Apa itu Acces Point? Berikut Fungsi, Cara Kerja & Settingnya

Pernah dengar tentang access point?

Pengertian access point secara garis besar merupakan teknologi yang sangat erat hubunganya dengan dunia internet.

Saat ini banyak perusahaan besar atau instansi yang memiliki ruang publik luas seperti rumah sakit, pusat perbelanjaan, universiitas, dan lain sebagainya sehingga membutuhkan jaringan internet yang bisa menjangkau seluruh area perusahan.

Oleh karena itu banyak perusahaan besar yang memanfaatkan access point dalam pemecahan masalah ini.

Mungkin sebagian besar dari kita sudah terbiasa menggunakan acces point dalam kehidupan sehari-hari. Tetapi tak sedikit pula yang belum mengetahui apa itu acces point.

Oleh karena itu, untuk memudahkan kita dalam mengakses internet berikut sudah kami rangkum informasi seputar pengertian, fungsi, cara setting, dan cara kerja acces point

Pengertian Access Point

Apa itu acces point? pengertian acces point juga sering disebut dengan wirreles local are network (WLAN). Perangkat ini berfungsi untuk mengirim dan menerima data yang berasal dari adapter Wirelles

Komponen yang dimiliki acces point adalah antena dan transceiver, dua komponen acces point ini berfungsi untuk memancarkan dan menerima sinyal internet dari client server ataupun sinyal internet yang menuju client server

Umumnya, acces point akan disambungkan dengan perangkat keras seperti router,hub, atau switch melalui kabel thernet supaya dapat memancarkan sinyal.

Kelebihan yang didapatkan ketika menggunakan access point adalah sinyal wifi yang dipancarkan dapat menjangkau semua ruangan walaupun terhalang banyak tembok atau sekat antar ruang.

Fungsi Acces Point

Fungsinya adalah mengizinkan atau menolak perangkat atau untuk terhubung dengan jaringan lokal yang sama.

Berikut ini fungsi-fungsinya :

  1. Fungsi acces adalah sebagai penyebar sinyal internet kepada perangkat yang terhubung melalui gelombang radio.
  2. Access Point adalah penghubung antar jaringan, yaitu jaringan lokal yang memakai kabel dengan jaringan seperti wifi, wirelles bluetooth dan lain sebagainya,
  3. Access point juga dapat di gunakan untuk mengatur IP address secara otomatis terhadap perangkat yang terhubung.
  4. Dengan dilengkapi fitur keamanan WEP atau WAP yang biasa disebut shared-key-authentication, access point dapat digunakan sebagai pengaman.

Cara Setting Access Point

Saat ini banyak yang memilih menggunakan access point tp link, dikarenakan access point tp link merupakan salah satu access point terbaik.

Berikut ini cara setting acces point tp-link:

  1. Sebelumnya, harus menyiapkan access point, kemudian memasang antena, kabel arus atau power, kabel LAN pada acces point dan menghubungkan kabel LAN ke perangkat komputer ataupun laptop.
  2. Setelah itu, setting IP address dengan cara masuk pada control-panel-network connection, lalu pilih internet protocol TCP/IP, klik propertis, kemudian pilih use the following IP address.
  3. Langkah selanjutnya, isi IP address pada korban kolom yang tersedia. Kemudian klik ok dan close.
  4. Selanjutnya, perlu memeriksa apakah sudah terkoneksi dengan benar, dengan cara klik start-run ketik cmd tekan enter. Setelah masuk di command prompt, masukan IP address untuk memanggil IP address
  5. Setelah itu, akan muncul “reply from…” dapat melihat IP addressnya bagian bawah access point.
  6. Langkah selanjutnya adalah melakukan setting access point dengan membuka browser dan mengetikan IP address point yang telah ditentukan sebelumnya, lalu tekan enter.
  7. Kemudian, masukkan username dan password pada kolom yang tersedia, lalu tekan enter.
  8. Setelah itu, lakukan konfigurasi access point pada halam AP
  9. Langkah selanjutnya, masuk ke tab network, kemudian lakukan pengaturan standar dan klik
  10. Masuk ke tab Wirelles untuk melakukan setting SSID, region, dan mode. Lalu klik save.
  11. Kemudian masuk ke wireless mode, pilih access point dan checklist enable SSID broadcast lalu klik save
  12. Langkah terakhir adalah masuk ke DHCP, kemudian pilih enable dan klik save.

Cara Kerja Access Point

Access point adalah perangkat keras jaringan komputer yang dapat bekerja pada perangkat yang sedang mencoba jaringan internet.

Umumnya saat akan menyambungkan perangkat seperti laptop atau smartphone, pada layar laptop atau komputer tersebut akan tertera permintaan memasukkan password.

Kemudian setelah password akan dimasukkan, acces point akan mengatur supaya perangkat bisa terhubung dengan cara mencocokan password yang telah di masukkan ke access point apakah benar atau salah.

Jika password yang di masukkan benar, maka perangkat secara otomotis terkoneksi dengan internet.

Penutup

Nah,demikianlah informasi terkait pengertian acces point lengkap dengan cara mengaturnya.

Terlepas dari berbagai kemudahan yang ditawarkan. Sangat penting bagi pengguna awam untuk melindungi koneksinya dari berbagai upaya tindak kejahatan

Semoga bermanfaat.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Captcha 72 − = 65