Pemanfaatan Virtual Lab sebagai Penunjang Pembelajaran di Masa Pandemi

Kemajuan teknologi saat ini tentu dapat kita lihat bagaimana perkembangannya. Dengan kemajuan teknologi yang ada, peranan teknologi pada kehidupan sehari hari semakin besar pula. Kemajuan teknologi sangat berdampak pada kehidupan sehari hari pada berbagai bidang yaitu politik, sosial, ekonomi, pendidikan dan juga bidang lainnya.

Pada bidang pendidikan, teknologi digunakan sebagai penunjang pembelajaran, hal tersebut tentu sudah tidak asing terutama di masa pandemi ini. Banyak aplikasi maupun web yang memberikan kemudahan dalam belajar, contohnya aplikasi belajar, aplikasi pertemuan online, virtual lab dan lain lain.

Virtual lab adalah salah satu bentuk laboratorium yang dapat digunakan untuk melakukan sebuah eksperimen melalui sebuah simulasi. Kelebihan virtual lab dibandingkan laboratorium langsung, yaitu :

1. Praktis

2. Ekonomis

3. Safety

4. Meningkatkan kualitas eksperimen dan efektivitas pembelajarannya

Virtual lab dapat digunakan sebagai penunjang pembelajaran pada materi yang memerlukan praktek pada proses pembelajarannya. Banyak materi yang prakteknya dapat dilakukan melalui virtual lab contohnya saja biologi, kimia, fisika, matematika dan juga bahasa Inggris. Virtual lab menjadi sebuah solusi dalam meningkatkan belajar peserta didik dan pemahaman terkait materi yang sedang dipraktekkan terutama di masa pandemi ini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Captcha + 33 = 39