Pemanfaatan Media Sosial “Instagram” sebagai Bahan Pembelajaran

Saat ini, dunia sedang mengalami masa sulit karena dihadapkan pada masalah pandemi Covid-19. Pandemi ini membuat masyarakat harus berdiam diri di rumah untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 ini. Hal ini berdampak pada aktivitas masyarakat yang terhenti seketika. Semua kegiatan harus dilakukan di rumah, bahkan kegiatan belajar mengajar sekalipun. Kegiatan belajar yang seharusnya dilakukan secara tatap muka harus dilakukan dengan media meeting online. Tentu hal ini berpengaruh pada daya tangkap pelajar dalam memahami materi pembelajaran. Selain itu, pembelajaran secara online juga dapat membuat pelajar menjadi jenuh. Metode pembelajaran yang diterapkan di pandemi ini harus dapat menutup dampak buruk tersebut. Apa sih metode yang bisa digunakan di pandemi ini agar pelajar dapat tidak jenuh dalam menjalani pembelajaran online saat ini?
Metode pembelajaran merupakan cara khusus dalam mengimplementasikan rancangan pembelajaran yang disusun sedemikian rupa berupa kegiatan nyata untuk mencapai tujuan pembelajaran. Pemilihan metode pembelajaran yang tepat berpengaruh besar terhadap peningkatan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Metode pembelajaran tidak hanya berupa kegiatan belajar mengajar secara tatap muka dan menggunakan buku sebagai referensinya. Pada masa perkembangan teknologi seperti sekarang ini, metode pembelajaran dapat diterapkan menggunakan teknologi. Apalagi di masa pandemi ini, kegiatan belajar mengajar dilakukan secara daring atau dalam jaringan menggunakan media Zoom Meeting, Google Meet, dan sebagainya. Penggunaan teknologi dalam metode pembelaran tidak hanya bisa menggunakan media tadi. Metode pembelajaran dapat melalui media sosial seperti facebook, instagram, dan juga tiktok.
Pelajar sekarang ini lebih suka menghabiskan waktunya dengan bermain sosial media. Hal itu harus dimanfaatkan untuk menerapkan pembelajaran. Karakteristik dari media sosial adalah kemudahan akses bagi setiap orang yang menggunakannya. Dalam media sosial, kita dapat menggunggah foto dan juga video. Di sini, kita bisa menyelipkan materi pembelajaran yang menarik perhatian pelajar. Foto dan video pembelajaran yang menarik dapat membuat pelajar lebih mudah dalam memahami materi yang diajarkan. Tentu saja hal itu dapat meningkatkan tujuan dari metode pembelajaran yang ingin dicapai. Selain itu, penggunaan sosial media sebagai metode pembelajaran dapat meningkatkan kreatifitas pelajar dalam berkarya. Pelajar dapat membuat konten-konten positif yang menarik dengan penggunaan yang tepat.
Penggunaan media sosial dapat menjadi wadah bagi pengajar untuk dijadikan metode pembelajaran yang mudah diterima dan digunakan oleh pelajar. Ketertarikan pelajar dalam mengakses media sosial menjadi kesempatan emas dalam pembelajaran dengan menggunakan teknologi informasi. Materi pembelajaran yang disajikan di media sosial dapat digunakan oleh pelajar untuk memperoleh kebutuhan informasi mengenai materi pembelaran. Pembelajaran yang dilakukan menggunakan media sosial ini dimaksudkan agar kualitas pembelajaran dapat meningkat di pandemi Covid-19 ini. Penggunaan media sosial yang benar juga dapat meningkatkan kegiatan belajar mengajar secara maksimal.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.