Pentingnya Literasi Digital Sejak Dini

Gambar diambil dari : https://www.ugm.ac.id/id/berita/20024-kompetensi-literasi-digital-masyarakat-indonesia-mulai-berkembang

Di dalam kamus besar Bahasa Indonesua (KBBI) menyebutkan bahwa makna literasi adalah kemampuan individu dalam mengolah informasi dan pengetahuan untuk kecakapan hidup. Literasi digital sendiriĀ  merupakan suatu bentuk pengetahuan, tindakan, kecakapan untuk menggunakan media digital atau teknologi dengan memanfaatkannya secara bijak, cerdas, dan taat hukum dalam kehidupan sehari-hari. Literasi digital merupakan suatu hal yang penting di era ini karena di era ini penggunaan teknologi sudah menjadi kebutuhan dan keharusan bagi manusia contohnya adalah literasi digital.

Di zaman sekarang ini dimana zaman yang serba internet, pastinya manusia membutuhkan berbagai macam informasi untuk mengikuti perkembangan zaman dan arus dunia teknologi. Sekarang hampir semua pekerjaan menggunakan teknologi guna mempermudah pekerjaan tersebut. Oleh sebab itu, literasi digital diperlukan untuk belajar menggunakan teknologi yang tidak terhitung jumlahnya. Anak kecil pun juga memerlukan pengetahuan dan pemahaman mengenai literasi digital agar nantinya tidak mengalami gaptek di waktu menginjak usia remaja atau dewasa.

Pentingnya literasi digital sejak dini akan memberikan dampak positif bagi anak-anak seperti meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada anak anak, mengekspresikan diri, dan dapat berpartisipasi dalam media digital atau teknologi. Dengan pemahaman literasi digital sejak dini dapat memberikan manfaat bagi anak-anak yaitu dapat menggunakan teknologi secara bijak sehingga terhindar dari hoaks, isu proaktif, atau penipuan. Dengan penanaman pentingnya literasi digital sejak dini anak-anak juga dapat mempunyai sifat mudah menyesuaikan dan berinteraksi dengan lingkungan sosial, penuh ide, produktif dan mandiri. Karena dengan sifat tersebut anak pada usia dini tidak akan meniru perilaku negatif dari tontonan yang ada pada televisi, Handphone, atau media digital yang lain. Pemahaman mengenai teknologi juga akan meningkat pada anak-anak usia dini jika sudah dikenalkan dengan literasi digital karena nantinya mereka pasti akan menggunakan hal tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Hasilnya mereka nanti tidak akan kebingungan atau kesulitan saat menggunakan teknologi di saat memasuki jenjang sekolah karena penggunaan teknologi di bangku sekolah akan lebih meningkat. Maka dari itu literasi digital sangat penting diberikan kepada anak-anak sejak dini guna meningkatkan pemahaman mereka mengenai teknologi.

Cara menumbuhkan literasi digital pada anak-anak usia dini :

  1. Berikan informasi kepada anak mengenai apa yang boleh dilihat dan tidak boleh dilihat oleh anak anak di internet dan media sosial. Dengan begitu anak-anak akan membuka dan memilih konten-konten yang di internet yang baik dan positif.
  2. Berikan waktu yang ideal dan terbatas pada anak-anak untuk membuka handphone atau media internet lainnya. Isi di dalamnya pun juga harus mengandung konten positif guna meningkatkan pemahaman mereka mengenai literasi digital atau teknologi.
  3. Orang tua sangat berperan penting dan vital dalam menumbuhkan literasi digital kepada anak-anak dimana anak-anak perlu pengawasan yang ketat di saat belajar literasi digital.
  4. Orang tua juga harus sering berkomunikasi dengan anaknya dengan menanyai game apa saja yang dimainkan oleh anaknya dan tontonan televise atau media lainnya yang sedang dia lihat karena dengan komunikasi dan interaksi, orang tua dapat mengendalikan tontonan dan game apa saja yang dilihat dan dimainkan oleh anaknya
  5. Penumbuhan literasi digital juga dapat dilakukan dengan media pembelajaran. Dengan pembelajaran maka dapat disisipkan mengenai literasi digital dan bagaimana cara anak untuk memahaminya. Pembelajaran juga dapat dilakukan dengan nuansa teknologi digital guna menumbuhkan literasi digital pada anak-anak.
  6. Pengenalan literasi digital dilakukan oleh orang tua dan guru sebagai lingkungan terdekat anak. Orang tua dan guru hendaknya dapat memberikan arahan, bimbingan dan stimulasi yang tepat terkait penggunaan literasi digital kepada anak-anak. Dalam mengenalkan literasi digital orang tua dan guru dapat melakukannya secara bertahap dan mulai dari hal yang sederhana.

Link penjelasan pentingnya literasi digital sejak dini : https://youtu.be/itMrKmT3Pr4

Ditulis oleh :

Nama : Ardheta Heru Mahartiko

NIM : 6411421025

Rombel : 2A Kesehatan Masyarakat

Fakultas : Fakultas Ilmu Keolahragaan

Universitas Negeri Semarang

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.