkan pengeluaran dan pemasukan pengguna selama sebulan, dimana akan muncul persentasi pengeluaran terbesar dan terkecil ke bagian apa, begitu pula dengan pemasukan. Selain itu, terdapat juga fitur dimana kita bisa track pengeluaran dan pemasukan bulan-bulan sebelumnya, sehingga memudahkan kita untuk membandingkan keuangan kita selama setahun atau beberapa bulan.

Money+ juga  banyak kemudahan untuk mengelola keuangan Anda, seperti pencatatan transaksi secara real time, laporan keuangan yang dapat Anda gunakan untuk evaluasi, dan berbagai kategori yang memudahkan pencatatan Anda. Tampilan yang ada di Money+ dapat dengan mudah disesuaikan dengan keinginan Anda, dengan tema “cute expense tracker” sangat cocok untuk Gen Z dan milenial. Dengan demikian, aplikasi ini diharapkan mampu menjadi jawaban bagi para mahasiswa yang masih belajar untuk mencatat keuangan sehingga mencegah keteledoran dalam perhitungan keuangan yang digunakan setiap bulannya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

40 − 36 =