Pentingnya Literasi Digital di Era Pandemi

Ilustrasi pentingnya literasi digital di Era Modern

“LITERASI DIGITAL”, bagi sebagian orang mungkin masih terasa asing dengan istilah tersebut.

Lalu, apa sih itu literasi digital?

Berikut adalah beberapa pengertian literasi digital menurut para ahli.

Menurut Devri Suherdi (2021), literasi digital merupakan pengetahuan serta kecakapan dalam menggunakan dan memanfaatkan media digital, alat-alat komunikasi, atau jaringan di kehidupan sehari-hari.

Menurut Paul Gilster (1997), literasi digital adalah kemampuan untuk memahami dan menggunakan informasi dalam berbagai bentuk dan sumber yang sangat luas yang diakses melalui piranti komputer.

Sedangkan menurut UNESCO (2011), literasi digital adalah kecakapan yang tidak hanya melibatkan kemampuan penggunaan perangkat teknologi, informasi, dan komunikasi, tetapi juga melibatkan kemampuan dalam pembelajaran bersosialisasi, sikap berpikir kritis, kreatif, serta inspiratif sebagai kompetisi digital.

Jika disimpulkan, literasi digital merupakan keterampilan memanfaatkan teknologi yang mana dalam prosesnya juga melibatkan kemampuan bersosialisasi, sikap berpikir kritis, kreatif, serta inspiratif. Atau dapat juga didefinisikan sebagai kemampuan dalam menggunakan teknologi sebijak mungkin.

Berdasarkan definisinya, dapat diketahui bahwa literasi digital merupakan salah satu hal penting yang perlu diperhatikan dalam kehidupan bermasyarakat terutama di era modern ini.

Mengapa demikian?

Berikut penjelasan mengenai pentingnya literasi digital di era modern.

Alasan utama pentingnya literasi digital di era modern
a. Menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman
Semakin modern zaman dan semakin modern pula teknologi yang dikembangkan manusia, tentunya membawa perubahan di berbagai bidang kehidupan. Untuk dapat menyesuaikan diri dengan perubahan tersebut, keterampilan dalam memanfaatkan teknologi harus terus dikembangkan.

b. Menambah wawasan individu
Literasi juga dapat meningkatkan wawasan serta meningkatkan daya fokus dan konsentrasi individu.

c. Melindungi diri secara daring
Tidak hanya untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman dan meningkatkan wawasan, literasi digital juga diperlukan untuk menjadi benteng pertahanan diri di dunia daring. Hal tersebut dikarenakan dewasa ini, semakin banyak kasus cyber crime seperti penipuan, peretasan, carding, dan phising.

Pada intinya, literasi digital memang sangat diperlukan masyarakat untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan dan perubahan zaman di era modern ini. Sebagai tambahan informasi, teman-teman bisa menonton video mengenai pentingnya literasi digital pada link berikut.

https://youtu.be/Bmq5CzHrdXg

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.